Kumpulan Shortcut Key Photoshop Dasar

10 Jan 2013 20:00 6043 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada kali ini Plimbi akan mencoba menulas mengenai kumpulan shortcut key Photoshop, hal ini akan berguna ketika Anda sedang mempergunakan aplikasi ini, dimana jika Anda sudah menghapal fungsi dan juga shortcut tersebut tentunya akan sangat berguna dari segi efisiensi waktu yang dapat mempercepat pekerjaan.

Adobe Photohop merupakan sebuah aplikasi editing untuk foto dan juga gambar yang populer, Bagi Anda yang baru belajar atau sudah mahir Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup baik untuk mengenal tentang dan fitur yang disediakan pada aplikasi Photoshop. Pada kali ini Plimbi mencoba mengulas mengenai kumpulan shortcut key Photoshop, hal ini akan berguna ketika Anda sedang mempergunakan aplikasi ini, dimana jika Anda sudah menghapal fungsi dan juga shortcut tersebut tentunya akan sangat berguna dari segi efisiensi waktu yang dapat mempercepat pekerjaan Anda dan tentunya akan membuat Anda lebih merasa nyaman tanpa harus mengklik menu-menu yang tersedia pada toolbar Photoshop yang akan meyita waktu Anda. Berikut ini adalah kumpulan shortcut key Adobe Photoshop tersebut:

Tool selection. Anda bisa menekan tombol Shift pada keyboard, lalu menekan huruf yang disebutkan pada toolbar sesuai seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Misalnya menekan tombol V untuk memindahkan tool, tekan M untuk Marquee. Untuk beralih atau menggeser tools yang berikutnya dalam set yang sama Anda hanya perlu menekan lagi tombol dengan menekan shift.

Tekan Ctrl + Tab pada dokumen saat file tersebut sedang terbuka. Tekan F maka Anda akan beralih di antara tampilan layar Standard, maximized, full screen yang akan disertai dengan menu. Dengan menekan F pada keyboard lalu dengan menahan shift maka hal tersebut akan membalik posisi urutannya.

Untuk melakukan proses Zoom, tekan Z pada keyboard Anda. Tekan Alt + Z untuk memperkecil Zoom. Dan tekan Ctrl + 0 untuk menyesuaikan gambar dengan layar. Anda juga dapat melakukannya dengan cukup menekan Ctrl dengakn kombinasi tombol + atau - pada keyboard untuk memperbesar atau memperkecil ukuran masing-masing objek. Menekan tombol Tab secara bergantian berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan menu palettes yang dapat menciptakan ruang kerja tambahan.

Tahan tombol Ctrl untuk melakukan switch atau dengan menahan spasi pada keyboard untuk beralih pada menu hand tool. Tekan Shift untuk menambahkan bila menggunakan salah satu tool selection, tekan Shift untuk menambah pilihan dan juga tekan Alt untuk mengurangi dari pilihan sebuah objek gambar atau foto.

Anda tentunya sudah mengetahui fungsi dari Ctrl + Z untuk membatalkan perubahan terakhir Anda (Undo). Menekan Ctrl + Alt + Z untuk terus kembali mundur, Untuk untuk mengakses history box Anda bisa menekan . Ctrl + Shift + Z bergerak maju.

Shortcut pada Photoshop berikutnya yaitu dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + N pada keyboard, dengan menekan tombol tersebut maka Anda akan menampilkan kotak dialog untuk membuka layar baru pada lembar kerja Photoshop Anda. Tekan Ctrl + N untuk menampilkan jendela baru. Ctrl + J untuk menggandakan layer pada lembar kerja Photoshop.

Saat Anda sedang bekerja menggunakan tool brush pada Photoshop, tekan tombol [ atau ] pada keyboard untuk melakukan proses melakukan increase atau decrese ukuran pada brush tool lalu tahan tombol shift untuk melakukan prosespelembutan brush tersebut, dan tekan Alt untuk menggunakan fitur eye-dropper tool.

Klik bagian dari gambar milik Anda yang akan diedit, tekan dan tahan tombol Ctrl maka layer pada photoshop akan terpilih. Untuk melakukan resize pada sebuah gambar Anda bisa menekan tombol Ctrl + T, untuk membuka fitur transform tool untuk mengelilingi objek gambar. Untuk merubah (resize) berdasarkan rasio (height/weight) tekan kombinasi tombol tanda panah bawah + Shift pada keyboard Anda.

Jika Anda lupa mengenai berbagai macam shortcut pada Photoshop, silahkan Anda tekan kombinasi keyboard berikut ini Ctrl + Alt + Shift + K. Jika Anda melakukannya maka sebuah jendela bantuan akan muncul dan menampilkan kumpulan shortcut.Bagi Anda pengguna sistem operasi Mac, gunakan perintah Cmd (command) Ctrl dan Opt serta(Option) Alt.

Dengan Anda terbiasa menggunakan shortcut pada Photoshop maka semua pekerjaan Anda yang berhubungan dengan editing gambar pada Adobe Photoshop maka akan semakin cepat untuk diselesaikan dengan cepat dan menghemat waktu. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel