Tips Backup Data Online Pada Smartphone Anda

15 Mar 2012 12:30 4595 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda yang senang berganti smartphone, tentunya akan menjadi problem terkait dengan pemindahan data-data penting dari smartphone yang lama ke smartphone yang baru. Mungkin tak akan ada masalah kala Anda mengganti smartphone dengan sesama platform karena masih dimungkinkan melakukan back-up data menggunakan software bawaan.

Bagi Anda yang senang berganti smartphone, tentunya akan menjadi problem terkait dengan pemindahan data-data penting dari smartphone yang lama ke smartphone yang baru. Mungkin tak akan ada masalah kala Anda mengganti smartphone dengan sesama platform karena masih dimungkinkan melakukan back-up data menggunakan software bawaan. Cara lain untuk mengamankan data perangkat Anda ialah dengan mem-backup data online untuk sementara waktu. Namun bagaimana jika menggunakan platform berbeda? Dengan perkembangan teknologi yang ada, hal tersebut tak perlu lagi menjadi kekhawatiran karena kini telah hadir aplikasi yang bisa melakukan backup data online dari smartphone Anda yang lama ke smartphone yang baru. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi mIQ yang dikembangkan oleh pengembang Dashware. Cara Menggunakan Aplikasi mIQ Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menjalankan aplikasi mIQ. Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi backup data online mIQ di www.miqlive.com.

2. Kemudian jalankan aplikasi mIQ dengan cara menekan tombol "*Run*”.

3. Untuk bisa menjalankan aplikasi mIQ ini, Anda diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu secara online. Pilihlah "Create Account” untuk melakukan registrasi.

4. Ketika menekan "Create Count” maka Anda akan dibawa ke laman yang mengharuskan Anda mengisi data-data seperti: Username, Email, Phone Number, dan juga Password. Kemudian tekan "Submit”.

5. Ketika langkah ke-empat sudah dilalui, maka proses registrasi dianggap selesai. Selanjutnya Anda akan dibawa untuk login melalui aplikasi mIQ dengan menggunakan username yang sudah dibuat tadi. Jika sudah, maka aplikasi ini akan secara otomatis mensinkronisasi data yang terdapat di smartphone ke server mIQ. Proses sinkronisasi data juga bisa dilakukan secara manual dengan cara memilih tombol "Sync Now.”

6. Tunggulah proses backup data online ini sampai selesai dilakukan.

7. Jika prosesnya sudah selesai, Anda tinggal mengecek data yang sudah di-backup tersebut pada situs: www.miqlive.com.

8. Lakukanlah proses login dengan username dan password yang telah dibuat. Setelah masuk, maka Anda akan menemukan data Anda yang sudah di-backup ke *server* mIQ secara sempurna. Catatan Lainnya

1. Untuk mem-backup data Anda di smartphone, Anda bisa melakukan backup data apa saja di smartphone dengan cara memilih "item to sync”, kemudian centang data yang dipilih.

2. Dengan aplikasi mIQ ini, Anda diberikan keleluasaan untuk memilih jaringan Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan backup data online ketika Anda memutuskan untuk mengganti smartphone berbeda platform. Dan platform yang kompatibel dengan aplikasi ini adalah BlackBerry, Symbian, Android, dan Windows Mobile. [EH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel