Mengenal Monitor Touchscreen dan Spesifikasinya

7 Jan 2012 12:00 6479 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi touchscreen banyak digunakan oleh berbagai jenis media, seperti komputer, ATM, *game* konsol dan terakhir adalah ponsel. Toucscreen sendiri identik dengan monitor atau layar, lalu apa saja yang termasuk ke dalam jenis monitor touchscreen?

Touchscreen merupakan jenis monitor komputer yang mencatat informasi dengan mendeteksi tekanan. Jadi, bukannya menggunakan *keyboard* atau *mouse* untuk memasukkan informasi, tetapi Anda cukup menyentuh layar. Touchscreen banyak digunakan dalam beberapa benda yang berbeda seperti mesin ATM, ponsel, *game* konsol, komputer pribadi hingga sistem *point-of-sale*.

Touchscreen ini sangatlah bervariasi, secara signifikan tergantung dari spesifikasinya baik itu dari segi harga, kegunaan, daya tahan dan kejernihan gambar. **Jenis Monitor Touchscreen** Monitor touchscreen memiliki dua jenis layar yang berbeda, yakni layar CRT dan LCD.

CRT adalah singkatan dari *Cathode Ray Tube*. Monitor CRT menggunakan teknologi yang mirip dengan apa yang digunakan dalam satu set televisi. Layar CRT sini sudah ada sejak lama dan merupakan jenis yang paling umum dari monitor. Salah satu keuntungan dari layar CRT ini adalah mereka cenderung memiliki harga yang lebih murah.

Sementara kelemahannya terletak pada ukurannya yang besar dan tebal sekaligus menyita banyak ruang. Sedangkan jenis monitor touchscreen yang bernama LCD *(Liquid Crystal Display)* dikenal sebagai monitor layar datar. Jenis monitor touchscreen yang satu ini termasuk kepada jenis teknologi yang lebih baru dan lebih maju daripada apa yang digunakan dalam layar CRT. Monitor LCD umumnya lebih mahal tetapi mereka hemat ruang.

Monitor lCD juga menggunakan lebih sedikit daya dan tidak memancarkan radiasi berbahaya. **Sensor Touchscreen** Monitor touchscreen menggunakan salah satu dari empat sensor, di antaranya: " Monitor resistif Resitif adalah jenis yang paling populer dari touchscreen, khususnya pada ponsel. Mereka murah, tahan lama dan tahan terhadap debu dan air. Namun mereka mudah tergores oleh benda tajam yang dapat membuat mereka kurang sensitif dari waktu ke waktu. Hal ini tentu saja dapat mengurangi sensitifitas tekanan dalam sentuhan pada layar.

Selain itu, monitor resistif juga tidak dapat mendeteksi dua sentuhan pada satu waktu. " Monitor Kapasitif Touchscreen kapasitif lebih mahal daripada touchscreen resistif. Mereka menyediakan gambar yang lebih jelas dan dapat mendeteksi lebih dari satu sentuhan pada suatu waktu. Mereka juga tidak terpengaruh oleh debu dan cairan serta tidak mudah tergores. " Monitor Infrared Monitor infrared atau inframerah merupakan jenis monitor yang paling mahal dari empat monitor yang ada.

Mereka sangat tahan lama dan tahan terhadap debu, air dan goresan. Biasanya mereka digunakan oleh orang-orang militer dan bidang industry, tetapi monitor infrared juga dapat ditemukan pada beberapa ponsel. " Surface Wave Monitor touchscreen ini tidak banyak digunakan. Keuntungan utama dari jenis layar ini yakni hasil gambar yang ultra jernih. Namun sayangnya mereka tidak tahan terhadap debu atau cairan.

**Resolusi gambar touchscreen** Resolusi touchscreen merupakan suatu petunjuk yang bisa memberitahu Anda mengenai seberapa tajamkah gambar yang kelak akan dihasilkan. Resolusi gambar diukur dalam piksel. Monitor touchscreen biasanya memiliki resolusi mulai dari 640 hingga 480 piksel atau 1600 hingga 1200 piksel. Semakin tinggi resolusi, semakin jelas hasil gambar yang akan terlihat. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel