Adu Spesifikasi antara Motorola RAZR VS Samsung Galaxy Nexus

11 Nov 2011 12:00 4853 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bulan Oktober kemarin, banyak varian *smartphone* diumumkan oleh beberapa vendor. Selain iPhone 4S yang menyita banyak perhatian publik, dua *"superphone"* lain yang diumumkan Oktober kemarin menarik perhatian Paseban, Samsung Galaxy Nexus dan Motorola Razr.

Bulan Oktober kemarin, banyak varian smartphone diumumkan oleh beberapa vendor. Selain iPhone 4S yang menyita banyak perhatian publik, dua "superphone" lain yang diumumkan Oktober kemarin menarik perhatian Paseban, Samsung Galaxy Nexus dan Motorola Razr.

Lalu bagaimanakah perbandingan smartphone Android antara Samsung Galaxy Nexus dan Motorola Razr ini? Berikut Paseban hadirkan perbandingan antara Samsung Galaxy Nexus dan Motorola Razr.

Spesifikasi Motorola RAZR Samsung Galaxy Nexus
4G 4G LTE capable 4G LTE capable
Layar 4.3" qHD Super AMOLED, 960 x 540 4.65" 720p Super AMOLED, 1280 x 720
OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Prosesor 1.2 GHz dual-core 1.2 GHz dual-core
RAM 1 GB 1 GB
Internal Memory 16 GB 16/32 GB
Kamera Belakang 8 megapixel, depan 1.3 megapixel Belakang 5 megapixel, depan 1.3 megapixel
NFC capable No Yes

Samsung Galaxy Nexus merupakan penerus dari varian Nexus, smartphone Android paling populer dan paling handal hingga saat ini. Smartphone ini sudah ditunggu dan dirumorkan sejak awal tahun ini, plus smartphone ini mendapat kehormatan dirilis bersamaan dengan OS Android terbaru 4.0 dan menjadi gadget pertama ber-OS Ice Cream Sandwich.

Sementara Motorola mengeluarkan Motorola RAZR atau Motorola Droid RAZR yang merupakan varian dari kelas RAZR ber-OS Android. Tentu Anda sudah tahu nama Motorola RAZR yang dulu pernah popular dan menjadi handphone terlaris pada tahun 2004 lewat V3-nya. Nampaknya Motorola ingin mengulang kesuksesan yang sama tersebut dengan merilis varian terbaru pada kelas RAZR.

Desain

Desain dari Samsung Galaxy Nexus tidak jelek, tetapi memiliki desain yang standar tanpa adanya suatu nilai sensasi. Entah masalah desain ini sudah menjadi standar atau memang Samsung lebih berfokus pada spesifikasi hardware dan kemampuan. Contoh nyata bisa dilihat pada Samsung Galaxy S II yang berdesain standar namun berhasil mencapai penjualan yang luar biasa dikarenakan keunggulannya di sisi spesifikasi hardware.

Motorola RAZR Nampak masih membawa ciri khas dari varian RAZR, ujung yang sedikit tajam dan, tentu saja, sangat tipis. Bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Nexus, desain Motorola RAZR memenangkan pertandingan.

Software

Dari segi hardware bisa Anda lihat pada table spesifikasi di atas keduanya tidak memiliki perbedaan yang jauh, bisa dibilang sebanding. Sedangkan dalam segi software, Motorola memiliki dua software bawaan yang bisa menjadikannya berada sedikit diatas Samsung. Dua software tersebut adalah Smart Actions dan Motocast. Smart Actions memungkinkan pengguna untuk memprogram isntruksi baru bagi smartphone Android. Dan Motocast berguna untuk back up dan transfer data antar PC dengan smartphone.

Conclusion

Anda yg memperhatikan masalah kamera pasti tergiur dengan kamera 8 megapixel yang ditawarkan Motorola RAZR. Namun NFC capable dan layar yang lebih besar dari Samsung Galaxy Nexus akan menarik bagi pengguna lainnya. Yang mana yang terbaik? Why don't you decide. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel