Adu Fitur Internet Speed Booster Dua Provider Internet CDMA, AHA vs SmartFren

3 Apr 2012 17:00 8320 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu indikator utama yang bisa menentukan apakan layanan Internet dinilai baik atau tidak adalah dari sisi kecepatan akses. SmartFren dan AHA yang terbilang provider baru menerapkan strategi *Cost Leadership*, yakni menekan harga jual. Sehingga, terkadang kualitas kecepatan kurang memuaskan pelanggannya. Untuk itu, kedua provider ini menambahkan suatu fitur Internet Speed Booster.

Saat ini, keberadaan smartphone dan gadget mobile terus meningkat tajam, baik di pasaran Indonesia maupun pasaran dunia. Seiring terus meningkatnya pertumbuhan berbagai perangkat yang notabene menggunakan koneksi Internet, otomatis meningkatkan pengguna Internet itu sendiri. Provider Internet juga semakin banyak yang memberikan fitur serta promonya masing-masing. Kehadiran provider baru pun tidak bisa dihindari lagi, kehadiran mereka melengkapi provider-provider pendahulunya.

Dalam mengakses Internet secara mobile, tidak hanya provider GSM yang kebanjiran pelanggan, provider CDMA juga mulai tumbuh dan berkembang. Misalnya dua provider Internet baru yang berbasis CDMA yang sedang populer saat ini,yaitu AHA dan Smartfren. AHA yang diusung oleh nama besar Bakrie Telecom ini mulai terlihat ramai penggunanya, sementara itu SmartFren yang juga mulai bangkit dari keterpurukan kini mulai fokus pada layanan Internet.

Strategi AHA dan SmartFren dalam mendapatkan pengunjung salah satunya adalah dengan cara bundling produk handphone dan juga modem. Cara ini terbukti menarik konsumen karena harga yang ditawarkan cenderung lebih murah ketimbang harga tanpa bundling. Namun, harga perangkat dan juga tarif layanan yang juga termasuk murah ini tidak memberikan kualitas layanan yang diinginkan oleh konsumen. Dengan sedikit akal kedua provider ini memberikan fitur untuk memuaskan pelanggan Internetnya.

Salah satu indikator utama yang bisa menentukan apakan layanan tersebut dinilai baik atau tidak adalah dari sisi kecepatan akses. SmartFren dan AHA yang terbilang provider baru menerapkan strategi Cost Leadership, yakni menekan harga jual. Sehingga, terkadang kualitas kecepatan kurang memuaskan pelanggannya. Untuk itu, kedua provider ini menambahkan suatu fitur Internet Speed Booster. Dari namanya saja kita sudah mengerti bahwa Internet Speed Booster merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya meningkatkan kecepatan Internet mereka. Dengan adanya fitur tersebut maka pengguna Internet bisa leluasa menyesuaikan kecepatan dengan kebutuhan Internetnya.

Kali ini Paseban akan membandingkan kedua fitur tersbut dari segi harga dan performa :

AHA Internet Speed Booster

Fitur Internet Speed Booster dari AHA memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan kecepatan Internet sesuai tingkatan. Misalnya, pelanggan Paket Ekonomis yang memiliki maksimum kecepatan 200 Kbps bisa ditingkatkan sampai dua kali, peningkatan kecepatan pertama sampai dengan 600 Kbps sedangkan peningkatan kecepatan yang kedua mencapai 3.1 Mbps. Biaya yang dikeluarkan dihitung per hari, untuk peningkatan satu level dikenakan biaya Rp 5.000 per hari, sedangkan untuk peningkatan level kedua dikenakan biaya Rp 10.000.

Smartfren Internet Speed Booster

Berbeda dengan fitur Internet Speed Booster pada AHA, SmartFren menghadirkan suatu fitur Internet Speed Boster secara gratis. Fitur ini dinamakan Double Speed. Meskipun terbilang gratis namun aplikasi ini bukan tanpa syarat. Anda diharuskan melakukan deposit sebesar 100.000 rupiah. Setelah Anda melakukan deposit, Anda diminta untuk melakukan aktivasi melalui SMS. Setelah melakukan aktivasi tersebut, Anda akan mendapatkan kecepatan Internet dua kali lipat dari kecepatan normal, misalnya ketika Anda berlangganan paket Unlimited Premium maka kecepatan Internet Anda kini menjadi 768 Kbps dari semula 384 Kbps namun dengan FUP atau kuota 200MB per hari. Setelah melewati FUP tersebut, kecepatan akan kembali seperti sebelumnya.

Selain paket fitur Double Booster, Anda juga bisa menggunakan fitur Internet Speed Booster lainnya dari SmartFren, yakni Premium Booster 1 dengan kecepatan maksimum 1 Mbps dengan tarif Rp 3.000 per hari dan Premium Booster 2 dengan kecepatan maksimum 3.1 Mbps dengan tarif Rp 5.000 per hari.

Untuk bisa meningkatkan kecepatan dengan Internet Speed Booster Anda terlebih dahulu harus berlangganan paket Unlimited, baik itu AHA dan SmartFren. Dengan adanya perbandingan dua provider tersebut, kita dapat melihat bahwa fitur Internet Speed Booster dari SmartFren lebih unggul dengan adanya fitur Double Booster dan Premium Booster 1 yang memiiki kecepatan maksimum lebih tinggi ketimbang AHA. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel