Tips dan Trik dalam Melakukan BPRKS Internet Banking

9 May 2012 08:30 26596 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda dapat menggunakan internet banking untuk berbagai keperluan. Dalam menggunakan BPRKS internet banking, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

Saat ini sudah banyak bank di Indonesia yang mulai menggunakan suatu cara pembayaran online dengan menggunakan media internet. Cara pembayaran tersebut dapat dilakukan melalui mesin ATM (Auto Teller Machine) maupun internet banking. Internet banking adalah salah satu channel fasilitas elektronik banking dari BPR KS (Bank Perkreditan Rayat Karyajatnika Sadaya) untuk mengakses rekening tabungan yang dimiliki nasabah melalui jaringan internet, dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer atau laptop.

Anda dapat menggunakan internet banking untuk berbagai keperluan, seperti mentransfer dana ke rekening BPR KS yang bisa dilakukan secara Batch atau persatuan, ATMB (online transaction), mengecek mutasi rekening, untuk transaksi perbankan lainnya seperti beli pulsa handphone, pembayaran PLN, pembelian PLN Prepaid, pembelian FlexiCash, pembayaran produk Telkom dan pembayaran handphone pasca bayar.

Dalam menggunakan BPRKS internet banking, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya: selalu berhati-hati terhadap akun yang Anda gunakan untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab. Selain hati-hati, Anda juga dituntut untuk selalu menjaga kerahasiaan dari akun yang Anda gunakan, seperti menjaga kerahasiaan pin, tidak menggunakan pin yang mudah ditebak, bahkan Anda diwajibkan untuk merubah pin Anda secara berkala dan menggunakan pin yang berbeda untuk setiap produk e-banking.

Anda juga disarankan untuk menggunakan layanan ISP dengan bandwidth yang sudah diatas kecepatan GPRS, seperti Speedy atau layanan 3.5G pada saat mengakses BPRKS internet banking. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan browser Firefox dan tidak melakukan akses internet banking melalui handphone agar mendapatkan layanan yang optimal.

Jika Anda ingin melakukan BPRKS internet banking, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu memiliki rekening tabungan dan kartu ATM BPR KS. Setelah itu, Anda diwajibkan melakukan sendiri registrasi internet banking melalui ATM BPR KS atau EDC BPR KS. Setelah Anda melakukan registrasi, pada saat pertama kali menggunakan layanan internet banking BPR KS, Anda diharuskan melakukan aktivasi di situs internet banking BPR KS yaitu: di sini, dengan cara memasukkan User ID dan PIN yang telah Anda buat pada waktu melakukan registrasi di ATM BPR KS atau EDC BPR KS. Setelah semua proses registrasi selesai, Anda dapat menggunakan layanan internet banking BPR KS untuk mendapatkan informasi dan atau melakukan transaksi Perbankan (transaksi finansial dan transaksi non finansial) yang telah ditentukan oleh BPR KS.

Jika Anda ingin memilih SMS Token untuk otorisasi transaksi finansial, maka Anda harus memiliki dan mendaftarkan nomor telepon selular atau handphone pribadi Anda pada internet banking BPR KS. Setelah proses pendaftaran selesai, sistem internet banking BPR KS akan mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan Authorized-Key melalui SMS pada nomor handphone Anda, dan setiap kali Anda melakukan transaksi finansial, Anda diwajibkan untuk memasukkan Authorized-Key tersebut dalam aplikasi layanan BPRKS internet banking sebagai otorisasi transaksi finansialnya.

Jika handphone yang Anda gunakan hilang, maka Anda wajib memberitahukan terlebih dahulu kepada BPR KS melalui telepon ke Call Center BPR KS. Atas pemberitahuan tersebut BPR KS akan memutus koneksi SMS Token dari sistem internet banking BPR KS sehingga Anda tidak dapat melakukan transaksi finansial.

Jika Anda ingin membuat Hard Token (suatu alat yang akan mengeluarkan kode identifikasi khusus yang selalu berganti setiap kali Anda memakainya pada saat melaksanakan Authorization transaksi finansial yang Anda lakukan), hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat permohonan kepada BPR KS untuk dibuat Hard Token. Hard Token dapat dikirimkan oleh BPR KS ke alamat yang telah Anda tentukan atau Anda dapat mengambilnya sendiri di kantor BPR KS. Setelah Anda menerima Hard Token segera lakukan penggantian PIN Hard Token Anda. PIN Hard Token adalah nomor identifikasi yang harus dimasukkan saat mengaktifkan alat Hard Token. [FT

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel