Tips dan Cara Unlock Modem CDMA dan GSM Merk Huawei dan ZTE

20 Jan 2013 18:00 56101 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Plimbi memiliki tips bagaimana cara unlock modem yang sudah dikunci sebagai paket bundling oleh provider, tetapi khusus untuk modem Huawei dan ZTE. Berikut Plimbi akan berikan tips cara unlock modem CDMA dan GSM Huawei maupun ZTE secara terpisah, simak langkah-langkah yang Plimbi bagikan berikut ini.

Sebagai negara yang sangat menerima perkembangan teknologi, Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak di Indonesia disamping China dan Korea Selatan. Para penggunanya pun dapat mengakses internet dimana saja, baik itu di kantor, warnet, sekolah, kampus, rumah, bahkan di tempat umum. Selain itu, aksesnya pun tidak terbatas harus selalu di satu tempat, tetapi kini bisa secara mobile karena tiap-tiap handphone saat ini sudah lumrah memiliki konektivitas internet.

Tetapi bagi Anda yang menggunakan modem sebagai sarana penyambung internet, tentunya ingin memiliki modem yang bisa digunakan oleh berbagai kartu provider jika Anda termasuk yang tidak puas dengan satu provider. Nah, Plimbi memiliki tips bagaimana cara unlock modem yang sudah dikunci sebagai paket bundling oleh provider, tetapi khusus untuk modem Huawei dan ZTE.

Berikut Plimbi akan berikan tips cara unlock modem CDMA dan GSM Huawei maupun ZTE secara terpisah, simak langkah-langkah yang Plimbi bagikan berikut ini.

Agar dapat menggunakan provider lain dari modem yang sudah di bundling dengan salah satu operator, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa bahan berikut ini.

  • Siapkan modem yang akan Anda unlock
  • Siapkan kartu provider yang akan Anda gunakan (jangan provider yang sama dengan modem bundling, misal modem bundling Telkomsel, jadi Anda menggunakan kartu provider selain dari Telkomsel)
  • Unduh aplikasi DC-Unlocker disini, setelah terunduh lalu Anda klik ganda hingga akhirnya terinstall di PC Anda.

Setelah semua bahan telah tersedia, kini saatnya Anda mengikuti langkah-langkah dari Plimbi untuk mengeksekusi modem Anda menjadi unlock.

  • Pertama, Anda masukkan kartu provider yang telah Anda siapkan ke dalam modem Huawei yang akan Anda unlock.
  • Kedua, colokkan modem Huawei atau modem ZTE Anda hingga terbaca bahwa modem Anda sudah siap untuk dijadikan sebuah modem.
  • Ketiga, buka aplikasi DC-Unlocker Client yang telah Anda install tadi.
  • Keempat, Anda pilih modem Huawei atau modem ZTE pada tab Select manufacturer, dan pilih auto detect pada Select model. Setelah selesai dipilih, baru Anda klik gambar kaca pembesar untuk pendeteksian.
  • Jika sudah terdeteksi, silahkan Anda klik tombol Unlocking lalu klik tombol Unlock. Tunggu hingga proses eksekusi selesai, jika selesai maka akan ada pemberitahuan di bawahnya.
  • Setelah selesai, silahkan restart PC Anda dan cobalah menggunakan modem tersebut dengan settingan dari provider yang Anda gunakan saat ini.

Jika Anda berhasil, berarti Anda sukses mengubah modem tersebut menjadi unlock, jika gagal Anda bisa mengulang kembali langkah-langkah diatas. Jika masih gagal, coba Anda ubah pada Select model dengan menggunakan model modem yang sesuai dengan milik Anda, karena tidak semua modem Huawei dan modem ZTE dapat di unlock menggunakan aplikasi ini.

Jika masih gagal juga, Plimbi memberikan satu alternative lagi cara agar Anda bisa meng-unlock modem Anda, baik itu modem Huawei maupun ZTE. Khusus untuk modem Huawei, Anda bisa menggunakan aplikasi Huawei Modem Unlocker yang bisa Anda dapatkan disini.

Penggunaannya sangat mudah, setelah Anda unduh lalu install aplikasi tersebut. Setelah terinstall coba Anda colokkan modem Huawei Anda ke PC Anda, lalu buka aplikasi Huawei Modem Unlocker tersebut. Jangan lupa untuk mematikan dahulu koneksi internet di PC Anda agar tidak terjadi kegagalan. Klik Check Lock untuk mengecek status modem Anda, jika terbaca Locked maka Anda tinggal klik tombol Unlock, setelah selesai maka bisa Anda coba gunakan modem tersebut.

Tips terakhir cara unlock modem Huawei dan modem ZTE Anda adalah dengan cara berikut:

  • Siapkan modem Anda yang sudah terpasang dengan kartu provider lain
  • Untuk pengguna modem Huawei, kunjungi situs ini sedangkan untuk pengguna modem ZTE, kunjungi situs ini
  • Masukkan modem ke port USB PC Anda.
  • Tunggu beberapa saat, nanti akan keluar message yang meminta Anda untuk memasukkan kode untuk unlock modem tersebut
  • Setelah selesai, silahkan Anda coba modem tersebut.

Keberhasilan Anda meng-unlock modem ini tergantung dari jenis modem yang Anda gunakan juga. Selain itu, cobalah untuk membaca dahulu tahapan-tahapan yang Plimbi berikan sebelum melakukannya agar tidak terjadi kesalahan pada saat eksekusi. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel