Inilah Berbagai Kerugian Custom ROM Android

13 Feb 2013 11:30 8382 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk meningkatkan kinerja pada perangkat Android. Untuk melakukan itu, Anda dapat melakukannya pada otak yang ada perangkat Android. Adapun otak dari segala perangkattersebut adalah terletak pada bagian prossesornya. Maka tidak heran, berbagai orang banyak melakukan berbagai cara untuk mempercepat kinerja prossesor.

Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk meningkatkan kinerja pada perangkat Android. Untuk melakukan itu, Anda dapat melakukannya pada otak yang ada perangkat Android. Adapun otak dari segala perangkattersebut adalah terletak pada bagian prossesornya. Maka tidak heran, berbagai orang banyak melakukan berbagai cara untuk mempercepat kinerja prossesor. Sebab, jika prossesornya di percepat maka kinerja yang ada pada perangkatjuga akan semakin cepat.

Salah satu cara untuk mempercepat kinerja dari prossesor ini adalah dengan custom ROM Android. Cara ini memang banyak dilakukan oleh berbagai orang untuk dapat meningkat kecepatan prossesor. Jadi, itulah berbagai kelebihan yang dilakukan custom ROM. Seperti biasa, setiap ada kelebihan juga terdapat berbagai kelebihan dalam custom ROM ini. Pada artikel Plimbi ini, hanya akan dijelaskan berbagai kerugian customROM.

Logikanya, dengan dilakukannya customROM berarti ada semacam dorongan atau sedikit pemaksaan terhadap kinerja yang ada perangkat Android Anda. Misalnya, skor kinerja dari prossesor ini adalah 80. Namun, dengan dilakukan customini maka akan berubah lebih cepat, misalnya berubah menjadi 90 atau 100. Dalam kasus tersebut tentu aka nada tekanan pada kinerja ponsel. Akibat dari tekanan ini adalah kerugian pada kinerja ponsel. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut kerugian customROM yang ada pada perangkatAndroid.

Berbagai Kesulitan Instalasi

Salah satu kerugian ketika Anda melakukan custom ROM ini adalah kesulitan pada proses instalasi. Kesulitan tersebut terjadi pada berbagai kesulitan instalasi pada salah satu customROM. Tentu, hal ini akan cukup merugikan Anda. Proses ini akan semakin merugikan ketika terjadi pada sesuatu yang akan di instalasi itu sifatnya penting.

Terjadi Masalah Pada Data dan File-File Lainnya

Sesuatu yang dilakukan dengan tekanan bukan hanya akan mendatangkan kesulitan tetapi juga akan mendatangkan masalah. Adapun masalah yang ada ada data yang ada pada perangkat ini akan hilang. Jika data tersebut sifatnya biasa itu tidak begitu menjadi masalah besar. Proses customROM ini akan menjadi masalah besar jika menghilangkan data penting pada perangkat. Misalnya, laporan keuangan tempat Anda bekerja. Data tersebut tentu sangat penting dan itu akan sangat berakibat terhadap masa depan Anda nantinya.

Dengan dilakukannya customROM, bukan hanya hilangnya data melainkan juga file-file yang corrupt. Meskipun tidak hilang tetapi corrupt itu juga akan menjadi masalah besar. Pasalnya, file-file tersebut tidak dapat di buka pada perangkatdan juga perangkat lainnya. Seperti dikatakan di atas bahwa akan menjadi masalah besar jika terjadi file penting. Misalnya, skripsi Anda. Hal ini juga sama yaitu berhubungan dengan masa depan Anda.

Terkait dengan itu, Anda juga akan mengalami berbagai masalah pada perangkat yang ada di dalamnya. Permasalahan tersebut biasanya sama sekali tidak bisa melakukan booting. Tentu, hal ini akan begitu menjadi masalah jika perangkat yang ada di dalamnya tersebut merupakan komponen penting.

Fungsi Perangkat Hilang

Apalah artinya jika suatu perangkat tersebut fungsinya hilang. Keberadaanya pun ada secara fisik tetapi tidak ada secara fungsional. Itulah yang terjadi di saat Anda melakukan customROM pada perangkat Android. Hilangnya fungsi tersebut bukan terjadi pada satu aplikasi atau satu komponen melainkan pada beberapa aplikasi dan juga beberapa komponen yang ada. Hal ini akan terjadi ketika Anda selesai melakukan proses custom ROM. Meski tidak terjadi seketika tetapi seiring waktu berajalan fungsi yang aada juga akan hilang pada perangkat Android yang Anda miliki.

Garansi Perangkat Hilang

Kerugian yang terakhir ketika Anda melakukan proses customROM ini adalah hilangnya garansi pada perangkat. Adapun perangkat yang dimaksud bukan hanya ponsel melainkan juga berupa tablet dan juga smartphone. Jadi, setelah proses ini dilakukan maka perangkat tersebut akan langsung hilang garansinya.

Hal ini tentu akan sangat merugikan. Pasalnya, Anda juga tidak pernah mengetahui apakah perangkat tersebut akan terjadi masalah atau tidak. Jadi, ketika sebagian komponen di dalamnya rusak maka ketika dilakukan servis Anda tidak akan mendapatkan garansi. Itulah artikel Plimbi tentang kerugian custom ROM. [TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel