Tablet Android Vs iPad: Apakah Tablet Android Sekarang Ini Lebih Baik Dari iPad?

28 Feb 2013 12:00 20840 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persaingan antara Android dan iOS dari Apple sudah tidak menjadi rahasia lagi. Keduanya terus berlomba-lomba menjadi yang terbaik,

Persaingan antara tablet Android vs iPad sudah tidak menjadi rahasia lagi. Keduanya terus berlomba-lomba menjadi yang terbaik di semua lini perangkat mobile, dengan mengeluarkan produk-produk dan inovasi baru. Tak dapar dipungkiri, adanya persaingan antar kedua pihak ini memberikan para konsumen banyak pilihan perangkat mobile, karene produk baru terus diluncurkan untuk menahan laju pesaingnya.

Walaupun terus mengalami perkembangan, tampaknya Android belum dapat meraih pengguna tablet sebanyak iPad dari Apple pada kelas tablet, apabila hal ini dilihat berdasarkan satu jenis produk yang dikeluarkan suatu pabrikan. Apple memang mendominasi kelas tablet ini, tetapi mengapa hal ini dapat terjadi? Apakah produk iPad memang baik, atau tablet Android mungkin saja lebih baik dari iPad, namun pemasaran Apple yang efektif adalah ujung tombaknya? Hal yang sulit untuk diprediksi, namun bukan tidak mungkin dapat diulas lebih dalam.

Sebelum melihat rival terberatnya yaitu jajaran tablet Android, ada baiknya kita mengetahui mengapa iPad dapat bekerja dengan baik. Beberapa pengguna Android mungkin akan mengatakan harga produk Apple terlalu mahal, dan tidak sesuai dengan jeroannya. Namun benarkah seperti itu? Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan alasan mengapa produk Apple yang satu ini begitu dominan.

Kualitas layar

iPad menawarkan layar berkualitas tinggi dibandingkan dengan kompetitornya, bahkan dapat dikatakan sebelum teknologi retina display diperkenalkan. Setelah Apple menyematkan teknologi retina pada perangkatnya, kompetitor menandinginya dengan meningkatkan kerapatan pixel yang tinggi. Akurasi pewarnaan dan tingkat kecerahan juga akan bekerja baik pada tablet Apple.

Kecepatan

Apple adalah salah satu dari perusahaan yang menyematkan prosessor terbaik pada perangkatnya. Performa adalah tujuan utama dari penggunaan prosessor ini. Benchmark secara konsisten memperlihatkan jika iPad merupakan salah satu tablet tercepat didunia. Performa GPU akan berjalan dengan baik, hanya sedikit sekali tablet Android yang dapat menandinginya.

Daya tahan baterai

Selain memiliki kelebihan dalam kecepatan, Apple juga berfokus pada daya tahan baterai. Ini jugalah salah satu alasan mengapa produk iPad semakin tipis pada setiap versi yang baru dikeluarkan, berdasarkan pada teknologi baterainya. Daya tahan baterai pada iPad memiliki kinerja yang diatas rata-rata para pesaingnya. Apalagi, isu baterai masih menjadi masalah pada perangkat Android, begitu juga pada tablet Android.

App Store

Ketika Google me-realease Android untuk tablet, mereka tidak mendorong developer untuk membuat aplikasi yang spesifik untuk tabletnya. Aplikasi yang ada, dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat. Apple mengambil jalan yang berbeda, dengan mendorong para developer untuk fokus membuat aplikasi yang hanya diperuntukkan bagi tablet. Inilah mengapa iPad memiliki banyak aplikasi yang baik, dan hanya beberapa aplikasi yang dapat bekerja baik pada tablet Android.

Kesimpulan

iPad dari Apple memiliki berbagai hal yang diinginkan oleh penggunanya. iPad merupakan tablet yang atraktif dan cepat, dan inilah yang dijadikan titik kelebihannya. Lebih lagi, fitur-fitur yang ada didalamnya dan layar kualitas tinggi membuat Apple mendominasi dunia tablet sekarang ini dengan iPad buatannya.

Sekarang, kita telah mengetahui berbagai kelebihan dari iPad. Lalu, bagaimana dengan pesaingnya, yaitu jajaran tablet Android? Ada beberapa tablet Android yang dapat menyaingi kebesaran iPad, salah satunya adalah tablet kesayangan Google yaitu Google Nexus 10. Tablet ini adalah pesaing yang sebenarnya bagi iPad, dan merupakan salah satu tablet Android terbaik saat ini. Google Nexus 10 dapat mengalahkan iPad dalam beberapa benchmark. Ditambah dengan resolusi layar tingkat tinggi, tidak ada yang meragukan kemampuan Nexus 10. Pesaing terberat lainnya adalah Kindle Fire HD 8.9. Apa yang ditawarkan tablet Android ini? Dengan harga yang jauh lebih murah dari iPad, tablet ini memiliki spesifikasi yang dapat dibandingkan dengan iPad. Bisa dikatakan, ini adalah versi murah dari iPad. Dan, iPad perlu berbenah dengan pesaing sempurna yang datang dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy Note 10.1. Dengan spesifikasi yang begitu tinggi, tak ada yang meragukan kualitasnya. Semua yang ditawarkan GalaxNote 10.1 pada hardware-nya di atas rata-rata jajaran tablet Android lainnya.

Jika terdapat pertanyaan, apakah tablet Android lebih baik dari iPad? Ya, untuk sekarang ini. Pada beberapa tablet Android kelas tinggi, Anda akan menemukan kelebihan yang sempurna untuk diperbandingkan dengan iPad. iPad memang masih menjadi raja, namun Apple perlu terus melakukan inovasi pada iPad, jika tidak mau pengguna setianya berpaling pada produk tablet Android.[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel