Prediksi Perkembangan Teknologi Dunia Beberapa Tahun Yang Akan Datang

11 Feb 2013 20:00 10311 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin hari, perkembangan teknologi dunia ini semakin berkembang dengan cepat. Beberapa teknologi yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh manusia pun datang silih berganti. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mencoba memprediksi teknologi apa saja yang akan hadir ke hadapan kita beberapa tahun yang akan datang.

Semakin hari, perkembangan teknologi dunia ini semakin berkembang dengan cepat. Beberapa teknologi yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh manusia pun datang silih berganti. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mencoba memprediksi teknologi apa saja yang akan hadir ke hadapan kita beberapa tahun yang akan datang.

Semua hal akan terintegrasi dengan internet

Teknologi masa depan yang paling mendekati kenyataan adalah integrasi internet. Pasalnya hampir semua hal di jaman sekarang ini bisa dilakukan melalui internet sehingga mungkin tidak lama lagi semuanya akan terkoneksi ke internet, dari mulai televisi, lemari es, bahkan hingga rice cooker sekalipun.

Beberapa tahun yang lalu mungkin kita masih kesulitan untuk mendapatkan sinyal ponsel di tempat terpencil. Sekarang, semua tempat hampir sudah terjangkau oleh jaringan seluler. Maka bukan hal mustahil lagi jika 5 atau 10 tahun ke depan semua tempat sudah terjangkau oleh jaringan WiFi.

Streaming Entertainment akan menggantikan Televisi kabel

Teknologi selanjutnya yang akan segera mengusai dunia adalah teknologi streaming. Kemunculan berbagai macam Smart TV belakangan ini juga akan semakin mempercepat streaming sebagai layanan yang akan menjangkau setiap orang. Dengan layanan streaming ini setiap orang dapat menyaksikan acara televisi yang mereka sukai melalui internet tanpa perlu tergantung kepada program acara yang ditawarkan oleh pihak stasiun televisi.

Dengan begitu, maka teknologi ini secara tidak langsung akan menggantikan teknologi televisi kabel secara perlahan-lahan. Mungkin untuk sekarang hal itu tampak sulit karena banyak acara unggulan yang ditayangkan di televisi kabel. Namun jika beberapa tahun mendatang acara-acara tersebut dapat ditonton tanpa memalui televisi kabel, maka orang-orang pasti akan memilih media streaming ini.

Mengendalikan komputer dengan pikiran

Jika Anda pernah membaca beberapa artikel yang menunjukan kepda Anda cara mengendalikan komputer melalui gerakan wajah pada webcam, maka Anda pasti tidak akan terlalu terkejut jika suatu saat Anda dapat mengendalikan komputer hanya melalui pikiran. Pasalnya, beberapa tahun kebelakang ini para peneliti telah melakukan penelitian untuk dapat menerjemahkan gelombang otak menjadi sebuah kata-kata.

Jika penelitian tersebut telah sukses dirampungkan, maka Anda harus bersiap-siap memasuki dunia teknologi terbaru. Anda akan masuk ke dunia yang sering Anda lihat di berbagai film sci-fi Hollywood yang sering menggambarkan kontrol komputer dengan pikiran. Suatu saat nanti, Anda tidak perlu lagi mengetik atau menggeser-geser mouse karena hanya dengan menggunakan sebuah perangkat di kepala Anda, maka Anda dapat langsung mengendalikan seluruh program yang ada di komputer tersebut.

Teknologi pembaca pikiran

Jika komputer telah dapat dikendalikan melalui pikiran, maka sudah pasti akan ada perangkat yang dapat membaca gelombang otak tersebut. Hal terebut pastinya akan sangat menakutkan karena tidak akan ada privasi lagi di dunia ini.

Beberapa waktu yang lalu NASA berhasil meluncurkan satelit yang dapat membaca suhu bumi dengan teknologi sensor infra merah yang paling mutakhir yaitu TIRS (Thermal Infrared Sensor). Sekarang coba bayangkan bagaimana jika suatu saat ada satelit yang dilengkapi sensor untuk membaca pikiran setiap orang? Hal tersebut pasti akan menjadi masalah di masa yang akan datang.

Integrasi antara Biologi dan computer

Cukup tentang teknologi pembaca pikiran. Sekarang kita berlanjut ke teknologi lain yang akan menguntungkan banyak orang, yaitu biotech. Sekarang kita sudah mengenal beragai macam teknologi biometrics seperti sidik jari, voice recognition, face recognition, dan lainnya. teknologi tersebut mungkin sebentar lagi akan tergantikan dengan teknologi yang dapat menanamkan chip di dalam tubuh Anda.

Bayangkan, suatu saat nanti Anda tidak perlu lagi membawa kartu kredit atau kartu kredit karena chip kartu tersebut sudah tertanam di tangan Anda. Dengan begitu, ketika Anda ingin melakukan transaksi, Anda hanya tinggal menyodorkan tangan Anda ke mesin sensor dan Anda dapat langsung melakukan transaksi. Selain memudahkan proses transaksi finansial, Anda tidak akan lagi kehilangan kartu tersebut dan juga tentunya tidak akan ada yang akan mencurinya. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel