Resep Semur Ayam Kecap Membawa Kita Bernostalgia

19 Jul 2022 13:30 1517 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bernostalgia Masa Kanak-Kanak Dengan Memasak : Resep Semur Ayam Kecap

Bisa membayangkan kelezatan resep semur ayam kecap yang biasa dimasak oleh bunda di kampung halaman, dulu. Ini bisa menjadi warna untuk nostalgia anda tentang masa kanak-kanak yang indah dengan menyantap beragam menu tradisional yang melegenda hingga saat ini. Dibalik kesederhaan hidangan ini menyimpan begitu banyak cerita kenangan yang tersimpan dengan manis dalam memori. Itulah resep semur ayam rumahan yang selalu bikin kangen untuk dicicipi berkali-kali. Hidangan penuh nostalgia ini selalu mampu mengundang selera makan saat tersaji di meja makan. Terlebih saat ini anda jauh dari kampung halaman (hidup di kota metropolitan yang serba menu fast food). Masakan tradisional yang rumahan bisa mengingatkan anda betapa besarnya cinta sang bunda yang memasak menu-menu kesukaan anda sewaktu kecil.

Seperti dijelaskan tersebut di atas, semur adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang menyimpan catatan sejarah panjang hingga termodifikasi seperti sajian saat ini. Masakan ini mampu menjadi wadah asimilasi berbagai teknik dan budaya kuliner dari berbagai daerah hingga mancanegara seperti di India. Semur ternyata bisa diolah dengan berbagai jenis protein berbeda-beda tergantung dari asal daerahnya. Masakan yang dahulunya dalam Bahasa Belanda disebut dengan istilah smoor kini sudah menjadi salah satu masakan nasional di Indonesia. Sehingga tak mengherankan kalau semur menjadi masakan andalan banyak rumah tangga terutama di Indonesia. Ini ibarat menjadi warisan nenek moyang terdiri dari banyaknya campuran resep sejenis. Mulai dari bagaimana cara memasak semur ayam yang tidak alot hingga cita rasa racikan bumbu di dalamnya.

Secara tehnik, resep semur ayam kecap ini sama dengan resep semur tahu atau semur ayam kentang. Mereka sama-sama menggunakan kecap manis yang dicampur dengan beragam jenis rempah-rempah. Teknik memasaknya memakai api kecil alias simmering agar tidak sampai mendidih karena bahan-bahannya mudah matang. Tehnik ini pertama kali diperkenalkan oleh Belanda tetapi sekarang sudah banyak mendapat pengaruh dari cara memasak bergaya Indonesia. Cara ini akan membantu semua rempah dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam dan menjadikan hidangan terasa gurih dan manis. Resep semur ayam kecap ini cocok digunakan sebagai lauk teman makan nasi putih pada waktu pagi, siang dan malam hari. Rasanya lezat dan rumahan. Siapa saja di rumah pastilah menyukainya.

Resep Semur Ayam Kecap

Bahan utama yang perlu disiapkan :

  • ½ ekor ayam dipotong 6 bagian lalu digoreng hingga setengah matang
  • 3 buah kentang, kupas dan potong agak besar lalu goreng hingga empuk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 100 ml Bango Kecap Manis
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • ½ butir pala diparut
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1 liter air
  • 3 sdm minyak sayur
  • 2 sdm bawang goreng merah

Sediakan bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm jahe

Bagaimana cara memasaknya ?

1/ Tumislah bumbu halus dan serai hingga harum. Lalu masukkan daging ayam dan aduk-aduk merata.

2/ Tambahkan kentang, Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, pala, merica, garam dan air lalu diaduk-aduk dan didihkan.

3/ Kecilkan api, lanjutkan memasak hingga ayam matang dan kuah mengental.

4/ Jika dirasa sudah matang, angkat dan sajikan selagi panas.

Selamat memasak.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel