Tips Memantau Kuota Layanan Data Internet Android dan iPhone

27 Jul 2011 11:39 10179 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tidak jarang penggunaan internet melebihi kuota dan berakibat pulsa terpotong atau tagihan telepon membengkak. Ada dua aplikasi yang bisa membantu pengguna Android dan iPhone memantau penggunaan kuota.

Perangkat Android dan iPhone adalah perangkat yang menonjolkan kemampuan berselancar di internet dengan mudah. Dengan kemampuannya yang mobile, pengguna bisa online dan melakukan kegiatan browsing, googling, chatting, dan sebagainya. Oleh karena itu, pengguna perangkat ini sudah tidak asing dengan layanan data internet yang disediakan oleh semua operator telekomunikasi di Indonesia. Dan juga tentu tidak asing dengan sistem kuota layanan data tersebut.

Kelebihan sistem kuota adalah pengguna membayar biaya sesuai dengan penggunaannya. Pengguna bisa memilih paket layanan data internet dengan jumlah kuota yang dibutuhkan dan harga yang sesuai. Namun kelemahannya adalah masalah pemantauan penggunaan kuota. Tidak jarang pengguna menggunakan internet melebihi kuota dan berakibat pulsa terpotong (untuk pengguna prabayar) atau tagihan telepon membengkak (untuk pengguna pascabayar).

Operator telekomunikasi sendiri sebenarnya menyediakan fitur pengecekan kuota, namun tidak secara otomatis. Pengguna harus selalu "menanyakan" update informasi penggunaan kuota miliknya. Jadi bisa dibilang pemantauan penggunaan kuota ini sepenuhnya menjadi tugas pengguna. Untuk masalah ini, Paseban menemukan satu cara praktis untuk memantau penggunaan kuota. Paseban menemukan dua aplikasi yang bisa membantu pengguna Android dan iPhone memantau penggunaan kuota.

My Data Manager
Pengguna Android bisa menggunakan aplikasi bernama My Data Manager. Aplikasi ini tersedia di Android Market dalam dua versi, satu versi gratis dengan iklan, satu versi berbayar seharga $4.23 dan tanpa iklan. Dengan aplikasi ini Anda bisa:
- Setting jumlah kuota layanan data Anda, dan setting alarm bila kuota tersebut habis. Setting ini bisa layanan data perhari atau perbulan.
- Melihat catatan konsumsi data yang telah Anda gunakan. Fitur ini bisa membantu Anda mengetahui layanan data dengan kuota berapa yang sebenarnya Anda butuhkan perhari atau perbulan.
- Melihat catatan konsumsi data per aplikasi. Anda bisa mengetahui aplikasi mana yang banyak mengkonsumsi data, dan aplikasi mana yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Hal ini bisa membantu Anda dalam berhemat.

My Data Usage
Untuk pengguna iPhone bisa menggunakan My Data Usage. Aplikasi ini berfungsi sama dengan My Data Manager pada Android. Aplikasi tersedia di iTunes App Store seharga $1. Dan My Data Usage adalah aplikasi "hybrid"Â, yang mana hal ini berarti dengan sekali beli Anda bisa mengkopi aplikasi pada perangkat Apple Anda lainnya seperti iPhone, iPod Touch, dan iPad.RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel