Tokoh-tokoh Dunia Dermawan Bergelut di Bidang Teknologi

31 Jul 2013 15:00 7932 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berikut ini adalah Tokoh-tokoh Dunia di bidang teknologi yang mempunyai hati mulia dan berjiwa sosial tinggi.

Teknologi yang saat ini paling berkembang adalah teknologi di bidang informasi. Perkembangan teknologi informasi juga didukung perkembangan internet, situs atau web, dan perkembangan aplikasi. Dengan perkembangan teknologi informasi, berbagai peluang bisnis dan usaha dapat tercipta. Perkembangan teknologi ini juga memunculkan tokoh-tokoh dunia yang sukses.

Mereka adalah pendiri perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Tidak hanya menyandang predikat sukses, tokoh-tokoh dunia tersebut juga layak disebut miliuner. Dari perusahaan yang didirikan, mereka mampu meraup jutaan dolar. Tentu tidak sulit bagi mereka untuk membeli barang-barang yang super mewah dan berkelas misalnya rumah besar, mobil dengan teknologi tercanggih, dan kapal pesiar.

Di balik penghasilannya yang besar dan melimpah, sebagian dari tokoh-tokoh dunia itu tidak suka menghamburkan uang. Mereka juga tetap menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menolong sesama atau untuk charity. Dengan sifat dermawannya itu, mereka telah menginspirasi banyak orang. Tidak salah jika banyak yang menjuluki mereka sebagai miliuner teknologi yang murah hati. Siapakah tokoh-tokoh dunia yang dermawan itu? Berikut adalah ulasannya:

Larry Ellison (CEO Oracle)

Larry Ellison dikenal sebagai CEO dengan gaji tertinggi. Kesuksesannya, dalam mendirikan dan mengelola Oracle, membuatnya bisa memiliki segalanya. Larry juga mendapat julukan Tony Stark di dunia nyata. Anda pasti tahu tokoh Tony Stark yang memerankan Iron Man. Di film, Tony adalah sesorang ilmuwan yang dapat melakukan eksperimen dengan komponen-komponen yang canggih dan mahal. Julukan itu semakin sesuai karena Larry juga memiliki sifat flamboyan seperti yang diperankan oleh Tony.

Dengan penghasilannya, Larry mampu membeli barang-barang mewah dan sebuah pulau di kawasan Hawai. Tempat tersebut difungsikan sebagai penginapan pribadi. Tidak hanya untuk kesenangan pribadi, uang yang diperoleh Larry juga digunakan untuk berkontribusi dalam pengembangan kesehatan. Larry memiliki yayasan Ellison Medical Foundation. Donasi yang telah dia berikan kepada yayasan ini mencapai USD 46,5 juta. Dengan sikap dermawannya itu, Larry pantas menjadi bagian dari tokoh-tokoh dunia yang berhati besar. Meskipun usianya telah mencapai 69 tahun, penampilan Larry masih terlihat muda. Saat ini, Larry sedang berjuang melawan penyakitnya, Alzheimer dan Arthritis.

Steve Jobs (Pendiri Apple)

Berita Mendiang Steve Jobs tentang aktivitas amalnya memang jarang diekspos. Jobs sebenarnya banyak terlibat dalam kegiatan amal selama hidupnya. Aktivitas kemanusiaan itu dilakukan Jobs bersama istrinya, Laurenen Powell Jobs. Dalam beberapa dekade, Laurenen dikenal sebagai pengacara untuk pendidikan dan reformasi imigrasi.

Selain sebagai advokat, pasangan ini juga aktif di College Track. Colledge Track merupakan organisasi nirlaba yang berdiri pada tahun 1997. Dengan mendirikan organisasi tersebut, pasangan ini turut membantu anak-anak yang kurang mampu agar dapat menyelesaikan pendidikan di sekolah hingga universitas. Dengan kontribusi yang besar itu, pasangan ini layak menjadi bagian dari tokoh-tokoh dunia yang berperan dalam memajukan pendidikan. Total dana, yang telah mereka sumbangkan, belum diketahui secara pasti.

 

Baca juga :

                Biografi Sir Alex, Legenda Pelatih Manchester United

                Review Acer Aspire AXC605: Desktop PC Simpel dan Andal

 

Sergey Brin (Pendiri Google)

Bersama sang istri, Anne Wojcicki, Sergey Brin paling dikenal sebagai pejuang dalam usaha penyembuhan penyakit Parkinson. Aktivitas sosial, yang telah dilakukan Sergey dan Anne, setidaknya telah menghabiskan dana sebesar USD 95 juta. Dana tersebut juga digunakan untuk aktivitas penelitian penyakit Parkinson. Kontribusi Sergey ini dimulai saat ibunya mengidap penyakit ini.

Selain itu, Sergey juga memberikan donasi sebesar USD 190 juta untuk organisasi-organisasi yang bergerak di bidang isu-isu sosial seperti Tipping Point Community dan Ashoka. Kedua organisasi itu memberikan pelayanan kepada keluarga miskin di kawasan California Utara. Dengan kontribusi yang telah diberikan, pendiri Google ini layak menjadi bagian tokoh-tokoh dunia yang berperan memajukan kesehatan dan sosial.

Jeff Bezos (CEO Amazon)

Dibalik kesuksesannya mendirikan dan mengembangkan Amazon, Jeff Bezos ternyata adalah seorang filantrofi. Bos situs teknologi terkemuka ini juga pernah memberikan bantuan uang senilai USD 10 juta untuk pengembangan Museum Sejarah dan Industry Seattle. Princeton University juga memperoleh bantuan dana sebesar USD 15 juta.

Dana ini diberikan oleh Jeff dan istrinya, MacKenzie, untuk penelitian otak. Dana sebesar USD 2,5 juta juga diberikan oleh pasangan ini kepada yayasan kesetaraan pernikahan. Mereka juga memberikan donasi sebesar USD 10 juta untuk lembaga peneliti kanker, Seattle Fred Hutchinson Cancer Research Center. Dengan sifat dermawannya ini, Jeff Bezos pantas menjadi bagian dari tokoh-tokoh dunia yang memberikan perhatian lebih pada sejarah dan kesehatan.

Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO Facebook)

Bersama sang istri, Priscilla Chan, Mark Zuckerberg adalah miliuner yang sangat murah hati. Usia, yang masih muda tidak menghalangi pendiri Facebook ini untuk melakukan aktivitas amal dalam jumlah yang besar. Berdasarkan informasi, Mark telah mendonasikan 18 juta saham Facebook, yang senilai USD 500, kepada Komunitas Silicon valley.

Dengan kontribusinya ini, Mark dinobatkan sebagai miliuner paling dermawan kedua di tahun 2012. Posisi satu ditempati oleh Warren Buffet. Mark Zuckerberg juga tecatat pernah memberikan sumbangan USD 100 juta pada 2010 untuk Sekolah Umum Newark. Sekolah di New Jersey itu menggunakan dana donasi untuk peningkatan fasilitas. Dengan prestasi yang gemilang dan sifat yang dermawan, Mark Zuckerberg layak menjadi bagian dari tokoh-tokoh dunia yang berperan dalam memajukan pendidikan. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel