Kenali Beberapa Jenis Minuman Kopi Ini, Baru Ngaku Pecinta Kopi

22 Jun 2022 13:30 1557 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kenali Beberapa Jenis Minuman Kopi Ini, Baru Ngaku Pecinta Kopi

Minuman kopi di dunia ini mempunyai beragam variasi mulai dari jenis biji kopi yang digunakan hingga ke proses pengolahannya. Ada banyak versi minuman kopi yang bisa anda coba dari seluruh penjuru dunia. Anda pastilah sudah akrab dan mengenal yang namanya espresso, cappuccino atau amerikano karena terlalu sering memesannya di kafe / kedai kopi untuk penghilang kantuk di waktu saing hari. Selain racikan kopi yang sudah kami sebutkan sebelumnya, masih ada jenis yang lainnya wajib untuk anda cicipi karena menawarkan rasa yang tak kalah menarik dan rata-rata sangat lezat. Ini cocok sekali dicoba bagi anda yang sering mencari minuman boba yang dipadukan dengan kopi. Nah apa saja jenis kopi yang bisa anda cicipi di kedai-kedai kopi kekinian agar bisa menjadi seorang pecinta kopi, yuk simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Kopi Macchiato

Yang pertama adalah jenis minuman kopi bernama macchiato adalah salah satu jenis minuman kopi yang dibuat dengan mengkombinasikan antara kopi espresso dengan susu murni yang dikocok hingga berbusa. Sekilas pandang minuman ini akan mirip dengan cappuccino atau latte tetapi berbeda nama saja di Italia. Meskipun demikian ada banyak orang yang bilang bahwa minuman ini berbeda karena kombinasi susu dan kopinya. Jika anda penasaran ingin mencoba secangkir minuman kopi ini, cobalah berkunjung ke kedai kopi kekinian seperti 3K Coffee, Goni Coffee dan Pison Coffee yang berlokasi di Jakarta pusat. Pesanlah macchiato dan cappuccino secara bersamaan untuk mengetahui dan merasakan perbedaannya.

2/ Kopi Espresso

Yang kedua adalah espresso merupakan salah satu jenis minuman kopi yang dibuat dengan melakukan ekstraksi terhadap biji-biji kopi yang sudah disangrai sebelumnya. Ekstraksi ini akan menghasilkan kopi dengan mengeluarkan aroma yang tajam dan tekstur serta rasa yang pekat. Anda akan merasakan beragam rasa menempel di lidah seperti pahit, rasa floral dan rasa lainnya sesuai dengan jenis biji kopi yang digunakan. Kopi ini spesial disajikan dalam cangkir-cangkir kecil yang isinya hanya 30 ml saja. Anda harus mengkonsumsinya dalam sekali seruput saja. Selanjutnya minum air putih dan membersihkan rongga mulut dari after taste yang sangat kuat. Untuk bisa merasakan espresso, cobalah datang ke kedai kopi kekinian yang rata-rata sudah terkenal dan banyak memiliki pelanggan seperti di Kota Surabaya dengan Caturra Espresso, di Jakarta dengan Giyanti Coffee Roestery.

3/ Kopi Latte

Apakah anda bingung membedakan antara latte dengan cappuccino ? Sekilas pandang dua hal ini hampir sama yaitu sama-sama menggunakan espresso sebagai bahan utama. Namun yang membedakannya adalah campuran susu murni yang digunakan. Pada latte, susu panas yang dicampur espresso memiliki perbandingan antara 2:1 karena mempunyai campuran yang lebih banyak kadang-kadang rasa creamy dan gurih dari susu lebih kuat. Meskipun demikian, penggemar latte cukup banyak di dunia ini. Khususnya bagi mereka yang tidak begitu menyukai rasa pahit yang ditawarkan oleh kopi. Ada latte art atau melukis dengan menggunakan microfoam dari susu di atasnya. Inilah yang membuat minuman ini semakin digemari oleh semua kalangan. Latte atau caffe latte bisa anda cicipi di Kopi Zeen (best café coffee Kuta Bali) juga bagi anda yang berada di Bandung bisa mencoba ke Noah’s Barn.

4/ Kopi Cappuccino

Jika merasa bosan dengan espresso yang terlalu pahit dan ingin mencoba jenis minuman kopi terbaru maka kenapa tidak mencoba cappuccino saja ? Minuman khas warga Italia ini terbuat dari ekstrak kopi pilihan, espresso dan susu murni. Perbandingannya adalah : espresso â bagian, susu murni â bagian dan sisanya adalah susu yang dibuat menjadi busa dengan cara dikocok. Minuman ini cukup banyak digemari karena mempunyai rasa tidak terlalu pahit. Dapatkan cappuccino terlezat di Jakarta dengan datang ke Crematology Coffee, Anomali Coffee Senopati dan One Fifteenth Coffe. Jika sedang berada di Bali bisa berkunjung ke Pison Coffe di daerah Petitenget dan Revolver Espresso di Denpasar.

5/ Kopi Americano

Yang terakhir adalah americano dimana awal terciptanya minuman kopi yang satu ini dianggap sebagai hinaan kepada orang-orang Amerika yang tidak bisa minum espresso dalam kondisi kental dan pekat. Mereka selalu meminta agar minuman mereka ditambahkan air panas hingga encer agar dapat dinikmati dengan lebih santai. Dari ejekan ini , americano justru menjadi berkembang dengan baik ke seluruh dunia. Saat ini hampir semua kedai-kedai kopi dimana-mana menyediakan jenis minuman kopi yang satu ini. Americano bisa diminum dalam kondisi dingin atau hangat-hangat kuku dan panas. Anda bisa memulainya tanpa gula atau ada tambahan gula. Ada banyak kafe yang menyediakan americano dan tidak harus terkenal. Kedai-kedai minuman waralaba juga banyak menjualnya yang justru cenderung menyediakan espresso dan olahan kopi lainnya malah jarang menemukan menuaAmericano.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel