Sejarah Modem dan Perkembanganya dari Masa ke Masa (Part 1)

8 Mar 2013 08:00 6515 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Modem memegang peranan yang sangat penting karena perangkat tersebut mengakomodasi kecepatan dari sebuah koneksi internet. Pada artikel kali ini Plimbi akan membahasa secara rinci sejarah modem mulai dari awal kelahirannya hingga modem masa kini yang sangat cepat dan praktis. Simak ulasannya berikut ini.

Perkembangan pesat yang terjadi di dunia internet tidak bisa terlepas dari peran penting sebuah perangkat yang bernama modem. Modem memegang peranan yang sangat penting karena perangkat tersebut mengakomodasi kecepatan dari sebuah koneksi internet. Pada artikel kali ini Plimbi akan membahasa secara rinci sejarah modem mulai dari awal kelahirannya hingga modem masa kini yang sangat cepat dan praktis. Simak ulasannya berikut ini.

1943: Kelahiran Modem

Di awal kemunculannya, sejarah modem tumbuh karena kebutuhan yang tinggi akan sebuah mesin yang mampu mengirimkan data melalui sambungan kabel telepon biasa. Pada tahun 1943, IBM membuat modem pertama di dunia yang mampu mengirimkan data dengan kecepatan 25 bits per detik.

1948: Awal Mula Penggunaan Modem Teletype

Di akhir tahun 40-an, pasukan militer Amerika Serikat membutuhkan sebuah alat yang dapat mengirimkan ratusan gambar radar yang sangat berguna untuk Perang Dingin. Akhirnya, mereka menggunakan modem teletype untuk mengirimkan berbagai macam gambar tersebut ke seluruh penjuru Amerika.

1958: AT&T Digital Subset

Pada tahun 1958, AT&T berhasil mengembangkan dan memproduksi modem komputer pertama yang disebut Digital Subset. Modem tersebut mampu menghubuungkan komputer SAGE di wilayah Amerika dan Kanada serta memiliki kecepatan sebesar 110 bits per detik. Dengan kecepatan itu, diperlukan waktu 15 jam untuk membuka sebuah halaman web dan diperlukan waktu 20 menit untuk membuka sebuah email.

1962: Bell 103 Data Phone

Pada tahun 1962, AT&T memperkenalkan perangkat Bell 103 Data Phone yang mampu mengirimkan data pada kecepatan 300 bits per detik. Modem ini dapat mengirimkan data digital pada saluran telepon biasa. Hingga saat ini modulasi Bell 103 masih banyak dipakai untuk radio gelombang pendek dan juga radio amatir.

1977: Hayes 80-130A

Di tahun 1977, Dale Heatherington dan Dennis Hayes berhasil menciptakan modem pertama bagi PC yang disebut Hayes 80-130A. Sejarah modem ini sangatlah populer di Amerika karena menawarkan fitur yang menarik dengan harga yang terjangkau. Selain itu, modem ini juga sangat digemari karena kebanyakan masyarakat belum pernah merasakan pengalaman berinternet sebelumnya.

Secara tidak sengaja, modem Hayes 80-130A ini diluncurkan pada tahun yang sama dengan peluncuran perangkat Apple II. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut menaikan popularitas Apple untuk menjadi salah satu brand ternama di dunia.

1981: Hayes Smartmodem

Pada tahun 1981, muncullah Hayes Smartmodem yang menawarkan kecepatan hingga 300 bps. Modem ini juga memiliki fitur untuk mengontrol telepon yang sama seperti modem telepon yang ada pada saat ini, seperti melakukan dialing, menahan, dan memutuskannya. Saat itu Hayem Smartmodem juga menawarkan versi modem yang memiliki kecepatan 1200 bps yang merupakan modem tercepat pada masa itu. Dengan kecepatan 1,2 Kbps Anda dapat membuka email berukuran 10 kb selama 2 menit, membuka halaman web selama satu setengah jam, dan mendownload sebuah lagu mp3 selama sebelas jam.

Pertengahan 80an

Pada masa ini IBM menguasai hampir seluruh pasar komputer, dan pada masa ini juga mulai diperkenalkan modem card untuk PC. Kecepatan modem pada saat itu berkisar antara 2400 bps yang kemudian meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun menjadi 4800 bps, 9600 bps, hingga 28800 bps. Pada masa itu harga modem sangatlah mahal, yaitu sekitar Rp 10 juta sehingga hanya orang-orang tertentu sajalah yang dapat membelinya.

Pertengahan 90an

Memasuki tahun 90an, modem yang beredar di pasaran memiiki kecepatan antara 28,8 Kbps hingga 33,6 Kbps. Pada masa ini pula modem internal PCI merupakan salah satu komponen standar yang ada di setiap PC dan laptop. Pada era ini juga mulai diperkenalkan modem yang bernama Winmodem yang meringankan kerja hardware ke software. Inovasi ini juga membuat modem menjadi murah di pasaran.

Dengan semakin meningkatnya kecepatan dan penggunaan modem, surat eektronik atau yang biasa disebut dengan email juga semakin populer di pertengahan tahun 90an. Pasalnya pada saat itu sebuah modem dapat mengirim email hanya dalam waktu 3 atau 4 detik saja. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel