Pesona Pura Ulun Danu Tak Didukung Sinyal Komunikasi yang Mumpuni

20 Jul 2013 23:33 6462 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu pilihan menarik yang dapat Anda kunjungi adalah melancong ke Pura Ulun Danu yang terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiri, Kabupaten Tabanan, Bedugul.

Kali ini Paseban berkesempatan mengunjungi pulau Bali yang terkenal dengan panoramanya yang sudah mendunia. Berwisata di Bali tentu identik dengan wisata pantai dengan sengatan matahari dan udara yang panas. Tetapi bagi Anda yang bosan dengan wisata pantai, tampaknya harus mencari alternatif lain untuk berlibur. Salah satu pilihan menarik yang dapat Anda kunjungi adalah melancong ke Pura Ulun Danu yang terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiri, Kabupaten Tabanan, Bedugul.

Didukung dengan bukit-bukit berwarna hijau dan air dingin Danau Beratan, Pura Ulun Danu mempesona pengunjung dan menarik orang dari seluruh penjuru dunia. Kawasan wisata seluas 4 hektar ini menjadi salah satu ikon pulau Bali yang hampir semua orang di dunia mengenal pura suci ini baik dari foto-foto di dunia maya ataupun di berbagai media cetak.

Bagi masyarakat Indonesia sudah seharusnya mengenal pura yang dibangun untuk memuja dewi Danu ini, karena dipakai dalam salah satu sisi uang Rp50.000. Pura ini merupakan pura subak yaitu pura yang disungsung oleh para petani. Dibangun oleh raja Mengwi pada tahun 1633, kompleks pura ini mempunyai arsitektur campuran Hindu dan Budha. Ditandai dengan stupa Budha di sebelah kiri dan saat melewati pintu masuk Anda akan langsung berada di bagian utama Pura Teratai Bang. Pura-pura tersebut masih berada dalam satu komplek dan akan sedikit tenggelam atau tergenang air saat air Danau Bratan pasang, selain itu pura ini juga sebagai pusat irigasi di Bali.

Untuk dapat menikmati wisata Pura ini, Anda tidak perlu membayar mahal karena pengelola hanya menarik biaya sebesar Rp10.000 bagi tiap pengunjung. Letaknya yang berada di daerah dataran tinggi Bali membuat beberapa sinyal komunikasi di daerah ini agak tersendat-sendat. Khususnya bagi pengguna operator 3 (three) harus cukup bersabar untuk mengakses internet ataupun berbagi foto melalui akun jejaring sosial.

Untuk pelanggan Indosat, sinyal komunikasi yang tersedia lumayan mencukupi meskipun hanya tersisa satu atau dua bar saja. Sementara untuk pelanggan XL dan Telkomsel, Anda nampaknya mengalami hal yang lebih menguntungkan dari operator lainnya karena sinyal dua operator ini cukup lancar. Anda akan mendapat akses sinyal yang lebih baik. Selain Pura Ulun Danu yang merupakan tempat ibadah agama Hindu, di lokasi ini juga terdapat Wihara dan Masjid yang membuktikan bahwa Bedugul merupakan sebuah tempat dengan tingkat toleransi beragama yang tinggi. Pemandangan yang menciptakan kedamaian, jauh dari hiruk-pikuk dan pakaian seksi para turis, kesan inilah yang diberikan objek wisata ini bagi para pengunjungnya. Di sini Anda bisa menemukan sisi lain dari Bali yang lebih tenang. [RK] 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel