Ternyata Burung Pipit Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1 Feb 2023 12:55 1231 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ternyata Burung Pipit Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Orang awam mungkin akan berpikir bahwa burung pipit adalah nama bagi sejenis burung tertentu. Tetapi faktanya adalah nama burung pipit tidak mengacu kepada satu jenis burung saja namun menjadi sebutan bagi sekelompok burung yang termasuk dalam suku estrildidae yang terkenal mempunyai ukuran tubuh kecil-kecil serta pemakan biji-bijian. Diantara jenis burung pipit ini adalah burung gelatik dan burung bondol. Rata-rata bobot tubuh jenis burung pipit yang paling kecil hanyalah 6 gram saja sementara yang paling besar adalah gelatik jawa mencapai bobot 25 gram. Di samping melihat dari sisi ukuran tubuh burung pipit yang kecil-kecil, burung ini bisa dikenali dari warna bulunya yang bervariasi. Burung ini suka hidup berkelompok namun kurang tahan dengan cuaca yang dingin sehingga sangat cocok tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Meskipun ditemukan juga sebagian kecil yang mampu bertahan di cuaca dingin yaitu di daerah Australia Selatan.

Di Indonesia, sekawanan burung pipit termasuk jenis hewan yang kurang disukai oleh para petani karena suka memakan biji padi atau biji jagung sehingga merusak tanaman mereka di sawah dan ladang. Namun dibalik itu ternyata daging burung pipit bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat dari daging burung pipit untuk manusia :

 

1/ Mengatasi mata berair

Meskipun ini adalah penyakit yang tidak terlalu berbahaya namun mata berair dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari anda di luar rumah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini menyerang manusia seperti debu, mata lelah, alergi, flu dan faktor usia. Untuk menghilangkannya bisa menggunakan obat dari dokter dan juga cara tradisional yang banyak dilakukan oleh orang-orang desa antara lain mencoba konsumsi daging burung pipit yang dipercaya ampuh mengatasi mata berair.

 

2/ Menghilangkan kutil

Manfaat burung pipit untuk menghilangkan kutil bisa dilakukan dengan cara membuat pasta daging burung pipit yang dicampur dengan air liur manusia kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena kutil. Lakukan pengobatan secara rutin uantuk kutil di bagian kaki, tangan atau bagian tubuh lainnya hingga lenyap dengan sendirinya.

 

3/ Meningkatkan stamina

Mengkonsumsi daging pipit secara rutin setiap hari dipercaya bisa untuk meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh terasa lebih berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Daging burung pipit dapat diolah sesuai dengan selera anda apakah digoreng atau dibakar lalu disantap bersama dengan nasi dan sayur lalapan sambal terasi.

 

4/ Meningkatkan kekebalan tubuh

Rajin mengkonsumsi daging burung pipit dalam porsi seimbang memiliki fungsi dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit. Seperti diketahui bahhwa ada banyak virus dan bakteri jahat yang ada di sekitar anda yang siap menyerang sewaktu-waktu. Dengan kekebalan tubuh yang sempurna maka dapat melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi makanan lain seperti beberapa jenis ikan laut.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel