XL Tunai - Kenyamanan Bertransaksi via Ponsel

28 Sep 2011 18:00 5879 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kini Anda tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat bepergian, tak perlu antri lama di mesin ATM dan tak perlu khawatir saat dompet Anda tertinggal saat ingin melakukan pembayaran. Dengan XL Tunai, yang Anda perlukan adalah ponsel!

Kini Anda tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat bepergian, tak perlu antri lama di mesin ATM dan tak perlu khawatir saat dompet Anda tertinggal saat ingin melakukan pembayaran. Dengan XL Tunai, yang Anda perlukan adalah ponsel!

XL Tunai adalah layanan Mobile Wallet atau e-money dari XL yang akan memudahkan pelanggan XL dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang cash. Layanan ini menggunakan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL. Sistem ini akan meningkatkan keamanan transaksi pelanggan, yaitu adanya nomor PIN untuk otorisasi transaksi.

Untuk dapat menggunakan layanan XL Tunai, Anda cukup melakukan registrasi, caranya tekan *123*120# OK/Yes dari ponsel Anda.

Pada saat registrasi layanan XL Tunai ini, Anda dapat memilih diantara 2 macam layanan yang tersedia, XL Tunai dengan limit Rp 1 juta atau XL Tunai dengan limit Rp 5 juta.

Bila Anda mengambil limit Rp 5 juta maka akan diminta mengisi data pribadi saat registrasi. Anda harus memasukkan data valid sesuai KTP atau kartu identitas yang berlaku. Dengan demikian, apabila ponsel Anda hilang atau rekening akan ditutup, Anda akan dapat menarik kembali uang yang Anda miliki.

Kemudian bila telah berhasil melakukan registrasi, Anda perlu melakukan 'cash in' atau pengisian akun, sehingga Anda dapat langsung melakukan transaksi dengan XL Tunai ini. Caranya Tekan *123*120# >> Cash in >> Transaksi

Pengisian akun atau 'cash in' ini dapat dilakukan dengan minimal pengisian Rp 25.000,- melalui XL Center, Dealer XL yang sudah bekerja sama untuk XL Tunai atau Merchant/toko yang sudah bekerja sama dengan XL untuk XL Tunai. Selain itu bagi Anda yang memiliki rekening BII maupun bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima dan ALTO pun akan dapat melakukan cash in dana ke rekening XL Tunai ini.

Apabila telah terdaftar, Anda dapat mengakses kembali *123*120# untuk masuk ke Menu Transaksi. Anda dapat melakukan beragam transaksi dengan menggunakan XL Tunai sesuai dengan limit yang Anda pilih, diantaranya;

  • Pembayaran belanja di merchant / toko dengan logo XL Tunai

  • Pembayaran jarak jauh / remote payment

  • Pembelian voucher isi ulang kartu XL Anda

  • Pembayaran tagihan listrik dan pembelian barang / jasa lainnya

Dengan XL Tunai ini, Anda juga bisa membayar listrik seperti layanan TCash Telkomsel yang sudah pernah Paseban bahas sebelumnya. Layanan Kedua operator ini sayangnya belum diikuti oleh i-Pay dari Indosat. Indosat hanya memiliki layanan tertentu pada produk Value Added Service nya ini. Minggu depan, Paseban akan membahas layanan Mobile Wallet ini untuk operator Indosat. ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel