Kumpulan Shortcut Adobe Photoshop Dasar

12 Feb 2013 19:00 6789 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Adobe Photohop merupakan sebuah aplikasi editing untuk foto dan juga gambar yang popular. Bagi Anda yang baru belajar atau sudah mahir Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup baik untuk mengenal fitur yang disediakan pada aplikasi Photoshop. Seperti kumpulan shortcut Adobe Photoshop yang dibahas berikut ini.

Adobe Photohop merupakan sebuah aplikasi editing untuk foto dan juga gambar yang popular. Bagi Anda yang baru belajar atau sudah mahir Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup baik untuk mengenal fitur yang disediakan pada aplikasi Photoshop. Seperti kumpulan shortcut Adobe Photoshop yang dibahas berikut ini.

Tool selection, Anda bisa menekan tombol Shift pada keyboard, lalu menekan huruf yang disebutkan pada toolbar. Misalnya menekan tombol V untuk memindahkan tool, tekan M untuk Marquee. Untuk beralih atau menggeser tools yang berikutnya dalam set yang sama Anda hanya perlu menekan lagi tombol dengan menekan shift.

Kumpulan Shortcut Adobe Photoshop Dasar

Tekan Ctrl + Tab pada dokumen saat file tersebut sedang terbuka. Tekan F maka Anda akan beralih di antara tampilan layar standard, maximized, full screen yang akan disertai dengan menu. Dengan menekan F pada keyboard lalu dengan menahan shift maka hal tersebut akan membalik posisi urutannya.

Untuk melakukan proses zoom tekan Z pada keyboard. Tekan Alt + Z untuk memperkecil Zoom. Dan tekan Ctrl + 0 untuk menyesuaikan gambar dengan layar. Anda juga dapat melakukannya dengan cukup menekan Ctrl dengan kombinasi tombol+ atau pada keyboard untuk memperbesar atau memperkecil ukuran masing-masing objek. Menekan tombol tab secara bergantian berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan menu palettes yang dapat menciptakan ruang kerja tambahan.

Tahan tombol Ctrl untuk melakukan switch atau dengan menahan spasi pada keyboard untuk beralih pada menu *hand tool. Tekan Shift untuk menambahkan bila menggunakan salah satu tool selection, tekan Shift untuk menambah pilihan dan juga tekan Alt untuk mengurangi dari pilihan sebuah objek gambar atau foto.

Anda tentunya sudah mengetahui fungsi dari Ctrl + Z untuk membatalkan perubahan terakhir (Undo). Menekan Ctrl + Alt + Z untuk terus kembali mundur, sedangkan untuk mengakses history box Anda bisa menekan Ctrl + Shift + Z bergerak maju.

Shortcut Adobe Photoshop berikutnya yaitu dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + N pada keyboard, dengan menekan tombol tersebut maka Anda akan menampilkan kotak dialog untuk membuka layar baru pada lembar kerja Photoshop Anda. Tekan Ctrl + N untuk menampilkan jendela baru. Ctrl + J untuk menggandakan layer pada lembar kerja Photoshop.

Saat Anda sedang bekerja menggunakan tool brush pada Photoshop, tekan tombol "[" atau "]” pada keyboard untuk melakukan proses melakukan increase atau decrese ukuran pada 8brush tool* lalu tahan tombol shift untuk melakukan proses pelembutan brush tersebut, dan tekan Alt untuk menggunakan fitur eye-dropper tool.

Klik bagian dari gambar milik Anda yang akan diedit, tekan dan tahan tombol Ctrl maka layer pada Photoshop akan terpilih. Untuk melakukan resize pada sebuah gambar Anda bisa menekan tombol Ctrl + T, untuk membuka fitur transform tool untuk mengelilingi objek gambar. Untuk mengubah (resize) berdasarkan rasio (height/weight) tekan kombinasi tombol tanda panah bawah + Shift pada keyboard Anda

Jika Anda lupa mengenai berbagai macam shortcut pada Photoshop, silahkan Anda tekan kombinasi keyboard Ctrl + Alt + Shift + K. Jika Anda melakukannya maka sebuah jendela bantuan akan muncul dan menampilkan kumpulan shortcut. Bagi Anda pengguna sistem operasi Mac, gunakan perintah Cmd (command) Ctrl dan Opt serta (Option) Alt. Dengan membiasakan diri menggunakan shortcut Adobe Photoshop maka semua pekerjaan Anda yang berhubungan dengan editing gambar akan semakin cepat untuk diselesaikan. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel