Cara Meminimalisir Pengaruh Buruk Internet untuk Anak-Anak

9 Feb 2012 11:35 2971 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa situs dan konten-konten yang terdapat di internet tak semuanya aman dan juga tak semuanya bisa dikonsumsi oleh anak ketika online. Anda sebagai orang tua tentunya ingin menghindarkan anak Anda dari pengaruh buruk internet. Berikut Plimbi berikan saran-saran untuk melindungi anak Anda ketika online.

Memperkenalkan anak kepada dunia internet adalah hal yang menyenangkan dan juga dapat menambah wawasan mereka. Akan tetapi bisa juga terjadi sebaliknya. Beberapa situs dan konten-konten yang terdapat di internet tak semuanya aman dan juga tak semuanya bisa dikonsumsi oleh anak ketika online. Anda sebagai orang tua tentunya ingin menghindarkan anak Anda dari pengaruh buruk internet. Berikut Plimbi berikan saran-saran untuk melindungi anak Anda ketika online.

BICARA KEPADA ANAK

Bicaralah kepada anak Anda tentang pengaruh buruk internet yang mungkin didapat dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika online. Dibawah ini adalah hal-hal yang dapat Anda bicarakan kepada anak Anda.

Informasi personal - katakanlah kepada mereka untuk tidak memberikan informasi tentang dirinya ketika anak sedang online dan melakukan chat. Personal informasi seperti alamat rumah, password, alamat email, memberikan foto dan lainnya. Hal ini dapat meminimalisir pengaruh buruk internet bagi anak Anda.

Menolak ajakan orang asing - katakanlah kepada mereka untuk tidak menerima ajakan dari orang yang tidak dikenalnya untuk bertemu.

Download - Unduhan dapat menampung pengaruh buruk internet bagi anak. Katakanlah kepada mereka untuk tidak mengunduh atau menerima file dari orang tak dikenal yang ditemui anak ketika online.

Hadiah - katakan kepada anak untuk tidak menerima hadiah dari siapapun ketika online.

Foto pribadi - pemanfaatan foto adalah salah satu pengaruh buruk internet yang mungkin dapat menimpa anak Anda. Katakanlah kepada mereka untuk tidak membagi foto pribadinya kepada siapapun di Internet.

Melapor - jika anak sedang online, dan menemukan hal-hal aneh, pastikan mereka tahu bahwa hal yang pertama yang ia lakukan adalah memanggil Anda.

LAKUKANLAH MONITORING

Monitoring dapat dilakukan dengan tidak membiarkan mereka masuk ke kamar ataupun menjauh dari Anda ketika online. Ketika anak sedang online, katakan kepada mereka untuk tidak pergi menjauh dan tetap di samping Anda. Dengan melakukan monitoring ketika proses anak mengenal internet, Anda dapat meminimalisir pengaruh buruk internet yang mungkin menimpa anak Anda.

PERIKSA INTERNET HISTORY

Jika Anda tidak ada ketika anak sedang online, lakukanlah pengecekan terhadap internet history di browser yang mereka gunakan. Hal ini memastikan tidak ada konten-konten yang tidak seharusnya dilihat ketika anak sedang online dan juga menjauhkan pengaruh buruk Internet yang mungkin mereka dapat.

JADILAH TEMAN JEJARING SOSIAL MEREKA

Situs-situs jejaring sosial sangat populer di kalangan remaja bahkan anak-anak kecil. Hal ini dikarenakan situs-situs tersebut memudahkan mereka untuk berkomunikasi dan berkenalan dengan orang-orang baru dari internet. Sayangnya, situs-situs ini juga digunakan oleh "predator-predator" yang siap menyebarkan pengaruh buruk internet kepada siapapun, termasuk anak Anda. Dengan menjadi teman mereka di situs-situs pertemanan seperti ini, memudahkan Anda untuk melakukan pantauan terhadap hal-hal apa saja yang anak lakukan ketika online. [HR]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel