Bagaimana Mengelola Perangkat Android Untuk Anak Agar Aman Ketika Mereka Gunakan?

11 Feb 2013 15:00 3914 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada stigma yang tertuju pada anak-anak dan perkembangan teknologi saat ini khususnya dengan perangkat seperti smartphone dan tablet, yang mempengaruhi hubungan keduanya.

Ada stigma yang tertuju pada anak-anak dan perkembangan teknologi saat ini khususnya dengan perangkat seperti smartphone dan tablet, yang mempengaruhi hubungan keduanya. Banyak anak-anak yang menghabiskan waktu bermainnya dengan memanfaatkan berbagai hal yang ada pada smartphone ataupun tablet. Orang tua juga menginginkan jika teknologi-teknologi tersebut memberikan manfaat yang berpengaruh pada perkembangan anak nantinya. Android adalah salah satu media yang dapat menenangkan para orang tua, terutama ketika mereka ingin memonitor anak atau meninggalkan anak-anak di saat sedang memainkan perangkatnya.

Melalui perangkat Android untuk Anak, Anda dapat mengurangi persepsi negatif melalui permainan dan aktifitas yang dilakukan anak-anak didalamnya. Touchscreen bisa menjadi sarana yang baik dalam mengembangkan koordinasi gerak tangan dan mata, dan banyak aplikasi serta game Android yang menyusupkan elemen edukasinya. Satu yang penting, jangan gunakan perangkat Android hanya sebagai pengalih perhatian anak pada saat Anda sedang bekerja. Gunakanlah sebagai media pengembangan anak, namun tetap dalam pengawasan orang tua. Lakukan cara tersebut, dan Anda akan mendapatkan hal yang baik selanjutnya.

Untuk berbagai alasan, Anda tidak diperkenankan meninggalkan anak memainkan perangkat Android tanpa pengawasan dari Anda. Membuat perangkat Android agar aman untukbalita dengan yang beranjak remaja tentu akan berbeda. Oleh karena itu, tindakan yang dilakukan juga akan berbeda.

Untuk anak-anak yang beranjak remaja, smartphone mungkin saja bisa menjadi sebuah kebutuhan, tetapi harap diingat, jika smartphone juga menawarkan akses yang tak terbatas untuk berjelajah di dunia maya. Ada dua tanda bahaya yang harus Anda perhatikan, yang pertama adalah akses konten yang tidak Anda inginkan, kemudian yang kedua isu tentang penggunaan data dalam jumlah besar dan berlebihan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beberapa software proteksi untuk mencegah anak-anak mengakses konten yang tidak pantas, atau konten yang mengganggu, juga untuk mengamankan perangkat Androidnya agar tidak digunakan untuk mengunduh aplikasi gratis dan berbayar yang tidak diinginkan. Net Nanny for Android adalah software yang menawarkan proteksi seperti itu dengan biaya $ 20 per device per tahun, dan Anda akan mendapatkan kontrol untuk menyaring serta meng-uninstall atau mem-block aplikasi. Melalui versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas, Anda dapat mengambil keuntungan dari pengaturan data yang ada untuk memberikan peringatan dan batasan. Cukup pergi ke Settings kemudian Data usage dan check pada kotak yang bertuliskan Set mobile data limit. Langkah ini akan memastikan anak-anak agar tidak boros dalam penggunaan data. Selain itu, Anda juga dapat menyarankan untuk menggunakan jaringan wi-fi jika tersedia.

Untuk anak-anak balita, Anda seharusnya menghindari untuk meninggalkan anak sendirian bermain dengan perangkat Android. Selalu berada tetap di dekat anak agar dapat mengawasinya. Tetapi jika terpaksa Anda sedang tidak berada didekatnya, misalnya Anda sedang fokus dengan hal lain seperti panggilan telepon atau pekerjaan, Anda dapat meng-install aplikasi untuk memastikan anak tidak melakukan tindakan yang seharusnya tidak dilakukan. Anda dapat menggunakan aplikasi Kids Mode by Zoodles yang bisa Anda temukakan di Google Play Store. Dengan memanfaatkan Kids Mode, perangkat Android akan mengunci aplikasi, dan Anda dapat memilih aplikasi dan game yang bisa diakses oleh anak. Fitur kunci pada aplikasi ini adalah untuk memastikan anak tidak melakukan panggilan acak, mengunjungi aplikasi berbayar, atau tap pada hal yang tidak diperlukan. Opsi lock ini memiliki fungsi yang standar, dan konten yang ada didalamnya juga gratis, termasuk konten art, story, game, dan, cartoon. Anda juga dapat mengatur profile yang berbeda untuk beberapa anak. Selain itu Anda akan mendapatkan akses melalui icon yang berbeda, dimana hal ini akan memberikan Anda kontrol terhadap konten apa yang seharusnya diakses oleh anak. Versi gratis aplikasi ini memiliki kemampuan yang mumpuni, namun jika Anda akan beralih ke versi premium, Anda akan mendapatkan tambahan beberapa fitur.

Anak-anak, tidak ada yang bisa mencegahnya untuk selalu aktif. Dengan majunya teknologi, maka keduanya bisa disatukan untuk lebih mengembangkan apa yang ada pada diri anak-anak, namun penggunaan teknologi pada anak-anak juga perlu diawasi orang tua. Itu jugalah yang terjadi sekarang ini antara perangkat Android dan anak-anak. Baik dan buruknya, Andalah yang dapat memastikannya.[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel