Favorit Pelancong Kuliner Sedunia, Inilah Dessert Khas Turki Terlezat

4 Jul 2022 12:50 1112 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Favorit Pelancong Kuliner Sedunia, Inilah Dessert Khas Turki Terlezat

 

Pernahkah anda liburan ke Turki ? Berkunjung ke Turki rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi dessert khas warga Turki yang bentuknya unik, dimana negara yang satu ini saat ini sedang menjadi bahan perbincangan di Indonesia berkat drama serial TV dengan judul Layangan Putus. Drama serial yang dibuat di Turki ini sangat menarik untuk ditonton, tidak hanya dunia hiburannya yang cukup menarik, tempat-tempat wisata yang ada di sini juga sangat menarik untuk dilihat melalui layar kaca TV oleh banyak wisatawan. Adegan yang paling berkesan adalah ketika menaiki balon udara di Cappadocia, sambil mengagumi keindahan alam Hagia Sophia, menjelajahi setiap sudut kota-kota yang indah di Turki. Di samping banyaknya tempat yang indah, Turki juga terkenal dengan sajian dessertnya yang sangat menggoda untuk dicoba. Berikut beberapa yang kami rekomendasikan tersebut di bawah ini.

1/ Turkish Rice Pudding

Dessert khas Turki yang pertama adalah bernama turkish rice pudding yaitu dessert yang sekilas pandang tampak seperti crème brulee. Turkish rice pudding atau populer dengan nama firinda sutlac terbuat dari olahan gandum, susu dan krim kental. Bahan-bahan ini dicampur dengan merata hingga menjadi adonan pudding kemudian akan dipanggang hingga bagian atasnya tampak berubah warna dari putih menjadi kecokelatan. Nah pada bagian atasnya inilah ditaburi dengan bubuk kayu manis untuk menambah rasa semakin lezat dan gurih, penasaran dengan rasanya ? Silahkan anda mencicipi dessert yang satu ini di restoran-restoran saat anda berkunjung ke Turki.

2/ Tulumba Tatlisi

Dessert khas Turki yang kedua adalah bisa anda mencicipi kelezatannya sebagai dessert khas Turki yang bernama tulumba tatlisi. Merupakan salah satu street food favorit di Turki. Untuk menemukan makanan ini sangat mudah sekali, jika anda memiliki waktu luang silahkan berkunjung ke tempat-tempat yang menjadi kawasan wisata kuliner di Turki, makanan ini terbuat dari tepung pati yang dicampur dengan gandum semolina lalu digoreng hingga garing. Dessert ini mempunyai tekstur yang sangat lembut di bagian dalamnya dan renyah di bagian luar. Sekilas pandang makanan ini mirip dengan churros tetapi yang membedakan dengan churros adalah perendamannya dalam sirup lemon yang memperkaya cita rasa tulumba tatlisi, sehingga sangat cocok sebagai santapan cemilan sambil santai.

3/ Kunefe

Yang ketiga adalah dessert khas Turki yang wajib untuk anda cicipi jika berkunjung ke Turki, namanya adalah kunefe yang sangat menarik dari bentuk dan rasanya. Kunefe atau terkenal dengan nama lain knafeh terbuat dari adonan bernama kadayif yang terbuat dari bahan gandum. Kadayif ini direndam dalam sirup gula yang diberi isian berupa cincangan kacang pistachio dan keju kambing atau goat cheese. Kemudian kunefe akan dipanggang dalam oven hingga kadayif mempunyai tekstur kering dan keju di dalamnya menjadi meleleh dan sangat lembut. Perpaduan renyah, lembut, manisnya kadayif dan tawarnya keju kambing menyatu dalam mulut sehingga kenikmatan dessert ini sangat terasa di lidah.

4/ Asure

Yang kelima tidak boleh anda lewatkan adalah asure yaitu sejenis pudding yang memiliki sebutan istimewa yaitu noah’s ark pudding atau pudding bahtera termasuk salah satu makanan legendaries di Turki. Legenda Turki percaya kalau dessert yang satu ini diciptakan oleh Nabi Nuh ketika persediaan makanan di bahtera mulai menipis. Makanan ini terbuat dari campuran bahan-bahan seperti kacang-kacangan, gandum, buah-buahan kering, kismis dan irisan kelapa muda segar.

5/ Tavuk Gogsu

Dessert yang terakhir adalah tavuk gogsu yang terbuat dari bahan utama yaitu cokelat dan cincangan daging ayam yang empuk dan gurih. Tavuk gogsu merupakan salah satu makanan pencuci mulut ala Turki yang berbahan dasar dada ayam dan cokelat, dimana prosesnya adalah mencampur daging ayam yang akan diolah menjadi adonan pasta yang lembut. Rasanya seperti perpaduan rasa gurih dari daging ayam dengan gula dan susu serta cokelat yang menjadikannya terasa manis dan agak pahit, makanan ini berbentuk pudding dengan taburan bubuk kayu manis di atasnya.

Selamat menikmati.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel