Jadikan ‘Stupid Phone’ Anda Menjadi ‘Smart’ Dengan Layanan Web Gratis Ini

24 Jan 2013 18:00 5512 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda memiliki stupid phone? Maaf, maksudnya adalah apakah ponsel yang Anda miliki kurang cerdas jika dibandingkan dengan Android dan iPhone? Sekali lagi maaf, Plimbi tidak bermaksud menyindir Anda para pengguna ponsel selain Android dan iPhone. Namun di sini Plimbi akan memberikan kepada Anda tips dan trik untuk menjadikan ponsel yang Anda miliki dapat menyaingi performa dari Android dan iPhone, tentunya tanpa mengeluarkan biaya.

Apakah Anda memiliki stupid phone? Maaf, maksudnya adalah apakah ponsel yang Anda miliki kurang cerdas jika dibandingkan dengan Android dan iPhone?

Sekali lagi maaf, Plimbi tidak bermaksud menyindir Anda para pengguna ponsel selain Android dan iPhone. Namun di sini Plimbi akan memberikan kepada Anda tips dan trik untuk menjadikan ponsel yang Anda miliki dapat menyaingi performa dari Android dan iPhone, tentunya tanpa mengeluarkan biaya.

Menjadikan ponsel lama Anda menjadi seperti smartphone bukanlah hal yang tidak mungkin. Pasalnya, sekarang terdapat layanan web gratis yang akan memudahkan berbagai aktivitas di ponsel lama Anda seperti halnya yang bisa dilakukan pada smartphone. Layanan web tersebut bernama If This Then That atau yang biasa disingkat IFTTT. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut Anda dapat melakuakn registrasi terlebih dahulu melalui situsnya di sini kemudian setelah itu Anda dapat memilih berbagai layanan yang Anda butuhkan.

Jika Anda bingung untuk memilih layanan yang Anda butuhkan, maka di bawah ini Plimbi akan mengulas beberapa layanan yang akan menjadikan ‘stupid phone’ Anda memiliki kemampuan untuk menyaingi smartphone.

Update status Facebook dan Twitter

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh smartphone adalah kemampuannya untuk melakukan update ke berbagai media sosial di manapun berada. Namun sebenarnya Anda tidak perlu memiliki smartphone untuk melakukannya karena dengan cara mengirim sms ke IFTTT maka Anda dapat melakukan posting ke Facebook dan Twitter secara mudah melalui ponsel lama Anda.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal mengirimkan sms ke nomor IFTTT yang berisi update status Anda dan diakhiri dengan hashtag #post. Hashtag #post sangatlah penting bagi IFTTT untuk mengidentifikasi perintah yang Anda sampaikan tersebut. Setelah Anda mengirim sms berisi update status dan hashtag #post tersebut, maka Facebook dan Twitter Anda akan terupdate secara otomatis. Mudah bukan?

Dapatkan email terbaru langsung dari Gmail

Keunggulan lain yang dimiliki oleh smartphone adalah push notification untuk setiap email yang masuk. Jika hal itu yang Anda butuhkan, maka Anda tidak membutuhkan smartphone untuk melakukannya. Pasalnya, ‘stupid phone’ yang Anda miliki juga lebih dari cukup untuk bisa mendapatkan fitur tersebut.

Caranya, Anda hanya tinggal memilih recipes di IFTTT yang akan mengirimkan email langsung ke ponsel Anda. dengan begitu, setiap ada email baru yang masuk, maka secara otomatis IFTTT akan mengirimkan email tersebut ke ponsel Anda melalui pesan SMS. Satu hal yang harus Anda perhatikan, untuk sementara ini email yang dapat dikirim ke ponsel Anda adalah email yang ada di akun Gmail.

Mengirim email

Jika Anda sudah bisa menerima email secara langsung, maka pastinya Anda juga dapat mengirimnya dengan mudah. Sebenarnya, hampir semua jenis ponsel yang mendukung layanan data bisa mengirimkan email langsung dari ponselnya. Caranya hanya tinggal menuliskan alamat email tersebut di tempat biasanya Anda menulis nomor telepon ketika mengirim sms. Namun sayangnya, email yang Anda kirim tersebut biasanya tidak tersinkronisasi dengan akun email yang Anda miliki.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih sebuah recipes di IFTTT yang dapat Anda gunakan untuk mengirim email langsung dari ponsel Anda. sama seperti di atas, fitur ini juga hanya bisa digunakan untuk layanan Gmail.

Update kalender otomatis

Ingin mengupdate kalender langsung dari ponsel lama Anda? dengan bantuan IFTTT Anda dapat melakukannya secara langsung tanpa bantuan smartphone. Dengan memilih salah satu recipes IFTTT Anda dapat menambahkan berbagai item ke kalender Anda hanya dengan mengirim sms. Anda hanya tinggal menulis item serta tanggal dan waktunya di sms tersebut kemudiang mengirimkannya ke IFTTT. Setelah itu, jadwal baru akan langsung tertera di kalender Anda.

Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur di atas tentunya masih banyak hal-hal lain yang dapat Anda lakukan dengan bantuan IFTTT. Sebagai contoh, Anda dapat meminta IFTTT untuk mengirimkan sms ketika turun hujan, dan lainnya. Semua fitur tersebut pastinya akan mengubah ponsel Anda menjadi lebih cerdas dari sebelumnya. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel