Mengintip Rahasia Di Balik Kamera Nokia 808 PureView

6 Mar 2012 08:00 6771 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam bidang perangkat fotografi saat ini, ponsel terbaru Nokia 808 termasuk perangkat yang revolusioner. Semenjak kehadirannya baru-baru ini, ponsel tersebut telah mengagetkan banyak pihak. Bukan hanya dapat mengabadikan sebuah momen dalam format gambar beresolusi 38 MP atau lebih, tapi kamera Nokia 808 PureView ini pun menggunakan teknologi yang disebut oversampling.

Dalam bidang perangkat fotografi saat ini, ponsel terbaru Nokia 808 termasuk perangkat yang revolusioner. Semenjak kehadirannya baru-baru ini, ponsel tersebut telah mengagetkan banyak pihak. Bukan hanya dapat mengabadikan sebuah momen dalam format gambar beresolusi 38 MP atau lebih, tapi kamera Nokia 808 PureView ini pun menggunakan teknologi yang disebut oversampling. Teknologi tersebut mengelompokkan piksel-piksel kecil berjumlah 7 buah piksel yang kemudian digabung agar terbentuk sebuah superpiksel saat proses pengolahan GPU. Untuk melihat spesifikasi lengkap dari handphone ini, Anda bisa klik link berikut.

Kamera Nokia 808 ini dapat mengambil gambar dengan rasiio 4:3 beresolusi 38 MP. Sementara gambar sebesar 16: 9 dapat Anda ambil menggunakan resolusi 34 MP. Kedua kemampuan resolusi kamera Nokia tersebut didasari dukungan dari sensor multiaspek dari Nokia 808. Kedua aspek yang berbeda tersebut tentunya membuat perbedaan dari segi pengambilan angle foto. Ukuran sensor yang impresif membuat kamera Nokia ini lebih baik daripada compact camera pada umumnya. Bahkan, ponsel Nokia ini pun dua kali lebih baik daripada yang ditemukan pada ponsel Nokia N8. Artinya kamera Nokia 80 PureView ini mengestimasikan 1.26 mikron pada setiap piksel, yang mana merupakan ukuran yang sama dengan kamera 8 MP yang saat ini banyak digunakan.

Kemampuan sensor sebesar 41 MP piksel pada kamera Nokia 808 ini memang suatu hal yang istimewa. Tapi, Anda jangan berharap akan mendapatkan kualitas serupa. Di sini bukan berarti Anda dapat menggunakan kamera ini dengan sensor gambar sebesar 41 MP. Rasio ukuran 41 MP berarti sekitar 7728 x 5368 piksel, yang mana melihat dari pilihan rasio yang ada, Anda hanya akan mendapatkan 7728 x 4354 piksel untuk gambar 16:9. Sementara, hasil gambar atau video yang berukuran 7152 x 5368 hanya dapat digunakan pada rasio 4:3. Pada dasarnya resolusi standar yang digunakan oleh Nokia 808 PureView ini hanya sebesar 5 MP pada rasio 16:9. Tapi Anda pun dapat memiliki opsi penggunaan resolusi sebesar 2 MP atau 8 MP. Anda dapat mematikan mode PureView dan menjepret objek foto Anda menggunakan resolusi maksimum kamera.

Semenjak kemampuan kamera Nokia 808 ini diperkenalkan, tak ayal perangkat ini menjadi salah satu kamera ponsel yang sangat dinanti kehadirannya di pasar global. Nokia 808 diharapkan dapat memenuhi salah satu fitur yang jarang ditemui pada kamera ponsel, yakni kemampuan zoom yang mumpuni. Dengan kemampuan optik menyisipkan zoom yang sempurna, ponsel ini akan memiliki resolusi sensor tertinggi yang pernah digunakan pada perangkat mobile. Inilah salah satu kelebihan teknologi kamera Nokia 808. Dengan kualitas resolusi sensor yang tinggi dan ditunjang dengan kemampuan prosesor yang mumpuni, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan zoom.

Selain itu, pihak Nokia pun tak main-main soal optik yang digunakan oleh perangkat terbarunya ini. Memiliki fitur yang menawan bukan berarti perusahaan asal Finlandia melupakan kualitas lensa yang digunakannya. Lensa Carl Zeiss dan penggunaan flash dari Xenon memberikan jaminan kualitas gambar yang mumpuni. Kombinasi antara kekuatan sensor dengan kemampuan rentang fokus lensa yang mencapai 8.02 mm dapat memberikan kesan blur yang lebih menarik saat motret secara close up. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel