Nokia 808 PureView - Handphone Nokia Terbaru dengan Kamera 41MP

2 Mar 2012 20:00 6293 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia memang selalu memberikan kejutan. Tahun ini, mereka ternyata tak hanya memperkenalkan *handphone* seri Lumia terbaru, namun mereka juga memperkenalkan jenis *handphone* Nokia terbaru lain bernama Nokia 808 PureView. Bahkan kemunculan *handphone touchscreen* Nokia terbaru ini pun benar-benar jauh dari nalar pikiran normal.

Nokia memang selalu memberikan kejutan. Tahun ini, mereka ternyata tak hanya memperkenalkan handphone seri Lumia terbaru, namun mereka juga memperkenalkan jenis handphone Nokia terbaru lain bernama Nokia 808 PureView. Bahkan kemunculan handphone touchscreen Nokia terbaru ini pun benar-benar jauh dari nalar pikiran normal.

Beberapa pihak mengatakan bahwa handphone Nokia 808 adalah salah satu kemampuan teknologi tinggi dari Nokia. Bayangkan saja, jika handphone kelas atas lain kebanyakan menggunakan kamera 8MP, 12MP atau bahkan 16MP, maka tidak halnya demikian dengan Nokia 808 yang menyematkan sensor kamera 41MP! Canggih bukan? Kemunculan Nokia 808 ini nampaknya bakal menggantikan ponsel kamera lain milik Nokia, yakni Nokia N8. Lalu, kelebihan apa saja yang dipunyai oleh kamera 41MP milik Nokia PureView ini?

Pertama, handphone ini memiliki sensor yang luar biasa besar. Sensor kameranya 41MP, meskipun secara efektif nilai tersebut akan berkurang menjadi 38MP. Di dalam Nokia 808 terdapat pula optik Carl Zeiss seperti umumnya pada handphone Nokia lain. Optik pada handphone ini memiliki panjang focal 8.02 mm. Tak hanya itu, kamera ini juga mampu menghasilkan gambar dengan resolusi ekstra besar, 7728x5368 piksel.

Jenis handphone Nokia terbaru ini juga tak hanya mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Nokia 808 PureView ini juga memberikan fitur digital zoom hingga 3X. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kamera pada handphone Nokia 808 PureView ini untuk merekam gambar HD 1080p pada 30fps. Fitur lainnya, akan terdapat ND filter, geo-tagging, face detection, autofocus hingga Xenon flash.

Namun, selain mengandalkan kamera supernya, jenis handphone Nokia terbaru ini nampaknya tak membawa kelebihan lain. Secara dimensi, handphone ini memiliki ukuran yang sedang, dengan panjang 123.9 mm, lebar 60.2 mm dan ketebalan 13.9mm. handphone ini pun memiliki bobot yang cukup berat, yakni 169 gram.

Di sisi layar, Anda akan menemukan layar AMOLED touchscreen kapasitif berukuran 4.0 inci. Namun resolusi yang dihadirkan oleh layar ini pun tidak terlalu istimewa. Anda hanya bisa memperoleh tampilan layar dengan resolusi 360x640 piksel. Untungnya, Anda bakal mendapatkan kaca pelindung anti gores Gorilla Glass dan display Nokia ClearBlack.

Dari segi performa, jenis handphone Nokia terbaru ini pun nampaknya tak terlalu menjanjikan kualitas prima. OS yang digunakan pun bukan Windows Phone, melainkan OS Nokia Belle yang merupakan generasi selanjutnya dari OS Symbian. Sedang di bagian prosesor, Nokia 808 PureView mempunyai prosesor ARM 11 1.3GHz dan ditunjang dengan RAM 512MB.

Namun dari sekian banyak hal, yang cukup menjadi sorotan adalah kinerja baterai. Baterai pada jenis handphone Nokia terbaru Nokia 808 PureView ini hanya sebuah baterai Li-Ion 1400 mAh. Baterai ini dikatakan mampu bertahan talk time selama 11 jam pada mode 2G dan 6 jam 50 menit pada mode 3G. Namun yang menjadi pertanyaan besar, apakah baterai ini mampu memberikan pasokan energi untuk kamera plus Xenon flash? Kita nanti saja kedatangan handphone ini di tanah air. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel