Mengenal Lebih Jauh Teknologi Layar Sentuh pada BlackBerry

30 Sep 2011 17:00 8924 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

BlackBerry selama ini merupakan smartphone yang cukup terkenal sebagai smartphone yang menggunakan model keypad QWERTY. Meskipun begitu, tidak semua smartphone keluaran Research In Motion ini menggunakan keypad QWERTY, beberapa di antaranya ada juga menggunakan teknologi layar sentuh.

BlackBerry selama ini merupakan smartphone yang cukup terkenal sebagai smartphone yang menggunakan model keypad QWERTY. Meskipun begitu, tidak semua smartphone keluaran Research In Motion ini menggunakan keypad QWERTY, beberapa di antaranya ada juga menggunakan teknologi layar sentuh.

Teknologi layar sentuh yang digunakan BlackBerry berbeda dengan ponsel layar sentuh lain. Smartphone BlackBerry menanamkan teknologi layar sentuh yang unik. Apa saja teknologi layar sentuh unik pada BlackBerry itu? Berikut review-nya dari Plimbi.

SurePress pada BlackBerry Storm 9500

SurePress adalah teknologi layar sentuh yang dapat ditekan. Hal ini dimaksudkan agar pengguna ponsel berlayar sentuh SurePress dapat mengetik seperti di keypad ponsel biasa. SurePress menggunakan bahan Piezoelektrik untuk mendeteksi tekanan pada layar.

Teknologi ini diaplikasikan pertama kali pada BlackBerry Storm 9500 dan terbilang unik jika dibandingkan dengan smartphone lain. Penggunaannya mirip mouse yang biasa digunakan pada PC. Pengguna dapat menyentuh layar untuk memilih aplikasi yang diinginkan, lalu tinggal ditekan untuk menjalankannya. Hal yang sama berlaku ketika membuka file dan mengetik.

Metode tekan layar pada SurePress bertujuan untuk meminimalisir kesalahan pada saat membuka aplikasi, file, atau saat mengetik alfabet. Dengan begitu, navigasi menjadi lebih mudah, pengetikan pun menjadi lebih cepat dan akurat. Teknologi SurePress juga membuat permainan menjadi lebih dinamis baik dengan layar landscape maupun portrait.

Research In Motion sebagai produsen BlackBerry serta Verizon Wireless sebagai distributor eksklusif BlackBerry di Amerika Serikat, mendapat penghargaan "Best Mobile Technology Breakthrough Award" dari Global Mobile Awards atas teknologi layar sentuh ini. Penghargaan ini diberikan karena teknologi SurePress dinilai membuat pengetikan dan navigasi menjadi lebih akurat. Selain itu, SurePress juga memungkinkan berbagai aplikasi dan fitur yang tidak dapat dijalankan di ponsel berlayar sentuh lain menjadi dapat dioperasikan di BlackBerry Storm 9500.

TruePress Pada BlackBerry Storm 9520

BlackBerry meningkatkan kualitas SurePress pada smartphone generasi penerus dari BlackBerry Storm 9500, yaitu BlackBerry Storm 9520. Sistem suspensi mekanisnya diganti sehingga layar menjadi lebih responsif. Di balik layar BlackBerry Storm 9500 terdahulu hanya ada satu Piezoelektrik yang terletak di tengah, sehingga layar terasa 'pincang' jika pengguna menekan sudut-sudut layar. Setelah menekan satu huruf, pengguna harus menunggu sampai layar kembali ke posisi semula agar dapat menekan huruf lain. Teknologi ini dianggap tidak sesuai dengan tujuan awal diciptakannya SurePress, yaitu untuk membuat pengetikan menjadi lebih cepat.

Pada BlackBerry Storm 9520, Piezoelektrik ditambah menjadi empat buah dan diletakkan secara proporsional di sudut-sudut ponsel. Hal ini membuat pengetikan menjadi semakin mudah, nyaman, dan akurat karena seluruh permukaan layar dapat merespon sentuhan lembut di keyboard virtual. Penambahan tombol tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetik beberapa huruf secara bersamaan, sehingga pengetikan menjadi lebih cepat dan efisien. Empat tombol yang selalu ada di semua tipe BlackBerry, yaitu tombol panggil (call), akhiri panggilan (end), menu, dan kembali (back) tidak lagi terpisah dari layar, tapi termasuk ke dalam fitur yang dapat ditekan di layar. Pengembangan dari SurePress ini dinamakan TruePress.

RIM memperkenalkan BlackBerry Storm 9520 dalam kurun waktu kurang dari setahun sejak kemunculan BlackBerry Storm 9500. BlackBerry Storm 9520 dilengkapi dengan WiFi, fitur yang tidak dimiliki sebelumnya oleh BlackBerry Storm 9500.

Pada pertengahan Oktober 2010 yang lalu, RIM juga merilis BlackBerry Torch 9800 yang menggunakan teknologi multitouch, yaitu berlayar sentuh dan juga dilengkapi keypad qwerty. Namun, layar sentuh pada BlackBerry Torch 9800 tidak termasuk kedalam teknologi layar sentuh unik dari BlackBerry, karena layar sentuh BlackBerry Torch 9800 menggunakan teknologi layar sentuh yang sama dengan beberapa smartphone lain yang ada di pasaran.

Itulah review Paseban mengenai teknologi layar sentuh pada BlackBerry, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda mengenai teknologi smartphone. QR

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel