Asah Otak dengan Bermain Game Catur Online

6 Jun 2012 16:00 6248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Catur merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang pada papan kotak-kotak persegi dengan 64 kotak yang diatur dalam grid 8 x 8. Ini adalah salah satu permainan dunia yang paling populer, dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia di rumah, di klub, *online* bahkan hingga ke turnamen.

Catur merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang pada papan kotak-kotak persegi dengan 64 kotak yang diatur dalam grid 8 x 8. Ini adalah salah satu permainan dunia yang paling populer, dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia di rumah, di klub, online bahkan hingga ke turnamen.

Banyak orang beranggapan bahwa otak itu seperti otot dan catur seperti gym. Terbukti bermain catur sangat bagus untuk pikiran dan manfaatnya saling berhubungan. Selain menyenangkan, bermain catur bisa membuat Anda mulai berpikir lebih logis juga meningkatkan imajinasi Anda. Untuk memainkan catur Anda harus ingat posisi dan membedakan pola yang memaksa Anda untuk menggunakan memori Anda, setelah Anda meningkatkan perhitungan, Anda dapat menerapkan keterampilan dalam matematika dan mulai berhitung cepat. Ya, catur dan matematika memiliki korelasi positif tertinggi dari semua mata pelajaran. Tidaklah mengherankan bahwa grandmaster catur banyak yang hebat di bidang matematika, di antaranya John NunnMaxime Vachier Lagrave dan Emmanuel Lasker.

Anak-anak yang mulai bermain catur pada usia muda pun akan mendapatkan banyak manfaat dari permainan ini, di antaranya meningkatkan kefokusan, percaya diri, kesabaran, kemampuan berpikir logis, imajinasi, keterampilan pemecahan masalah, memori (terutama memori spasial), kecerdasan otak dan mental. Bahkan menurut studi yang disusun oleh Dr Robert C. Ferguson dari Sekolah Catur Amerika, permainan catur memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan anak-anak. Belajar game catur pada usia muda dapat membantu mereka untuk meningkatkan nilai tes, mengembangkan kemampuan analisis dan pengambilan keputusan dan meningkatkan konsentrasi secara keseluruhan di sekolah. Sangat jelas bahwa bermain catur memiliki manfaat, tidak ada keraguan di sini.

Studi tentang keberhasilan Grandmaster catur luar memberikan konfirmasi bahwa pemain catur ahli cenderung menjadi ahli dalam aspek lainnya. Ruben Fine bukan hanya seorang pemain catur Amerika yang kuat tapi juga merupakan salah satu psikolog puncak dunia pada saat itu. Uni Soviet grandmaster, Mikhail Tal adalah seorang spesialis dalam sastra, selain keterampilan catur Victor Korchnoi juga seorang ahli geografi terkenal di dunia. Contoh lain adalah Kenneth Rogoff, seorang grandmaster Amerika yang juga memiliki PhD di bidang Ekonomi dan mengajar di Harvard. Tetapi korelasi tidak selalu berarti sebab-akibat. Mungkin catur membuat orang lebih cerdas, atau mungkin orang-orang cerdas hanya lebih tertarik pada catur.

Apakah Anda juga penyuka catur? Selain berhadapan langsung dengan lawan, Anda juga bisa bermain catur secara online. Salah satu penyedia game catur online adalah Yahoo! Games yang bisa Anda akses di http://games.yahoo.com/.

Yahoo! Games adalah sebuah situs yang mencakup beberapa game yang dapat dimainkan secara online dengan beberapa pemain. Pengguna harus memiliki akun Yahoo! untuk bergabung dan bermain papan, arcade, puzzle, kartu dan permainan kata. Bermain game catur Yahoo! memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan catur virtual berdasarkan tingkat keterampilan dan preferensi lain yang dipilih pengguna. Pemain memindahkan bidak mereka pada papan catur virtual dan dapat chatting dengan lawan dalam layar permainan.

Untuk dapat bermain game catur online di Yahoo! Anda cukup kunjungi situs Yahoo! Games dan klik pada pilihan Board. Klik pada pilihan Chess dan kemudian klik pada tombol Go Now. Setelahnya masukkan Yahoo! ID dan password, dan kemudian klik Sign In. Klik pada pilihan Sign Up jika Anda tidak memiliki account.

Klik pada tombol Play Now!>> Social>> Beginner>> Intermediate>> Advanced. Untuk daftar room atau ruang permainan. Klik pada setiap ruangan, dan kemudian klik pada tombol Join untuk memulai permainan dengan pemain lain.

Klik pada pilihan Preferences untuk mengubah pengaturan room, game atau chatting. Klik pada pilihan Create Table untuk memulai permainan Anda sendiri dan menunggu pemain lagi untuk bergabung dengan Anda. Klik pada pilihan Quick Play untuk mulai versi cepat dari permainan.

Klik pada tombol Start Game setelah Anda masuk meja catur. Ketika giliran Anda untuk bergerak, Anda dapat mengklik pada salah satu bidak dan Anda akan melihat semua gerakan yang bisa dilakukan ditandai dengan warna kuning. Klik pada pilihan Exit Table untuk mengakhiri game catur online setiap saat. Selamat Bermain! [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel