iSurabaya.net - Inovasi Layanan Peta Digital Surabaya

5 Feb 2012 11:00 4294 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya juga kota yang sangat dinamis. Bahkan meskipun Anda sudah lama tinggal di daerah Surabaya tidak mungkin hafal semua tempat-tempat di Surabaya. Tapi sekarang tersedia layanan peta digital Surabaya yang menyediakan data dan peta lokasi ditambah dengan *review* lokasi tersebut. Layanan direktori ini bernama iSurabaya.

Di Indonesia tersedia beberapa layanan yang terkait lokasi menggunakan konsep peta digital. Layanan berbasis lokasi di Indonesia seperti Bouncity, Tasterous, ada pula layanan direktori lokal seperti BandungReview dan Urbanesia yang pernah Plimbi bahas sebelumnya, serta masih banyak pula aplikasi serupa yang lainnya. Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya juga kota yang sangat dinamis. Bahkan meskipun Anda sudah lama tinggal di daerah Surabaya tidak mungkin hafal semua tempat-tempat di Surabaya.

Tapi sekarang tersedia layanan "peta digital Surabaya" yang menyediakan data dan peta lokasi ditambah dengan "review" lokasi tersebut. Layanan direktori ini bernama iSurabaya. Dari segi "user interface", layanan peta digital Surabaya ini cukup ini menarik. Sebaliknya, dari segi "user experience" sepertinya aplikasi ini masih butuh perbaikan, karena "user", termasuk Paseban sendiri yang pertama menggunakan aplikasi ini akan bingung untuk menggunakan iSurabaya.

Layanan "peta digital Surabaya" ini dibangun pertama kali dalam bentuk "website" iSurabaya.net. Dari situs ini Anda tinggal mengetikkan jenis tempat yang Anda cari dapat pula diikuti dengan nama jalan atau daerah. Selain itu Anda juga dapat melakukan pencarian berdasarkan kategori yang tersedia. Hasil pencarian pada peta digital Surabaya ini akan menampilkan peta yang menjelaskan posisi dari lokasi yang Anda cari.

Kelebihan dari iSurabaya dari layanan lainnya yang sejenis adalah kemudahan akses layanan yang hadir 24/7 bahkan dapat diakses melalui "smartphone" Android, BlackBerry dan iPhone yang kini masih dalam tahap pengembangan. Informasi yang diberikan pada tiap "venue" /tempat juga dibuat se-komprehensif mungkin yang meliputi jam buka/tutup, terima debit atau tidak, harga, halal atau tidak dan lain-lain. Layanan ini juga dilengkapi dengan sistem rating dan "review" dari pengguna iSurabaya sehingga dapat membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka.

Sayangnya, pengguna yang sudah mendaftar di layanan peta digital iSurabaya hanya bisa melakukan "review" dari tempat tersebut tanpa bisa menambahkan tempat-tempat penting yang mereka inginkan. "Untuk penambahan tempat, iSurabaya lebih ke arah pemilik toko, bukan di sisi pengguna. Bagi pengguna lebih tepatnya adalah "suggest place". "Database" dari layanan peta digital Surabaya ini akan di-"update" secara berkala agar informasi yang ditampilkan "up to date"" kata Johan Sugiono co-founder dari iSurabaya. iSurabaya ini memang sangat membantu dalam hal pencarian tempat, terutama jika Anda memang tinggal di Surabaya atau sedang berkunjung ke Surabaya.

Ditambah lagi, layanan ini akan tersedia di Android dan BlackBerry. Dengan menggunakan GPS untuk mendapatkan posisi terkini dan juga peta untuk membantu mendapatkan posisi dari Point Of Interest di kota Surabaya. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel