Penjelasan Singkat tentang Keberadaan Air di Bumi Tidak Pernah Habis

4 Aug 2022 13:20 503 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Penjelasan Singkat Tentang Keberadaan Air Di Bumi Tidak Pernah Habis

Pernahkah anda berpikir dan bertanya, “Mengapa air di bumi tidak pernah habis ?” Darimanakah datangnya air dan apakah air bisa berkurang pada suatu hari nanti. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan sebuah pertanyaan yang wajib untuk diperhatikan terkait dengan keberadaan air di bumi. Dimana diketahui bahwa air adalah sebuah sumber kehidupan yang memegang peranan sangat penting bagi kehidupan manusia dan juga tumbuhan serta binatang. Seperti yang anda lihat di waktu pagi hari ketika baru bangun dari tidur, mungkin kegiatan pertama yang akan anda lakukan adalah pergi ke dapur untuk mengambil air buat diminum atau sebelum berangkat ke sekolah anda akan membuat segelas susu dengan menggunakan air. Tanpa adanya ketersediaan air sebagai salah satu mahkluk hidup, anda mungkin saja akan merasa kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dimana diketahui bahwa tubuh sendiri sangat membutuhkan air untuk menjalani kehidupan sehari-hari kemudian air juga akan dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya seperti mandi, membersihkan diri dan bercocok tanam. Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang darimana datangnya air dan mengapa air di bumi ini tidak pernah habis. Perhatikan penjelasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

 

Air Bumi Berasal Darimana ?

 

Pertanyaan air bumi berasal darimana mungkin bisa terjawab adalah melalui penjelasan berikut ini. Bumi ini menyimpan air dalam jumlah yang sangat banyak di dalamnya. Mungkin anda tidak akan percaya bahwa di bawah permukaan bumi yang anda injak ini ternyata mengandung banyak sekali sumber air bumi yang selalu siap setiap waktu untuk digunakan buat pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Air di bumi bisa juga berasal dari lapisan atmosfer, gunung berapi, laut dan samudera, sungai dan danau. Dimana lebih dari jutaan tahun yang lalu air ini terus mengalami proses pendauran ulang melewati berbagai media yang sudah dijelaskan sebelumnya. Proses ini yang menyebabkan bahwa air yang ada di bumi bisa terus anda nikmati.

 

Dari penjelasan singkat kami tersebut di atas bisa disimpulkan bahwa sumber air berasal dari bawah permukaan bumi, dari atmosfer (udara yang ada di bumi), dari aliran sungai, danau dan juga lautan dan gunung berapi.

 

Mengapa Air Di Bumi Tidak Pernah Habis ?

 

Bumi merupakan sebuah planet yang sangat menarik untuk dipelajari. Planet ini ditinggali oleh beragam jenis mahkluk hidup yaitu salah satunya adalah manusia yang mempunyai beberapa kelebihan dan juga keunikan bisa ditemukan di dalamnya jika anda bandingkan dengan planet-planet lainnya yang rata-rata tidak berpenghuni, salah satunya adalah ketersediaan air. Meskipun beberapa penemuan terkini sangat mungkin di Mars bisa ditemui air tetapi Mars mempunyai paparan radiasi tinggi yang bisa membahayakan kehidupan manusia sedangkan di bumi kondisinya aman dan nyaman. Dalam hubungannya dengan persediaan air, bumi mempunyai keistimewaan yaitu yang ada hubungannya dengan menyimpan persediaan air. Menurut pendapat yang diberikan oleh seorang volcanologist yang bernama Jim Webster, bumi sangatlah efisien dalam hal menyimpan air dalam jumlah yang berlimpah. Air dalam hal ini akan mengalami penguapan ke udara melalui atmosfer tetapi kecil kemungkinannya untuk bisa menuju keluar atmosfer. Ini dikarenakan suhu di ketinggian atmosfer pada titik tertentu sangatlah dingin yang menyebabkan uap air berubah menjadi kristal.

 

Karena adanya gaya gravitasi bumi menyebabkan kristal tersebut jatuh kembali ke bumi. Nah air yang turun ke bumi dalam bentuk hujan ini akan terserap kembali ke dalam bumi untuk selanjutnya disimpan oleh bumi (kembali). Kejadian ini merupakan sebuah siklus yang diistilahkan dengan siklus hidrologi dimana siklus ini berjalan sepanjang waktu tanpa pernah berhenti, itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa air di bumi sangat sulit untuk habis.

 

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Tentang Air

 

Ketersediaan air di bumi memang sangat berlimpah  dan kemungkinan besar tidak akan pernah habis, tetapi ada satu hal yang harus menjadi perhatian manusia. Bahwa stok air di bumi meskipun jumlahnya sangat besar tetapi perlu diingat bahwa air bersih tidak selalu tersedia sewaktu-waktu. Pada kenyataannya akses air bersih ini hanya ada di beberapa negara di dunia ini termasuk Indonesia. Tidak semua wilayah di bumi ini mempunyai resapan yang berjalan secara optimal atau adanya proses siklus air yang bagus. Ada beberapa tempat yang sangat jarang terjadi hujan sehingga menyebabkan munculnya kekeringan dan menjadikan tempat tersebut kekurangan air bersih. Beberapa fenomena alam seperti angina dan aliran sungai merupakan faktor yang dapat menentukan aliran atau ketersediaan air. Maka dari itu meskipun air di bumi ini hampir sama jumlahnya dari tahun ke tahun tetapi di beberapa tempat jarang bisa terjangkau oleh ketersediaan air terutama air bersih.

 

Lebih dari satu juta penduduk di dunia ini hidupa tanpa adanya supply air bersih yang mencukupi, mereka kekurangan pasokan air bersih. Selain itu adanya perubahan iklim dan cuaca juga mempengaruhi dalam berkurangnya pasokan air bersih yang ada di dunia. Beberapa sumber air bersih mulai berkurang di beberapa titik di negara yang sebelumnya mempunyai sumber air bersih.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel