Beginilah Cara Membuat Jaringan WiFi Menggunakan Windows 7 Dengan Mudah

9 Jan 2013 19:00 10768 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan adanya fitur Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter, Anda dapat membuat jaringan WiFi sendiri di rumah, kampus atau tempat yang lain. Fitur tersebut hanya terdapat pada Windows 7. Sehingga, laptop atau komputer Anda harus diinstall Windows 7 terlebih dahulu.

Bagi Anda pecinta internet tentu sudah tidak asing lagi untuk kata WiFi. Jaringan ini biasanya terdapat pada kafe, sekolah, warnet, kampus, dan tempat-tempat penting lainnya. Untuk penggunakan WiFi ini biasanya Anda harus membawa laptop ke tempat-tempat tersebut. Hal ini tentu kurang menguntungkan bagi Anda yang menggunakan komputer.

Namun, dengan adanya fitur Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter, Anda dapat membuat jaringan WiFi sendiri di rumah, kampus atau tempat yang lain. Fitur tersebut hanya terdapat pada Windows 7. Sehingga, laptop atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan WiFi ini harus diinstall Windows 7 terlebih dahulu.

Selain menggunakan Windows 7, Anda juga harus mendownload software tertentu untuk mendukung penggunaan WiFi. Adapun software tersebut adalah Connectifity. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda akan dapat menggunakan WiFi baik dalam bentuk LAN, modem CDMA atau GSM dan jaringan WiFi yang lainnya. Untuk lebih amannya menggunakan jaringan WiFi lebih baik Anda menggunakan password. Sehingga, penggunanya hanya teman-teman yang telah diorganisir dan yang telah Anda beri tahu passwordnya.

Untuk menggunakannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu software aplikasi Connectifity. Aplikasi ini diberikan secara gratis di internet. Sehingga, Anda dapat mendownload tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun. Adapun Connectifity yang digunakan adalah versi 2.20. Untuk proses instalasinya sama dengan ketika menginstall aplikasi yang lain.

Setelah terinstal, Anda dapat mengklik aplikasi tersebut pada Desktop komputer. selanjutnya, Anda harus mengkomfigurasi beberapa hal untuk dapat mengetahui cara membuat jaringan WiFi menggunakan Windows 7 ini. Dalam proses konfigurasi ini, Anda harus dapat mengatur beberapa hal agar proses penggunaan WiFi berjalan lancar tanpa adanya masalah.

Pada tampilan awal dari aplikasi ini, Anda akan dapat melihat beberapa bagian yang harus di setting dengan benar. Hal yang pertama yang harus Anda setting adalah menu Network Name. menu ini berada di bagian ketiga dari atas. hal yang perlu Anda lakukan pada bagian ini menuliskan nama dari WiFi Anda. Nama tersebut dapat berupa nama group Anda. Misalnya, Indonesia menyala. Namun hal yang perlu dituliskan pada bagian ini minimal 8 karakter. Sedangkan untuk maksimalnya 32 karakter.

Langkah selanjutnya untuk membuat WiFi dengan Windows 7 adalah mengatur password. Untuk melakukannya, Anda harus masuk ke menu Password yang ditampilkannya. Tujuan dilakukan password ini adalah untuk menghindari adanya orang lain yang menggunakan WiFi ini. Jika ini terjadi maka koneksi WiFi Anda akan semakin lambat dan susah untuk membuka situs yang diinginkan. Untuk melakukan hal ini, Anda tuliskan password yang diingkan pada menu Password yang ada. Minimal Anda harus menuliskan 8 karakter dan maksimal 62 karakter. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, Anda tuliskan password yang menggabungkan angka dan huruf.

Setelah mengatur password, Anda masuk ke bagian Shared Connection yang tepat berada di bawah Password. Pada bagian inilah yang merupakan pengaturan inti dalam cara membuat jaringan WiFi menggunakan Windows 7. Pada bagian inilah, Anda juga dapat mengatur apakah menggunakan jaringan WiFi LAN, WiFi modem GSM/CDMA dan jaringan WiFi yang lain.

Untuk pengaturannya, Anda dapat memilih beberapa bagian yang ada. Adapun pilihan yang yaitu No Internet Sharing, Local Area Connection 2, Wireles Network Connection 2 dan VirtualBox Host-Only Network. Untuk memilih, semua tergantung kepada jaringan yang Anda gunakan. Jika Anda ingin bermain game LAN, tetapi tidak mempunyai jaringan LAN maka dapat memilih No Internet Sharing. Jika menggunakan modem GSM atau CDMA maka akan muncul bagian secara otomatis dan tidak terdapat pada pilihan di atas.

Namun, jika menggunakan LAN, Anda dapat memilih Local Area Connection. Dalam pemilihan ini sangat tergantung kepada kepada jaringan WiFi yang Anda gunakan. Setelah semuanya disetting maka ikon Wireless akan moncul secara otomatis di bagian Taskbar. Untuk dapat memunculkan, Anda klik kanan. Lalu, pilih Always Show A-Hoc Mode. Dengan itu, akan ditampilkan jendela status WiFi Anda. Jendela tersebut dimunculkan langsung dari website Connectifity. Jika ingin memutus jaringan, Anda dapat memilih Stop Hostpot. Anda dapat mendownload aplikasinya di situs ini.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel