Bayar Tagihan Listrik dengan TCASH dari Telkomsel

22 Sep 2011 11:00 14450 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Telkomsel sebagai layanan telekomunikasi terbesar dan pertama di Indonesia selalu berusaha untuk mempermudah para penggunanya dalam melakukan berbagai kegiatan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh telkomsel ini adalah dengan kemudahan pembayaran tagihan listrik di rumah Anda.

Telkomsel sebagai layanan telekomunikasi terbesar dan pertama di Indonesia selalu berusaha untuk mempermudah para penggunanya dalam melakukan berbagai kegiatan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh telkomsel ini adalah dengan kemudahan pembayaran tagihan listrik di rumah Anda. Jika biasanya Anda selalu repot melakukan pembayaran tagihan listrik atau harus repot membeli token PLN Prabayar, maka dengan aplikasi TCASH dari Telkomsel, Anda dapat melakukan pembayaran tagihan listrik langsung dari telepon seluler Anda.

Mengenai apa itu TCASH, Plimbi sudah pernah membahasnya pada artikel tentang mobile wallet beberapa waktu yang lalu. TCASH juga bagian dari layanan berbasis NFC dari Telkomsel.

Cara mengaktivasi TCASH dari Telkomsel ini sangat mudah, Anda cukup menguhubungi *828*1# lalu tekan Call atau Yes. Ikuti petunjuk yang dikirimkan oleh Telkomsel. Setelah TCASH telah diaktivasi, selanjutnya Anda dapat mengisi saldo uang elektronik TCASH di GraPARI ataupun di Indomaret terdekat. Setelah uang elektronik di TCASH terisi ulang maka Anda dapat segera melakukan transaksi pembayaran tagihan listrik.

Cara melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan PLN via Telkomsel langsung dari ponsel Anda pun cukup mudah yaitu cukup dengan mengetik: Pay PLN No. Pelanggan PIN TCASH dan kirim ke 2828. Contohnya : PAY PLN 1234567890 123456. Selanjutnya Anda akan mendapatkan notifikasi dari Telkomsel mengenai pembayaran tagihan listrik PLN yang baru saja Anda lakukan. Wilayah cakupan layanan pembayaran tagihan bulanan PLN Pasca bayar dari Telkomsel ini telah mencakup seluruh wilayah Jawa, Bali, Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur

Selain itu Anda juga dapat melakukan pembelian token PLN untuk listrik prabayar yaitu dengan cara mengetik Pay PLNPRA No.Meter PIN Nominal Token dan kirim ke 2828. Contohnya : PAY PLNPRA 1234567890 123456 50000. Langkah selanjutnya Anda akan mendapatkan nomor seri token PLN Prabayar. Masukkan nomor seri token PLN prabayar tersebut ke dalam meteran listrik di rumah Anda. Saat ini wilayah cakupan layanan pembelian token PLN prabayar dari telkomsel telah melayani berbagai wilayah di tanah air antara lain: Jawa, Bali, Sumatera Utara, Padang, Riau dan Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, NTT, dan NTB.

Untuk operator lain, seperti XL juga sudah hadir dengan layanan bernama XL Tunai. Sementara untuk Indosat hadir dengan layanan bernama i-Pay. Hanya saja untuk layanan pembayaran listrik, hanya tersedia di XL, untuk Indosat masih terbatas pada layanan internet saja. EK

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel