Tips dan Trip Teknik Mengambil Gambar Binatang Peliharaan Menggunakan Perangkat iPhone

31 May 2012 11:30 4136 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perangkat smartphone produksi Apple, iPhone, memang dikenal memiliki kualitas perangkat yang mumpuni. Hingga saat ini hanya Android yang mampu menjadi pesaing yang seimbang. Selain dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang baik, iPhone pun dikenal memiliki kualitas kamera yang ...

Perangkat smartphone produksi Apple, iPhone, memang dikenal memiliki kualitas perangkat yang mumpuni. Hingga saat ini hanya Android yang mampu menjadi pesaing yang seimbang. Selain dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang baik, iPhone pun dikenal memiliki kualitas kamera yang sangat bagus. Jika Anda seorang iPhoneographer (sebutan para pengguna kamera iPhone) dan memiliki binatang peliharaan, tentunya di dalam media penyimpanan data Anda terdapat foto-foto binatang peliharaan kesayangan. Ada beberapa tips dan trip teknik mengambil gambar binatang peliharaan menggunakan iPhone yang bertebaran. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap menyimpan tips tersebut. Berikut ulasannya.

Cari Tempat Atau Ruang yang Memiliki Banyak Cahaya

Setiap fotografer yang sempat mendalami ilmu fotografi pastilah mengetahui bagaimana peran sentral kehadiran cahaya dalam sebuah foto. Setiap fotografer membutuhkan muatan cahaya yang cukup untuk menangkap gambar yang baik. Terlebih objek yang hendak difoto adalah seekor binatang dan dikenal sangat aktif. Oleh sebab itu kehadiran cahaya yang banyak sangat penting untuk sebuah subjek yang bergerak.

Sebuah perangkat kamera akan membuka lubang yang disebut juga sebagai aperture untuk mendapatkan cahaya. Proses masuknya cahaya terjadi di dalam lensa dan saat shutter terlepas yang memungkinkan cahaya menerpa sensor kamera. Penggunaan aperture yang besar berarti gambar memerlukan cahaya yang lebih. Sedangkan kecepatan shutter menurun diartikan gambar memerlukan pula cahaya yang lebih banyak.

Kamera iPhone memang tidak digunakan dan berspesifikasi seperti kamera DSLR. Namun pengetahuan mengenai cahaya adalah salah satu hal terpenting dalam dunia fotografi apapun. Hal ini akan memberikan Anda bantuan saat membuat keputusan untuk meningkatkan kualitas foto. Dan binatang adalah salah satu tantangan subjek bergerak yang terbilang sulit. Pasalnya pergerakan cepat binatang sulit untuk ditebak. Berbeda dengan kendaraan bermotor yang dapat ditebak pergerakannya.

Anda mungkin sering mengalami saat mengambil foto binatang sedang bergerak namun hanya menghasilkan gambar yang blur atau tidak fokus. Hal ini kemungkinan besar diakibatkan shutter kamera tidak bergerak dengan cepat untuk membekukan pergerakkan. Namun jika Anda mengetahui kinerja kamera terhadap cahaya, Anda dapat mengetahui dimana Anda harus memfotonya. Karena keterbatasan iPhone ada dua tips yang dapat dilakukan: buatlah binatang Anda untuk diam berpose atau cari tempat yang memiliki banyak cahaya.

Sejajarkan Posisi

Binatang peliharaan seperti anjing atau kucing memiliki waktu dimana mereka begitu malas. Ada saatnya mereka terlihat hanya ingin istirahat di lantai sambil sesekali menjilati tubuhnya. Pemanfaatan momen tersebut akan sangat berharga untuk diabadikan. Tapi sebagian pengguna iPhone mungkin terbiasa mengambil gambar dengan berdiri atau hanya jongkok di hadapan objek. Ada satu teknik mengambil gambar binatang peliharaan yang dapat menjadi opsi menarik untuk dicoba. Satu hal yang sangat mudah dilakukan untuk mendapatkan foto menarik adalah mensejajarkan diri dengan binatang. Cobalah sejajarkan mata Anda dengan mata objek. Anda dapat bertumpu pada kedua lutut atau bahkan sambil merebahkan tubuh.

Berpose

Seperti halnya seorang foto model, membuat pose yang menarik tentunya akan memberikan isi foto berbeda. Namun seperti yang telah diketahui, membuat diam seekor binatang peliharaan bukanlah persoalan mudah. Ada beberapa trik yang dapat digunakan agar objek dapat berpose dengan baik. Salah satunya adalah menyogoknya dengan makanan. Sebelum Anda mempersiapkan lokasi foto, persiapkan makanan ataupun mainan favoritnya. Jika Anda memelihara seekor anjing, ada baiknya binatang tersebut telah mengerti perintah untuk duduk ataupun diam. Namun, jika Anda memegang makanan atau mainan favoritnya, paras binatang tersebut akan terlihat berubah senang. Selain itu, Anda memang memerlukan kesabaran yang ekstra.

Selain untuk binatang-binatang yang sudah terlatih, Anda dapat memberikan berbagai perintah seperti duduk, berdiri, berguling dan persiapkan makanan serta kamera untuk mengabadikan ekspresi kesenangan mereka. Andapun dapat menggunakan teknik mengambil gambar sambil bermain bersamanya. Lakukanlah di luar ruangan. Buat binatang Anda melompat ke udara dan ambil gambar dari bawah atau setelah sang binatang mendarat kemudian pancing dengan makanan.

Pantulan Cahaya

Pantulan cahaya dari binatang peliharaan Anda akan sangat membantu membuat foto memiliki fokus indah. Pantulan tersebut secara tidak langsung akan membuat suasana foto yang dingin menjadi terlihat menyenangkan dan bahagia. Oleh sebab itu Anda harus mencari sumber cahaya yang baik untuk mendapatkan pantulan yang baik. Dan pastikan sumber cahaya menyentuh mata binatang peliharaan Anda. Jika Anda mendapatkan sumber cahaya yang sangat baik, proses pantulan cahaya di mata akan berjalan secara alami. Selain itu hindari penggunaan flash karena seringkali memantulkan cahaya yang terlalu banyak. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel