Akses Rahasia Data-Data Negara di CIA World Factbook 2012 Melalui Smartphone Anda

29 Feb 2012 13:00 3292 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apa yang pertama kali Anda pikirkan tentang lembaga bernama CIA? Ya, mungkin Anda akan berpikir bahwa CIA adalah lembaga yang memiliki banyak **data-data Negara** di dunia dan bekerja seperti halnya seorang detektif pada layar kaca. Kini Anda bisa mengaksesnya melalui smartphone Anda.

Apa yang pertama kali Anda pikirkan tentang lembaga bernama CIA? Ya, mungkin Anda akan berpikir bahwa CIA adalah lembaga yang memiliki banyak data-data Negara di dunia dan bekerja seperti halnya seorang detektif pada layar kaca. Tentunya, mendengar kata CIA, pikiran kita akan tertuju pada tugas intelejennya dalam mencari informasi rahasia sebuah kasus pribadi bahkan negara. CIA atau singkatan dari Central Intelligence Agency bertanggung jawab atas keamanan nasional Amerika Serikat.

Dan menurut rumor yang berkembang seringpula membuat propaganda terhadap negara lain. Tapi percaya atau tidak, baru-baru ini lembaga intelejen yang berbasis di Amerika Serikat tersebut telah membagikan data-data negara di dunia miliknya secara legal.

Lembaga intelejen tersebut hadir dengan aplikasi berbayar bernama CIA World Factbook 2012. World Factbook sendiri sebenarnya telah diproduksi sejak tahun 1981 dalam bentuk buku. Buku tersebut berisi data-data Negara hasil dari pengolahan data intelejen CIA. Awalnya buku tersebut hanya dapat digunakan oleh pihak lembaga dan negera itu sendiri. Namun, berkat perkembangan teknologi informasi yang semakin masif untuk dapat digunakan oleh semua kalangan, sekarang Anda dapat membaca data-data negara tersebut di dalam satu aplikasi smartphone.

CIA World Factbook 2012 memiliki basis data dari lebih 270 negara dan wilayah yang terdata oleh lembaga CIA. Aplikasi ini datang seperti halnya buku pintar. Dengan layanan yang sangat menarik dan informatif mengenai data-data negara, aplikasi ini dapat menambah pengetahuan Anda. Selain itu, bagi penghobi travelling ke berbagai negara atau wilayah, aplikasi ini dapat memberikan informasi secara luas. Pertama-tama Anda dapat mencari data-data negara yang hendak Anda ketahui. Setelah itu CIA World Factbook 2012 akan memberikan beberapa layanan seperti Introduction di mana Anda akan mendapatkan informasi mengenai latar belakang sejarah negara tersebut.

Aplikasi ini pun memungkin Anda untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan geografis suatu negara. Di dalam layanan Geography, aplikasi smartphone ini akan menunjukkan koordinat, batas negara, garis pantai, iklim, sumber daya alam, data bencana alam, isu lingkungan, perjanjian internasiol terkait masalah lingkungan dan lainnya. Setelah itu, Anda dapat masuk ke dalam People and Society. Layanan tersebut akan menunjukkan kepada Anda data nama bangsa, kelompok etnik, bahasa, agama, populasi, struktur umur, populasi, urbanisasi, ibukota, angkat kelahiran dan kematian, dan lainnya.

Pada layanan Government, pengguna smartphone akan mendapatkan data-data negara secara umum seperti jenis pemerintahan, pembagian daerah administrasi, konstitusi, sistem hukum yang berlaku, informasi tiga kedudukan politik negara, partai politik, hingga deskripsi mengenai lambang bendera. Tentunya, Anda perlu menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membaca informasi satu negara. Dan itu akan sangat mengasyikkan. Layanan lainnya yang disediakan aplikasi ini adalah Economy, Communications, Transportation, Military, dan Transnational Issues.

Aplikasi CIA World Factbook ini dikembangkan oleh perusahaan S4BB Limited untuk kebutuhan para pengguna smartphone. Beberapa OS seperti BlackBerry dan Android mereka masukkin agar dapat digunakan oleh seluruh pengguna smartphone di dunia. Menariknya, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak memerlukan jaringan internet. Data-data negara telah tertanam langsung di dalam aplikasi.

Untuk memilikinya, para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi berbayar ini sebesar $ 1.87 di Android Market. Sedangkan untuk para pengguna BlackBerry, Anda dapat mengunduh CIA World Factbook 2012 ini seharga $ 4.99 di App World. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel