Sejarah 10 Istilah Serta Nama Perusahaan IT Yang Terkenal

21 Feb 2013 09:00 6495 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernahkah terlintas di pikiran Anda dari manakah nama teknologi -Bluetooth- berasal? Atau kenapa ada perusahaan yang menamai dirinya -Apple-? Oleh karena itu pada artikel kali ini Paseban akan mengulas sejarah beberapa nama perusahaan IT yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Pernahkah terlintas di pikiran Anda dari manakah nama teknologi ‘Bluetooth’ berasal? Atau kenapa ada perusahaan yang menamai dirinya ‘Apple’? Selain kedua nama tersebut mungkin masih banyak istilah dan perusahaan IT terkenal lain yang memiliki nama yang cukup aneh seperti Adobe, Google, Yahoo, dan lainnya. Oleh karena itu pada artikel kali ini Paseban akan mengulas sejarah beberapa nama perusahaan IT dan istilah dalam dunia IT yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin Anda juga akan tercengang ketika mengetahui bahwa nama-nama tersebut justru datang dari sesuatu yang tidak ada hubungannya sama sekali.

Adobe Perusahaan pertama yang akan dibahas adalah Adobe. Ternyata, perusahaan IT ini mengambil nama Adobe dari nama sebuah sungai di California yang bernama Adobe Creek. Sungai itu sendiri mengalir dibelakang rumah salah satu pendiri Adobe yaitu John Warnock.

Apache Software Foundation Perusahaan ini merupakan sebuah korporasi non-profit yang mendukung proyek-proyek software Apache. Nama perusahaan ini bermula ketika sang developer membuat patch file untuk meningkatkan kinerja web server pertama mereka. Server tersebut kemudian dijuluki sebagai "a patchy server” yang kemudian diplesetkan menjadi Apache.

Apple Computers Terdapat banyak sekali mitos seputar nama perusahaan pembesut iPhone ini, namun kesemua mitos tersebut berakar pada satu nama yaitu Steve Jobs. Banyak rumor yang mengatakan jika apel merupakan buah kesukaan Jobs. Ada juga yang mengatakan bahwa Jobs selalu pergi ke kebun apel jika dia sedang merasa bahagia. Apapun asal usulnya, yang jelas Steve Jobs-lah yang mengusulkan nama Apple untuk dijadikan nama perusahaannya. Saat itu sang co-founder Apple yaitu Steve Wozniak juga menyetujui nama ini karena tidak ada nama lain yang lebih baik dari itu.

Bluetooth Bluetooth merupakan teknologi yang cukup populer di dunia ponsel. Sangat sulit memang untuk mengetahui asal muasal dari nama ini jika Anda bukanlah seorang yang menyukai sejarah. Pasalnya, nama ini terinspirasi dari nama raja Denmark dan Norwegia pada abad ke 10 yaitu Harald Blatand. Pada masa itu, Blatand berhasil menyatukan seluruh kerajaan yang ada di Denmark. Karena hal itu pulalah nama Blatand kemudian diterjemahkan menjadi Bluetooth yang berfungsi untuk menyatukan berbagai macam perangkat yang berbeda dengan sebuah teknologi yang sama.

Booting Booting merupakan sebuah proses loading sistem operasi yang ada di komputer. Istilah booting ini terinspirasi dari sebuah idiom berbahasa Inggris yang berbunyi to pull oneself up by one’s bootstraps. Istilah tersebut menggambarkan usaha seseorang untuk meraih kesuksesan tanpa bantuan orang lain.

Google Karena kepopuleran perusahaan yang satu ini, maka mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui asal usul namanya. Awalnya, perusahaan ini akan diberi nama "Googol” yaitu sebuah bilangan angka yang sangat banyak dengan angka 1 dan seratus 0 di belakangnya. Nama Googol tersebut kemudian diplesetkan menjadi Google karena nama Google sendiri belum ada yang mendaftarkannya di internet.

SPAM Pada awalnya, spam bukanlah istilah untuk email sampah karena pada tahun 70an spam merupakan sebuah merek dari makanan kaleng yang dapat dimakan secara dingin atau panas. Setelah itu barulah muncul spam di internet yang menggunakan nama merek tersebut sebagai sebuah lelucon.

TWAIN TWAIN merupakan sebuah standar untuk menghubungkan dua perangkat gambar yang berbeda, seperti scanner dan kamera digital, ke berbagai aplikasi desktop. Nama TWAIN sendiri tidak ada sangkut pautnya dengan salah seorang penulis terkenal yaitu Mark Twain, karena nama ini diambil dari kata bahasa Inggris di jaman pertengahan yang berarti two pieces atau dua buah.

Ubuntu Salah satu sistem operasi Linux berbasis Debian yang terkenal ini mengambil nama dari sebuah filosofi unik. Istilah tersebut diambil dari bahasa Bantu yang ada di wilayah Afrika Selatan yang memiliki arti tentang kebebasan dan keterbukaan bagi setiap orang.

Yahoo! Yahoo merupakan sebuah tokoh fiksional yang terdapat dalam novel Gulliver’s Travels karya Jonathan Swift. Dalam novel itu Yahoo digambarkan sebagai sebuah makhluk primitive yang tidak berbudaya. Ternyata, istilah Yahoo tersebut digunakan oleh pacar salah satu pendiri perusahaan ini yaitu David Filo untuk menyebut dirinya. Akhirnya, istilah tersebut juga dijadikan nama perusahaan yang didirikannya. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel