Menggunakan 10 Trik Photoshop Favorit pada GIMP (part-1)

13 Dec 2011 18:00 6790 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda dapat melakukan apa saja pada sebuah foto dengan Photoshop, tetapi jika Anda tidak memiliki *budget* untuk membeli *software* original Adobe Photoshop, Anda tetap bisa menerapkan **trik Photoshop** menggunakan program gratis GIMP yang tersedia untuk Windows, Linux, dan OS X.

Anda dapat melakukan apa saja pada sebuah foto dengan Photoshop, tetapi jika Anda tidak memiliki budget untuk membeli software original Adobe Photoshop, Anda tetap bisa menerapkan trik Photoshop menggunakan program gratis GIMP yang tersedia untuk Windows, Linux, dan OS X.

Berikut 10 trik Photoshop favorit yang juga bisa diterapkan pada GIMP:

Penyempurnaan Foto dengan Mengedit Pewarnaan

Menyempurnakan foto dengan mengedit pewarnaan adalah salah satu trik Photoshop paling banyak digunakan, dan tool untuk melakukan hal tersebut sebagian besar juga tersedia pada GIMP. Memang GIMP tidak memiliki "histogram" canggih seperti pada Photoshop, tetapi Anda bisa menggantikannya dengan mengakses "Color Balance," "Levels," dan "Curves tools" pada menu "Color" di toolbar.

Trik Photoshop "Auto Tone" bisa digantikan dengan "White Balance" pada menu "Colors -> Auto" GIMP. Dan tool standar Photoshop "Healing Brush" dan "Clone Stamp" bisa Anda temukan di toolbox GIMP dengan ikon yang sama.

Remove Red Eye

Remove Red Eye adalah fitur standar yang umumnya banyak terdapat pada software edit foto lainnya, begitu juga dengan GIMP. Kelebihannya adalah proses dan langkah trik Photoshop ini sangat mirip dalam penerapannya di GIMP.

Whiten Teeth

Berbeda dengan Remove Red Eye, Whitening teeth yang dapat dengan mudah dilakukan menggunakan Photoshop, butuh upaya yang lebih rumit pada GIMP. Trik Photoshop ini membutuhkan tool "Sponge" dan "Dodge," dan sayangnya GIMP tidak memiliki tool "Sponge," hanya "Dodge." Jadi Anda harus mengakalinya dengan menciptakan layer baru, mengubah saturation (tingkat kejenuhan) layer tersebut, dan menggunakan "eraser" untuk memisahkan gigi.

Menghilangkan Noda

Menghilangkan noda, khususnya noda wajah pada foto close-up, sangat umum digunakan. Dan trik Photoshop ini dapat dilakukan menggunakan GIMP semudah menggunakan Photoshop. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, GIMP memiliki "Clone Stamp" dan "Healing Brush" yang merupakan tool wajib untuk menghilangkan noda pada foto. Ditambah plugin "Resynthesizer" GIMP yang berfungsi mirip dengan "Content-Aware Fill" yang diperkenalkan oleh Photoshop CS5, ketiga tool tersebut merupakan kombinasi yang pas untuk trik photoshop ini.

Anda bisa membaca lanjutan pembahasan ini di artikel Paseban selanjutnya

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel