Survei: Prosesor Intel Terbaru, Medfield Atom Z2460 Mengungguli Semua Prosesor Canggih Pendahulunya

9 Feb 2012 15:30 4591 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Plimbi sudah pernah membahas tentang Lenovo K800 sebagai *smartphone* pertama yang menggunakan prosesor Intel Atom Z2460. Lalu bagaimanakah debut dari prosesor Intel terbaru yang didesain untuk perangkat *mobile*, *smartphone* dan *tablet* PC, ini?

Plimbi sudah pernah membahas tentang Lenovo K800 sebagai smartphone pertama yang menggunakan prosesor Intel Atom Z2460. Lalu bagaimanakah debut dari prosesor Intel terbaru yang didesain untuk perangkat mobile, smartphone dan tablet PC, ini? Berikut hasil para ahli membandingkan performa prosesor Intel terbaru ini dengan prosesor mobile lain yang sudah hadir lebih dulu.

Prosesor Intel terbaru untuk smartphone Medfield Atom Z2460, yang diumumkan pertama kali pada CES 2012 Januari lalu, mengalahkan smartphone tercepat yang ada di pasaran saat ini, ungkap para ahli yang melakukan tes. Para ahli yang melakukan tes pun mengungkapkan bahwa kecepatan Medfield tidak memiliki dampak negatif pada baterai, dalam artian handset yang ditenagai oleh prosesor intel ini tidak akan boros baterai.

Berikut hasil perbandingan konsumsi baterai prosesor Intel terbaru Medfield Atom Z2460, dengan Samsung Galaxy S II dan Apple iPhone 4S:

Hasil tes yang disajikan dalam bentuk benchmark di atasi cukup mengejutkan. Tidak tanggung-tanggung, prosesor intel terbaru ini menantang dua smartphone tercepat saat ini, iPhone 4S dan Samsung Galaxy Nexus, dan yang mengejutkan lagi adalah smartphone berprosesor Intel menjadi pemimpin.

Hasil tes menggunakan tool benchmark populer, SunSpider dan Browsermark, prosesor Intel terbaru yang menjalankan OS Android Gingerbread menunjukkan performa lebih baik daripada smartphone lain yang pernah di tes oleh para ahli, termasuk Samsung Galaxy Nexus yang berjalan pada OS Ice Cream Sandwich. Dan para ahli memperkirakan hasil ini akan tetap sama, prosesor Intel akan tetap memimpin saat berjalan di Ice Cream Sandwich.

Berikut hasil Benchmark prosesor Intel terbaru menggunakan SunSpider Javascript benchmark:

Pada SunSpider Javascript benchmark, hasil yang lebih kecil adalah hasil yang paling baik. Dan bisa Anda lihat pada gambar di atas. Prosesor Intel terbaru Medfield Atom Z2460 menjadi jawara dan mengalahkan semua smartphone tercepat saat ini, yaitu Samsung Galaxy Nexus, Motorola Droid RAZR, Apple iPhone 4S, Samsung Galaxy S II dan Motorola Droid X2.

Berikut hasil benchmark prosesor Intel terbaru menggunakan Browsermark:

Kebalikan dari SunSpider, di mana pada Browsermark hasil lebih besar merupakan lebih baik, dan prosesor Intel terbaru tetap memimpin dan mengalahkan lima smartphone tercepat yang ada di pasaran saat ini.

Kesimpulan dari para ahli setelah melakukan tes ini adalah, prosesor Intel terbaru Medfield Atom Z2460 memberikan performa CPU (Central Processing Unit) yang lebih baik daripada prosesor lain yang telah ada lebih dulu di pasaran, meskipun prosesor Intel terbaru ini hanyalah prosesor single-core. Performa GPU tidak secepat pada A5 milik Apple, tetapi prosesor Intel terbaru ini sangat kompetitif dengan kompetitor lain yang hadir lebih dulu. Bisakah Anda bayangkan bagaimana jadinya apabila Medfield kedepannya menjadi prosesor dual-core?! [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel