Tips Optimalisasi Homescreen Android dengan Efektif

16 Mar 2012 20:00 13095 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda pengguna Homescreen Android yang masih belum bisa memaksimalkan kondisi Homescreen yang ada, berarti Anda masih belum bisa mengoptimalkan kinerja yang ada pada Homescreen Android tersebut.

Bagi Anda pengguna Homescreen Android yang masih belum bisa memaksimalkan kondisi Homescreen yang ada, berarti Anda masih belum bisa mengoptimalkan kinerja yang ada pada Homescreen Android tersebut. Ponsel pintar ini di desain dengan kepintaran dan kemudahannya dalam setiap pengaksesan data yang dilakukan. Jika Anda masih belum bisa membuat semua aktivitas kegiatan sehari-hari Anda menjadi ringan, berarti kehadiran di ponsel pintar Android ini masih belum bisa memberikan kontribusi berlebih terhadap penggunanya.

Salah satunya adalah mengoptimalkan kondisi Homescreen Android tersebut, ini dirasa penting karena Homescreen inilah pintu awal kita masuk dan mengakses apa-apa saja yang ada di dalam ponsel tersebut. Usahakanlah untuk menata dan memanagemen kondisi Homescreen Android yang dimiliki. Dengan seperti itu, pengaturan ruang Homescreen bisa di pakai untuk hal-hal penting saja dan bisa memberikan kemudahan paling awal jika Anda membutuhkan akses cepat.

Berikut ini Plimbi akan memaparkan tips mengoptimalkan kondisi Homescreen Android, sehingga nantinya Anda semakin mudah dalam memprioritaskan hal-hal penting di Homescreen ini.

Pengaturan ruang Homescreen Menggunakan widget Bawaan

Keberadaan widget bawaan pada smartphone Android ini seharusnya dimaksimalkan oleh Anda untuk menata ruang pada Homescreen tersebut. Widget ini dapat digunakan untuk mengotpimalkan tata ruang dan membantu mengatur segala fungsi yang ingin diletakkan pada layar Homescreen Android Anda. Prioritaskan untuk menaruh berbagai fungsi perlakuan penting pada Homescreen ponsel Anda. Karena dengan posisi prioritas tersebut, Anda akan semakin cepat dan mudah mengakses fungsi yang ada tersebut. Tidak perlu lagi harus membuka-buka dan mencari di dalam deretan menu-menu yang banyak. Untuk pengaturan widget ini pun cukup mudah, Anda tinggal menempelkan jari Anda pada bagian kosong layar dan tahan beberapa detik. Setelah jendela widget muncul Anda tinggal mengatur variasi ukuran dan fungsi yang akan diletakkan di Homescreen.

Pengaturan One-Touch Dial

Pengaturan One Touch Dial ini dirasa penting untuk mengkondisikan nomer-nomer penting untuk diberikan akses cepat pemanggilan. Akses cepat pemanggilan ini cukup bisa membantu Anda, pada saat sedang mengalami suatu kejadian darurat yang mengharuskan Anda untuk menelepon seseorang. Tentu dengan satu sentuhan di Homescreen Anda bisa mempercepat akses pemanggilan tersebut. Dan beda ceritanya jika Anda tidak mengoptimalkan One-Touch Dial ini, Anda akan megalami kesulitan pemanggilan dengan banyak langkah.

Untuk pengaturannya sendiri, Anda bisa melakukan pengaturan mudah dengan menempelkan jari Anda pada tempat kosong di layar dan tahan beberapa saat. Jendela pengaturan akan muncul seketika. Pilih menu Shortcut, dan jendela Shortcut pun akan memunculkan beberapa menu di dalamnya. Nah, tugas Anda disini tinggal memilih akses yang seperti apa. Pilih saja Direct Dial, setealah itu pilih nama keluarga atau rekan atau kolega yang sering Anda hubungi. Dengan seperti itu, Anda bisa memberikan prioritas lebih terhadap orang-orang penting tersebut.

Pergunakan Folder untuk Membuat Tampilan Homescreen Menjadi Ringkas

Keberadaan folder-folder buatan ini bisa memberikan kesan ringkas terhadap tampilan Homescreen Android Anda. Dengan struktur folder yang rapi ini, niscaya Anda akan semakin senang melihat tampilan Homescreen Android tersebut. Dan juga keberadaan folder-folder ini bisa mempengaruhi kecepatan akses ponsel tersebut. Untuk pengaturan mudahnya, Anda tinggal menekan ruang kosong pada Homescreen tersebut. Setelah jendela Add to Homescreen keluar, Anda bisa memilih folder yang dikehendaki. Andapun tinggal melakukan pemindahan dengan cara men drag dan men drop menu-menu apa saja yang ingin dipindahkan.

Pengaturan Laman Web Favorit pada Jendela Homescreen

Jika Anda memang pengguna internet yang suka menyimpan halaman-halaman favorit, Anda bisa memaksimalkan Homescreen ini untuk menaruh laman-laman web favorite Anda di Homescreen. Tentu peletakkan ini dengan tujuan kemudahan dan kecepatan akses yang Anda lakukan. Tekan beberapa saat pada situs yang dikehendaki di bookmarks browser, setelah itu pilih add shortcut to home untuk menampilakan laman-laman web yang Anda sukai.

Pengaturan-pengaturan di atas hanya pengaturan dasar saja, Anda bisa mengoptimalkan fitur-fitur lainnya untuk mendukung segala kemudahan dan kecepatan akses Anda sendiri. Setiap pengguna dipastikan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karenanya Anda bisa mengoptimalkan kondisi Homescreen Android tersebut sesuai dengan kebutuhan. (AD)

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel