Pantau Aktifitas Penggunaan Jaringan Internet Dengan Aplikasi Networx

21 Jan 2013 19:00 106197 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda dapat menggunakan aplikasi Networx untuk mengumpulkan data penggunaan bandwidth dan mengukur kecepatan internet ataupun jaringan internet lainnya. NetWorx dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber-sumber masalah jaringan, dan juga memastikan bahwa penggunaan tidak melebihi batas bandwidth yang ditentukan oleh ISP, atau melacak jaringan karakteristik aktivitas yang mencurigakan dari Trojan dan juga serangan hacker.

NetWorx adalah sebuah aplikasi sederhana yang dapat digunakan secara gratis, namun cukup dapat diandalkan untuk membantu Anda secara objektif dalam mengevaluasi penggunaan bandwidth pada koneksi internet. Anda dapat menggunakan aplikasi Networx ini untuk mengumpulkan data penggunaan bandwidth dan mengukur kecepatan internet ataupun jaringan internet lainnya. NetWorx dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber-sumber masalah jaringan, dan juga memastikan bahwa penggunaan tidak melebihi batas bandwidth yang ditentukan oleh ISP, atau melacak jaringan karakteristik aktivitas yang mencurigakan dari Trojan dan juga serangan hacker.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memonitor semua aktifitas koneksi jaringan ataupun memantau koneksi jaringan tertentu (seperti Ethernet atau PPP), selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem peringatan secara visual dan suara yang telah disesuaikan dengan sistem Windows. Anda juga dapat mengatur pengaturan tersebut agar memberitahukan bila sambungan jaringan internet kurang baik /down. Aplikasi ini juga secara otomatis dapat memutuskan semua koneksi dial-up dan juga dapat mematikan sistem koneksi jaringan.

Lalu lintas masuk (incoming traffic) dan keluar (outgoing traffic) akan ditampilkan dalam bentuk grafik line dan log file, sehingga Anda akan selalu dapat melihat statistik tentang penggunaan bandwidth secara harian, mingguan dan bulanan dan durasi dial-up atau koneksi ke internet. Laporan tersebut juga dapat diekspor ke berbagai format, seperti HTML, MSWord dan Excel, untuk dianalisa lebih lanjut.

Fitur yang ditawarkan

  1. Tampilan dalam bentuk grafis dan tampilan numerik.
  2. Penggunaan lampiran dapat diekspor ke dalam berbagai format seperti format MS Excel, MS Word dan juga format HTML.
  3. Pengawasan yang ketat terhadap proses upload dan juga download.
  4. Dapat dijalankan pada koneksi jenis dial-up, ISDN, cable modems, ADSL, Ethernet cards, dan masih banyak lagi lainnya.
  5. Pengawasan termasuk informasi pengggunaan jaringan dan juga testing tools untuk mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan koneksi dalam jaringan internet.
  6. Memaksimalkan kemampuan proses download pada modem yang Anda pergunakan.
  7. Pilihan dan juga peringatan kepada pengguna jika pengunaan internet sudah melebihi batas maka koneksi internet akan terputus secara otomatis.
  8. Speed meter untuk mendapatkan laporan mengenai kecepatan yang aurat mengenai waktu download dan juga mengenai kecepatan rata-rata pada koneksi internet.
  9. Dapat digunakan secara gratis dan bebas dari adware/spyware/malware.
  10. Memamantau dan juga mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang Anda miliki.
  11. Memonitor dan juga mengetahui berapa konsumsi bandwith internet yang digunakan.
  12. Akan mendeteksi jika terdapat aplikasi yang menggunakan koneksi internet dalam jaringan Anda.
  13. Melakukan pengetesan sederhana seperti melakukan ping dan juga trace route.
  14. Pemberitahuan jika penggunaan internet Anda telah melebihi batas yang ditentukan
  15. Mendukung Ipv6.
  16. Mendukung sitem operasi Windows 8.
  17. Aplikasi ini gratis dan juga bebas dari aplikasi adware,spyware, maupun malware di dalamnya.

Spesifikasi kebutuhan minimum dari aplikasi Networx:

  • Sistem operasi: Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows 8. Aplikasi ini mendukung versi 32-bit dan juga 64-bit.
  • Lisensi: Gratis (Freeware)
  • Hardisk: Minimum 20 Mb

Nah, jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan aplikasi ini pada komputer atau laptop, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di sini. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel