SMS Banking - Memonitor Transaksi Perbankan dengan Mudah via Ponsel

15 May 2012 18:00 4404 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pesan layanan singkat Perbankan, juga disebut sebagai SMS banking atau *mobile banking* atau hanya sebagai *m-banking*, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transaksi Perbankan dilakukan melalui pesan SMS.

Pesan layanan singkat Perbankan, juga disebut sebagai SMS banking atau mobile banking atau hanya sebagai m-banking, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transaksi Perbankan dilakukan melalui pesan SMS. Setelah membuat account unik yang terkait dengan nomor telepon, dengan menggunakan pusat pesan layanan singkat, Anda dapat mengirim dan menerima uang untuk orang lain saat menggunakan telepon genggam atau ponsel.

SMS banking, biasanya diikuti dengan biaya transaksi yang sangat terjangkau. Dalam banyak kasus, pelanggan tidak dikenakan biaya untuk menerima uang. Menyimpan uang di rekening dilindungi password elektronik yang juga mengurangi risiko pencurian. Beberapa juga merasa lebih mudah untuk menyimpan uang dalam rekening elektronik daripada mencoba untuk menyimpan uang kertas.

Kini SMS banking semakin ditawarkan di seluruh dunia. Ini telah diterima dengan baik terutama di negara berkembang di mana akses Perbankan tradisional tidak selalu nyaman bagi rata-rata konsumen, khususnya yang tinggal di daerah pedesaan.

Melalui penanganan elektronik dan penyimpanan dana, pelanggan dapat lebih mudah mengirim dan menerima uang dengan teman, anggota keluarga dan rekan bisnis, serta membayar tagihan dan melakukan pembelian dari ponsel mereka. Mirip dengan internet Banking di mana seluruh transaksi telah diselesaikan secara elektronik, SMS Banking dianggap oleh banyak orang sebagai cara yang aman, cepat dan efektif menangani transaksi Perbankan sederhana.

Di negara-negara yang telah berkembang, penelitian menunjukkan bahwa SMS Banking adalah alat populer bagi individu yang sebelumnya memiliki akses Perbankan sedikit atau tidak sama sekali. Salah satu contoh dari pasar yang berkembang untuk SMS Perbankan yakni Kenya di Afrika Timur, di mana hampir setengah dari populasi orang dewasa menggunakan beberapa bentuk Perbankan elektronik. Banyak transaksi di Negara tersebut menggunakan SMS Banking.

Ada sejumlah manfaat dari SMS Banking yang pelanggan dapatkan, yaitu kenyamanan dan waktu yang disimpan. Pelanggan dapat menyelesaikan tugas Perbankan mereka dengan hanya menggunakan ponsel atau smartphone tidak perlu melakukan perjalanan khusus ke Bank, menggunakan panggilan telepon atau bahkan duduk didepan komputer mereka untuk login ke sebuah situs. Selain itu, salah satu manfaat utama dari SMS Banking adalah membantu pelanggan tetap memonitor keuangan mereka, memberi mereka kemampuan untuk memeriksa saldo atau menerima pemberitahuan berdasarkan aktivitas account mereka.

Biasanya pelanggan paling sering menggunakan SMS Banking untuk memeriksa saldo rekening mereka, baik dengan masuk ke versi mobile dari situs web perusahaan, atau dengan mengirim pesan teks cepat ke Bank. Tentu saja, mereka juga dapat membayar tagihan, mentransfer uang antar rekening, atau bahkan dalam beberapa kasus melakukan deposit dengan mengambil gambar cek dan SMS itu ke Bank. Semua hal ini bisa sangat menghemat waktu, tetapi tidak hanya itu, mereka dapat membantu orang menghindari keterlambatan pembayaran tagihan, dan bahkan mungkin menjadi lebih bertanggung jawab secara finansial.

Satu lagi manfaat dari SMS Banking adalah kemampuan untuk menerima peringatan teks jika terdapat aktivitas pada account, seperti transaksi besar atau muatan mencurigakan ke kartu kredit. Hal ini dapat melindungi keamanan account dan memungkinkan pelanggan untuk segera mengambil langkah dalam menyelesaikan masalah apapun.

Kemampuan nasabah Bank untuk lebih berhati-hati mengelola keuangan mereka, serta waktu mereka adalah salah satu manfaat utama dari SMS Banking, dan kemungkinan bahwa ini hanya akan menjadi lebih umum sebagaimana Bank lebih mengembangkan layanan mobile dan aplikasi bagi pelanggan untuk menggunakannya pada smartphone mereka.

Bank tentunya memikirkan manfaat SMS Banking bagi pelanggan, seperti yang dibahas di atas. Tapi Bank juga bisa mendapatkan keuntungan dari menawarkan layanan SMS Banking ini. Secara signifikan SMS Banking dapat menghemat biaya operasi mereka, karena pelanggan cenderung tidak perlu datang ke Bank atau menempatkan panggilan telepon untuk berinteraksi dengan karyawan. Selain itu, karena banyak Bank menawarkan SMS Banking sebagai layanan gratis kepada pelanggan mereka, mereka sering memilih untuk mengiklankan sesuatu secara bersamaan pada layar seperti banner kecil pada halaman, atau mungkin mengiklankan layanan Perbankan lainnya seperti kartu kredit baru, sehingga bisa meningkatkan pendapatan lainnya. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel