5 Tips Google Chrome Yang Wajib Anda Ketahui

8 Feb 2013 09:00 3190 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak pengguna yang justru tidak mengetahui fitur apa saja yang ada di dalamnya. Maka dari itu, pada artikel kali ini Pseban akan mengulas 4 tips Google Chrome yang harus Anda ketahui agar pegalaman menjelajah interet Anda menjadi semakin menyenangkan.

Beberapa tahun yang lalu, peperangan di dunia browser sangatlah sengit karena melibatkan para penguasa browser kelas dunia, dimulai dari Internet Explorer vs Netscape hingga Internet Explorer vs Firefox. Namun peperangan itu akhirnya musnah sudah ketika browser andalan Google yaitu Chrome datang dan membumi hanguskan semuanya. Hanya dalam waktu singkat Google Chrome berhasil menguasai sebagian besar pengguna browser internet di seluruh dunia.

Keberhasilan Google Chrome tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Chrome merupakan browser yang ringan dan minimalis dengan berbagai macam fitur mutakhir yang disematkan di dalamnya. Bahkan banyak pengguna yang justru tidak mengetahui fitur apa saja yang ada di dalamnya. Maka dari itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas 5 tips Google Chrome yang harus Anda ketahui agar pegalaman menjelajah interet Anda menjadi semakin menyenangkan.

Auto-Start Chrome dalam Incognito Mode

Incognito mode merupakan fitur andalan Chrome yang menawarkan kepada Anda pengalaman browsing secara rahasia. Semua history, cache, dan cookies tidak akan dicatat dalam incognito mode ini. Selain dapat menjalankannya ketika Anda mengakses Chrome, Anda juga dapat menjalankan mode ini langsung melalui shortcut di desktop, quick launch, ataupun start menu Anda.

Caranya, klik kanan pada shortcut Chrome kemudian pilih properties. Kemudian pada tab shortcut Anda akan melihat sebuah kolom yang bernama target. Di sana Anda akan melihat link seperti ini:

C:\Users...\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe

Ubahlah link tersebut menjadi seperti ini:

"C:\Users...\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe” –incognito

Klik OK untuk menyimpannya. Setelah itu Anda dapat langsung menjalankan incognito Chrome ini secara mudah langsung dari desktop Anda.

Membuka dokumen PDF dengan Adobe Reader

Apabila Anda tidak menyukai PDF reader yang disediakan oleh Google Chrome, maka Anda dapat melihat dokumen tersebut melalui PDF reader favorit Anda sepert Adobe Reader. Anda hanya tinggal men-disable plugin PDF Reader di Chrome ini untuk dapat melakukannya.

Caranya ketik about:plugins di address bar Chrome yang biasa disebut sebagai omnibox. Carilah sebuah plugin yang bernama Chrome PDF Viewer lalu klik "disable link”. Setelah itu Anda dapat menginstal berbagai macam plugin lain yang Anda sukai seperti Adobe Reader atau Foxit Reader.

Mengakses fitur eksperimen

Seperti halnya fitur Labs yang ada di Gmail, Google juga ternyata menyisipkan beberapa fitur eksperimen di browser Chrome ini. Anda dapat dengan mudah mengaksesnya jika Anda mengetahui di mana tempatnya.

Untuk melihat daftar fitur eksperimen ini, ketiklah about:flags di omnibox. Setelah terbuka Anda akan melihat sebuah peringatan di bagian atas yang mengingatkan jika fitur-fitur eksperimen ini mungkin akan berubah, rusak, atau hilang kapan saja.

Enable dan Disable Extetension dengan cepat

Pada Google Chrome, untuk mengakses window extension Anda harus masuk ke menu customize - setting - extension. Dari sana Anda dapat men-disable atau enable berbagai macam extension yang ada. Sayangnya tidak ada shortcut khusus yang dapat memudahkan Anda untuk mengakses window tersebut dengan cepat.

Jika Anda sering melakukan enable dan disable extension karena bermasalah dengan sebuah website, maka Anda dapat menginstal extension yang bernama Quick Disable dan Quick enable yang akan membantu Anda untuk melakukan kedua hal tersebut dengan mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menulis kata enable atau disable di omnibok kemudian diikuti oleh nama extensionnya. Ketika Anda mengetik extension tersebut, maka daftar extension yang Anda miliki akan segera hadir dengan cepat sehingga Anda tidak perlu menulis semua nama extensionnya.

Akses Printer dari manapun melalui Google Cloud Print

Google Cloud Print merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Google Chrome. Melalui fitur ini Anda dapat mengakses printer Anda dimanapun dan juga langsung melakukan pencetakan dokumen walaupun Anda mungkin masih berada di perjalanan.

Caranya, bukalah menu setting kemudian carilah fitur Google Cloud Print yang ada di bagian bawah halaman setting tersebut. Setelah itu Anda diharuskan untuk login ke akun Google milik Anda. jika sudah, maka Anda dapat langsung mengatur printer Anda dan juga melakukan testing kepada printer tersebut. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel