Bagaimana Cara Merubah Password Windows 8?

1 Mar 2013 08:30 10977 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini kita akan membahas beberapa tips mengenai cara merubah Password Windows 8 yang kita miliki. Biasanya Windows 8 sudah memberikan *password* bawaan untuk para penggunanya.

Kali ini kita akan membahas beberapa tips mengenai cara merubah Password Windows 8 yang kita miliki. Biasanya Windows 8 sudah memberikan password bawaan untuk para penggunanya. Dalam arti kata lain, password Windows 8 yang kita gunakan untuk log In akan sama dengan password akun Microsoft yang ada. Akan tetapi jangan khawatir terlebih dahulu, kali ini kita akan berbagi informasi tentang tahapan-tahapan dalam merubah password tersebut. Kecanggihan lain yang ditawarkan Windows 8 yaitu kita dapat menggunakan password yang dikemas dengan bentuk gambar dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Windows terbaru dari Microsoft ini juga memiliki fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows yang lama, contohnya seperti kemampuan dalam log on automatically secara tersembunyi. Kelebihan baru yang dimiliki Windows 8 seperti password dalam bentukan gambar, password ini dapat digunakan oleh segala jenis akun penggunanya.

Log In Windows 8 Secara Otomatis

Kata kunci atau yang lebih sering kita kenal sebagai password merupakan hal terpenting mengenai keamanan dalam sebuah system komputer maupun system lain. Namun terkadang kita tidak mau terlalu memperhatikan hal tersebut dengan berbagai macam pertimbangan. Jika kita menggunakan Desktop Computer, kita dapat menentukan pilihan dalam penggunaan kata kunci ini. Kita bisa saja memilih untuk tidak melakukan tahapan dalam menggunakan kata kunci secara manual dan memilih untuk langsung melakukan log in secara otomatis.

Untuk melakukan langkah tersebut, kita cukup menekan tombol Windows + R untuk membuka "Run Dialog”. Kita ketik netplwiz dalam kolom "Dialog Box” kemudian tekan "Enter”. Setelah itu akan muncul User Account dan kita dapat melakukan proses uncheck pada kolom yang bertuliskan User must enter a username and password to use this computer. Kemudian kita tinggal klik tombol "Ok”.
Setelah proses ini berjalan, kita akan diminta untuk memasukan password yang kita miliki. Windows akan mengingat dan menggunakan password tersebut untuk proses log in secara otomatis. Sehingga kita tidak perlu melakukan proses log in secara manual.

Cara Merubah Password Windows 8

Tahapan selanjutnya yaitu bagaimana cara merubah password Windows 8 !!! Jika kita ingin merubah kata kunci yang ada, kita mulai dengan membuka "Setting Charm” (tekan tombol Windows + I untuk membuka "Setting Charm”) pilih "Change PC Setting”. Kita pilih User Category dan klik kolom yang bertuliskan Change Your Password. Setelah itu kita akan diminta untuk menuliskan password lama dan menggantinya dengan password baru.
Perlu diperhatikan jika kita ingin melakukan proses dalam merubah password ini. Kita tidak dapat mengubah password akun Microsoft dari "Control Panel”. Kita hanya akan dialihkan ke proses pengaturan aplikasi PC atau PC Setting Aplication. Jika kita menggunakan local user account bukan akun Microsoft, kita dapat melakukan langkah tersebut dari "Control Panel” seperti biasanya.

Cara Me-reset Akun Microsoft

Jika dalam hal ini kita menggunakan akun Microsoft bukan local user account, kita dapat melakukan proses reset password secara online (jika kita lupa password yang kita gunakan). Untuk menjalankan proses tersebut, kita kunjungi website resmi Microsoft yaitu The Reset Your Password Page. Kita tinggal masukan alamat email yang kita punya dan "Enter” kode CAPTCHA untuk mengkonfirmasi bahwa proses tersebut dijalankan oleh manusia bukan robot atau mesin canggih lainnya. Terdapat beberapa cara dalam menerima reset link, termasuk melalui alamat email yang berkorelasi dengan akun kita, SMS, dan PC yang kita percaya untuk mengakses akun Microsoft kita.

Cara Me-reset Password Local Account

Selanjutnya yaitu cara merubah password yang kita gunakan untuk local user account. Nah untuk tahapan ini, kita menggunakan cara tradisional atau cara lama dalam mengaksesnya. Tidak jauh berbeda dengan Windows 7, Windows 8 memiliki tahapan-tahapan yang memberikan kita kuasa untuk membuat password reset disk. Dalam melakukan langkah ini, kita coba tekan tombol Windows untuk mengakses Start Screen, lalu ketik password reset disk dan pilih Setting Category. Kemudian langkah terakhir, membuat password reset disk sesuai dengan keinginan kita.

Cara Membuat Password Gambar

Windows 8 memberikan inovasi baru dengan membuat password log in menggunakan sebuah gambar. Seperti hal-hal baru dalam Windows 8 ini, fitur ini dibuat khusus bagi para pengguna touch screen atau dengan kata lain layar sentuh, tahapan ini lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan penggunaan password yang diketik. Akan tetapi, password ini juga memiliki kekurangan. Password gambar ini masih bisa dibuka begitu saja dengan menggerakan sentuhan jari ke layar sentuh. Password dalam bentuk gambar ini tidak merubah password awal yang kita gunakan. Ini hanya menjadi aplikasi alternatife yang dapat kita gunakan dalam proses log in. Kita juga masih dapat menggunakan password yang lama tanpa ada proses merubah password lama.

Kesimpulan

Kecanggihan jaman serba maju sekarang ini sudah memberikan kemudahan dan keamanan lebih bagi para penggunanya. Jangan sampai kita lalai dengan mengabaikan keamanan. Tidak ada salah bagi para pecinta gadget khususnya untuk menggunakan media pengaman yang sesuai dengan tingkat keamanan yang lebih baik. Windows 8 kali ini memberikan Anda ketenangan dalam berkomunikasi dengan berbagai fitur-fitur password sebagai pengaman alat komunikasi kita agar terhindar dari tangan-tangan jahil.[NRH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel