Lakukan 4 Cara Menghemat Kuota Internet Ini Agar Meminimalisir Pengeluaran

28 Feb 2013 06:30 9677 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Internet sudah menjadi satu bagian dengan perangkat yang kita miliki sekarang ini, khususnya perangkat Android dan iOS.

Internet sudah menjadi satu bagian dengan perangkat yang kita miliki sekarang ini, khususnya perangkat Android dan iOS. Semua informasi yang ada bisa kita dapatkan hanya dengan berjelajah di dunia maya menggunakan browser. Namun, berinternet menggunakan perangkat mobile tidak tanpa resiko. Jika Anda memiliki penggunaan data internet yang terbatas, Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan jika Anda memiliki mobilitas tinggi dengan memanfaatkan penggunaan data internet ini. Tetapi, apakah pengeluaran ini akan sesuai dengan hasil yang Anda dapatkan? Apakah pengeluaran biaya yang lebih untuk berinternet dapat memberatkan Anda? Dan mengapa Anda dapat menggunakan data sebanyak itu sehingga harus mengeluarkan biaya berlebih? Ketika pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul, maka sulit untuk menemukan jawaban yang tepat, karena internet telah menyatu dengan diri kita. Anda tidak dapat menghindari hal-hal itu. Namun dengan beberapa cara menghemat kuota internet yang diterapkan pada perangkat mobile Anda, maka Anda dapat menghemat penggunaan data internet. Bagaimana langkah-langkahnya?

Memanfaatkan Wi-fi

Hampir semua smartphone atau tablet memiliki kemampuan menggunakan jaringan data melalui Wi-fi. Anda dapat memanfaatkan sambungan ini untuk berbagai perangkat yang ada di rumah seperti untuk menghubungkan komputer, laptop, dan tentu saja perangkat mobile Anda dengan internet. Sekali terhubung, maka Anda tidak memerlukan penggunaan data internet lagi.

Untuk pengguna Android dan iOS, mereka dapat mengakses jaringan Wi-fi ini melalui menu Settings, kemudian aktifkan Wi-fi dan kemudian tap untuk membuka daftar jaringan yang tersedia. Hubungkan dengan jaringan Wi-fi yang ada, dan kini Anda dapat berselancar di dunia maya tanpa menggunakan jaringan data. Khusus untuk pengguna iOS, mereka dapat menonaktifkan penggunaan data melalui Settings > General > Cellular. Scroll ke area bawah menu dan Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan penggunaan data. Dengan menon-aktifkannya, maka ini akan mengurangi penggunaan data internet.

Memonitor penggunaan data

Pada versi 4.0 ke atas, Android telah menyematkan fitur monitor data. Fitur ini dapat diakses melalui Settings > Data Usage, dan kemudian akan memperlihatkan seberapa besar data digunakan pada setiap aplikasi dan secara keseluruhan. Tap pada suatu aplikasi pada menu ini akan membuka pengaturan penggunaan datanya bila tersedia.

Untuk pengguna layanan iOS, detail data dapat Anda akses melalui Settings > General > Usage > Cellular Usage. Anda dapat melihat seberapa banyak penggunaan data secara keseluruhan, tetapi tidak per aplikasi. Selain itu, Anda dapat juga mengunduh aplikasi untuk memonitor data seperti misalnya Onavo.

Setelah Anda dapat memonitor penggunaan data, Anda dapat melihat aplikasi apa yang membuat pengeluaran biaya Anda menjadi boros. Dan setelah itu, Anda dapat mencegah aplikasi tersebut untuk mengakses jaringan data, atau bisa pula Anda meng-uninstall-nya. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan penggunaan data yang bisa menyebabkan keborosan, seperti mungkin Anda sering melakukan streaming video melalui YouTube.

Menon-aktifkan konten push

Konten Push ini merupakan data yang otomatis terpakai tanpa interaksi dengan penggunanya terlebih dahulu. Ini bukan merupakan penggunaan data seperti yang biasa Anda temui. Misalnya, dengan tingginya tingkat penggunaan email atau pemanfaatan media sosial secara konstan, maka hal seperti ini akan sedikit demi sedikit menggerogoti penggunaan data internet, dan hal ini akan berbahaya jika dibiarkan.

Pengguna Android versi 4.0 ke atas dapat menonaktifkan konten push pada setiap aplikasi melalui menu Data Usage. Cukup tap pada suatu aplikasi di dalam menu, dan kemudian tap pada tombol View App Settings. Pengguna juga dapat mengubah pengaturan sinkronisasi dari akun Google dan media sosial dengan pergi ke menu Settings > Accounts or Settings > Accounts and Sync. Anda juga akan menemukan opsi yang relevan pada perangkat iOS melalui Settings > Notifications.

Mengganti tipe jaringan data

Sekarang ini, smartphone telah dilengkapi dengan jaringan 3G hingga 4G. Ini berarti, kecepatan koneksi dan penggunaan data internet akan berbeda pada setiap jaringan datanya. Anda dapat mengurangi penggunaan data internet dengan menurunkan level jaringan data tersebut. Misalnya, khusus untuk perangkat mobile dengan jaringan 3G, Anda dapat menurunkan menjadi tipe jaringan 2G, bila Anda dalam situasi yang tidak memerlukan penggunaan data yang konstant, atau mungkin saat perangkat sedang tidak digunakan.[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel