Situs-Situs E-Commerce Paling Populer di Indonesia

26 Feb 2013 21:30 7626 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut adalah daftar sembilan situs e-commerce yang paling populer di Indonesia sejak dari tahun 2011, dan untuk daftar situs e-commerce paling populer pada tahun tahun 2013 ini, waktu yang akan menjawabnya untuk bisa mengetahui situs e-commerce terpopuler tahun 2013.

Berikut adalah daftar situs e-commerce yang paling populer di Indonesia sejak dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Dengan kemunculan banyak situs online memberikan warna tersendiri kepada perkembangan dunia online di Indonesia.

Kaskus

Salah satu situs forum paling besar di Indonesia adalah Kaskus, dan juga merupakan forum pusat jual beli online, dan salah satu situs yang memperkenalkan konsep platform e-commerce C2C di Indonesia. Situs ini juga telah berubah tampilan designnya, dan telah mengeluarkan versi mobile pada tahun yang lalu.

Kaskus menawarkan sistem dimana para pengguna dapat menjual sebanyak apapun item di Kaskus, dan mereka juga bisa mendapatkan banyak calon pembeli. Ada banyak penjual yang membuat banyak thread atau lapak serta mengirimkan iklan di forum jual beli.

Kaskus juga berhasil menawarkan metode pembayaran terbaru yang disebut KasPay untuk pada pebisnis yang menggunakan forum Kaskus sebagai tempat transaksi jual beli, ada juga fitur marketplace, dimana dengan menggunakan fitur ini, akan menggunakan sistem KasPay sebagai media pembayaran transaksi jual beli.

Dari sisi Alexa Ranking: Kaskus mempunyai Alexa 361 dan mendapatkan peringkat ke sembilan di Indonesia, hanya kalah dari situs detik.com yang merupakan situs dengan rangking paling tinggi di Indonesia

TokoBagus

TokoBagus adalah situs marketplace lain yang menawarkan konsep customer to customer, dan situs ini juga telah berhasil menarik banyak pengunjung, situs jualbeli online ini juga menawarkan konsep untuk para pengguna dapat memposting iklan mereka secara gratis di sana. Perusahaan ini juga cukup agresif untuk dapat memasang iklan video mereka di beberapa media online, termasuk di iklan bioskop.

Di tahun 2012 TokoBagus berhasil membawa beberapa penghargaan terbaik dalam situs e-commerce di berbagai kategori, seperti kategori layanan antarmuka terbarik, dan dari sisi strategi pemasaran terbaik. Perusahaan yang juga menjadi salah satu merk paling dicari kedua di Indonesia menurut versi Google. Pada tahun yang sama, TokoBagus ingin mengembangkan ekspansi bisnis untuk dapat melihat peluang baru dalam dunia online.

Dari sisi rangking, TokoBagus menempati peringkat ke 891 secara global dan berada pada posisi ke 15 di Indonesia.

Berniaga

Untuk posisi ketiga sebagai situs e-commerce Indonesia yang terlaris adalah adalah Berniaga. Pada bulan Mei tahun lalu, perusahaan ini mengklaim mempunyai sekitar 15.000 iklan baru yang diposting setiap hari di situs ini. Berniaga dimiliki oleh Singapore Press Holding dan Norwegia berbasis Media Baris Schibsted.

Dari sisi Alexa: Berniaga menempai peringkat 1.728 secara global, tetapi di Indonesia, Berniaga menempati peringkat ke 22.

Dengan melihat tiga situs e-commerce yang ada di Indonesia menurut Alexa, TokoBagus terlihat menjadi salah satu situs yang menghabiskan banyak dana untuk promosi, sedangkan Berniaga lebih kepada bagaimana menarik pengunjung secara online, untuk Kaskus sendiri disebut sebagai situs yang paling terlihat user friendly jika dibandingkan dengan dua situs yang lainnya. Kaskus dan TokoBagus hadir sebagai situs e-commerce yang paling populer sebelum adanya Berniaga. Dan situs Kaskus sudah terlebih dahulu terkenal dan mempunyai banyak komentar dari para pengunjung, serta beberapa sebutan yang familiar seperti "agan” untuk sebutan orang, dan "cekidot” berarti mengecek jasa yang ditawarkan. Tetapi dibalik itu, TokoBagus tetap merupakan situs online yang telah menghabiskan banyak uang untuk promosi.

Multiply

Situs Multiply adalah salah satu situs yang juga menawarkan kepada para pengguna untuk dapat membuat toko online mereka, tetapi bukan hanya dengan cara posting berupa thread forum terbaru. Di beberapa negara seperti Cina, situs sepert ini telah sukses di pasaran, dan juga menawarkan penggunanya dapat menggunakan beberapa pilihan pembayaran seperti transfer bank dan kartu kredit. Multiply sedang menyiapkan dirinya untuk dapat menjadi situs e-commerce pada tahun 2013, dengan menggunakan platform blogging serta rebranding

Alexa Ranking: Di Indonesia, Multiply berada di peringkat 47, dan telah mempunyai nama yang cukup terkenal di Internasional, berada di peringkat 17 di Filipina dan 170 di India, secara global, situs ini menempati peringat 705.

Plimbi

Selama ini Plimbi dikenal sebagai jejaring sosial Indonesia yang didalamnya terdapat berbagai komunitas yang salah satunya adalah Jual Beli. Member Plimbi pun sudah banyak yang sukses melakukan jual beli lewat Jejaring Sosial Plimbi. Di sisi lain Plimbi lewat Portal juga sudah sering mereview handphone, tablet dan gadget terbaru, selama itu juga sering sekali pembaca Plimbi menanyakan apakah produk tersebut bisa dibeli lewat Plimbi.

Karena itulah yang membuat Plimbi pada tahun ini akan kebutuhan member Plimbi dengan membuat Plimbi e-commerce. Dengan Plimbi e-commerce inilah Anda bisa langsung melakukan jual beli yang terpercaya ditambah lagi dengan membaca review langsung produk yang diperjualbelikan. Hal ini lah yang membuat membedakan Plimbi dengan e-commerce yang lain. Selain itu tentu Plimbi e-commerce juga memiliki kelebihan lain yang tentu tidak dimiliki e-commerce lainnya, seperti apa Plimbi e-commerce? Kita tunggu saja sepak terjang Plimbi sebagai e-commerce di Indonesia. [CHN/HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel