Tips Memilih Travel Camera untuk Mengabadikan Momen Perjalanan Terbaik Anda

6 Feb 2013 08:00 2257 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
bagaimana memilih travel camera terbaik untuk mengabadikan momen perjalanan dalam setiap frame foto? Saat harus menentukan pilihan kamera mana yang harus dipilih, tentunya Anda harus menggunakan kamera dengan tingkat efisiensi penggunaannya yang mudah. Berikut tipsnya.

Bagi sebagian orang yang memiliki hobi traveling, mereka pasti memiliki koleksi foto yang begitu banyak. Ah, tapi sepertinya setiap orang saat ini semakin sering mengabadikan momen apapun menggunakan kamera. Bagi para fotografer profesional, sebagian besar waktu mereka banyak digunakan untuk kesenangan pribadi mereka. Lalu bagi traveler, bagaimana memilih travel camera terbaik untuk mengabadikan momen perjalanan dalam setiap frame foto? Saat harus menentukan pilihan kamera mana yang harus dipilih, tentunya Anda harus menggunakan kamera dengan tingkat efisiensi penggunaannya yang mudah.

Tentukan Kualitas Gambar

Pertimbangan pertama dalam memilih travel camera adalah kualitas gambar yang diproduksinya. Sebagian besar calon pengguna tentunya memahami apabila jatuh ke dalam "jebakan" para pemsaran yang kerap melebih-lebihkan fitur mega-piksel pada setiap kamera. Kualitas gambar pada dasarnya lebih dari sekadar piksel atau tingkat ketajaman saja. Ini lebih kepada bagaimana Anda melihat dan merasakan makna sebuah gambar. Setiap kamera pada dasarnya memiliki keunggulan kualitas gambarnya tersendiri. Poin penting lainnya adalah seberapa baik kamera mampu mengambil area-area gelap sebaik saat mengambil objek dalam area terang pada satu jepretan foto. Hal tersebut kerap disebut sebagai Dynamic Range. Kamera yang baik memiliki dynamic range seimbang.

Compact Camera

Compact camera adalah pilihan paling sederhana dan mudah saat tengah berpergian. Ukuran serta bentuknya yang ideal bagi para pejalan yang memiliki aktifitas padat dan mobile akan mempermudah perjalanan. Banyak camera yang dilengkapi dengan jangkauan zoom panjang dalam paket kecil seperti Soyn HX20V. Sebagian besar compact camera pun memiliki kelebaran lensa 28mm atau lebih. Ukuran tersebut sangatlah ideal untuk mengambil gambar-gambar lanskap atau kelompok. Sementara itu, bagi para fotografer yang menginginkan opsi lain bagi kamera DSLR-nya, brand seperti Canon PowerShot atau Olympus XZ dapat menjadi pilihan menarik untuk dibawa berpergian.

Baterai

Baterai merupakan hal besar yang kerap dikucilkan saat berpergian. Setiap traveler tentu pernah mengalami momen kehabisan baterai saat tengah traveling. Sebuah kamera yang menggunakan baterai AA memberikan fleksibilitas saat berpergian tanpa perlu sibuk mencari sumber listrik berada apabila baterai habis. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi kamera berbaterai lithium-ion. Lalu menurut Anda manakah yang lebih nyaman untuk dibawa berpergian? Sebuah kamera berbaterai AA atau lithium-ion?

GPS

Tidak mau kalah dari smartphone ataupun tablet, fitur yang tengah populer pada beragam produk travel camera saat ini adalah kehadiran GPS. Tentunya berdasarkan orientasi traveling yang membutuhkan informasi lokasi, kamera berfitur GPS sangat menarik untuk digunakan. Jenis kamera ini memungkinkan Anda untuk mengentahui dengan jelas dimana foto diambil.

Kamera Smartphone

Bingung menentukan pilihan? Atau Anda adalah seorang budget traveler? Tak perlu bingung, karena kamera smartphone Anda siap melayani kapanpun. Bukan karena memiliki bentuk kamera yang kecil, maka setiap kamera smartphone hanya memiliki kualitas biasa saja. Sejauh ini, kamera smartphone merupakan travel camera paling mudah digunakan, dibawa, dan memiliki begitu banyak pilihan efek-efek menarik yang tidak dapat disediakan oleh kamera compact biasa. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel