Sepuluh Tips Membeli Handphone Bekas

9 Jan 2012 13:00 4403 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Membeli handphone bekas memang menguntungkan jika kita mendapatkan *handphone* bagus. Sebab, dengan harga yang lebih murah kita bisa memiliki *handphone* idaman kita. Namun perlu juga berhati-hati saat membeli *handphone* bekas agar tidak kecewa nantinya saat *handphone* sudah dibeli namun justru menimbulkan masalah karena *handphone* sering *trouble*.

Membeli handphone bekas memang menguntungkan jika kita mendapatkan handphone bagus. Sebab, dengan harga yang lebih murah kita bisa memiliki handphone idaman kita. Namun perlu juga berhati-hati saat membeli handphone bekas agar tidak kecewa nantinya saat handphone sudah dibeli namun justru menimbulkan masalah karena handphone sering trouble.

Untuk mengantisipasi hal ini, sebelum membeli handphone bekas sebaiknya mengikuti tips-tips berikut ini.

  1. Lihat kondisi fisik handphone. Apakah handphone bekas yang akan Anda beli memiliki goresan atau sedikit lecet. Dengan melihat kondisi fisiknya Anda paling tidak bisa tahu bagaimana perilaku penggunaan pemilik handphone ini sebelumnya.

  2. Coba tombol-tombol handphone. Anda bisa pencet semua tombol handphone bekas yang akan dibeli untuk memastikan semua tombol berfungsi dengan baik. Coba untuk mengetik secara cepat untuk mengetahui respon dari handphone.

  3. Periksa fitur-fiturnya. Coba juga untuk membuka berbagai fitur seperti Bluetootoh, WiFi, kamera, speaker, dll) yang terdapat pada handphone bekas yang Anda minati. Pastikan semua fitur itu berfungsi dengan baik. Jika bingung dengan fitur yang tersedia pada handphone, Anda bisa tanyakan pada penjual handphone.

  4. Tanyakan mengenai baterai. Tanyakan pada penjual mengenai baterai handphone apakah masih normal atau tidak. Jika penjual mengatakan baterai masih normal, minta juga garansi mengenai baterai handphone ini.

  5. Tes sinyal. Coba masukkan kartu SIM Anda untuk mengetahui bagus tidaknya handphone bekas ini dalam menangkap sinyal. Anda bisa bandingkan dengan handphone milik Anda.

  6. Tanyakan garansi. Apakah handphone bekas tersebut masih memiliki garansi atau tidak? Anda bisa tanyakan ini pada penjualnya. Membeli handphone bekas yang masih bergaransi akan sangat menguntungkan, karena Anda masih bisa mempergunakan kartu garansi untuk perbaikan handphone.

  7. Cek segel. Cek juga segel handphone apakah sudah pernah dibuka atau tidak. Jika segel resmi sudah rusak, berarti handphone bekas ini sudah pernah diservis alias sudah pernah mengalami suatu masalah sebelumnya.

  8. Casing asli. Tanyakan juga apakah casing handphone bekas trersebut masih asli atau tidak. Jika casing masih asli dan dalam kondisi bagus, kemungkinan pemilik handphone sebelumnya telaten merawatnya.

  9. Periksa layar. Lihat apakah layar handphone bekas yang akan dibeli masih normal atau tidak. Pastikan tidak ada yang aneh dengan layarnya.

  10. Periksa No IMEI. No Imei yang terdapat pada handphone bekas harus sama dengan No Imei pada kartu garansi atau kardus.

Demikian sepuluh tips membeli handphone bekas. Membeli handphone bekas memang membutuhkan kejelian pembelinya. Agar handphone yang kita beli nantinya bisa berfungsi secara optimal untuk membantu kebutuhan kita berkomunikasi. [ID]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel