Alcatel Pix 4 Plus Power, Smartphone Kelas Menengah Kebawah dengan Baterai 5,000mAh

27 Sep 2016 12:07 2327 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut klaim pihak Alcatel, smartphone dengan harga terjangkau ini akan dapat bertahan hingga 2,7 hari penggunaan normal.

Baru saja diumumkan, sebuah smartphone buatan Alcatel kembali siap berpartisipasi mewarnai persaingan sengit di dunia smartphone, khususnya di segmen smartphone kelas menengah ke bawah.

Alcatel Pix 4 Plus Power adalah nama smartphone tersebut. Menurut spesifikasi resminya, smartphone ini secara khusus memiliki keunggulan pada daya tahan baterainya. Hal tersebut dikarenakan baterai pada smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power ini sudah menggunakan baterai berkapasitas 5,000 mAh.

Selain baterai, pilihan warna yang beragam dari smartphone ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang tidak terlalu suka warna pasaran seperti gold, silver, black atau white.

Tersedia dalam berbagai varian warna mulai dari cyan, orange, hijau, putih, biru dan hitam, berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power.

 

Desain dan layar

Memiliki panjang 152 x 78.3 x 9.9 milimeter, smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power adalah sebuah smartphone dengan tampilan stylish yang akan disukai banyak anak muda, khususnya karena smartphone ini memiliki warna cerah yang memang identik dengan kesan youthful alias masa remaja.

Layar yang digunakan pada smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power ini sendiri adalah layar IPS berukuran 5.5 inch yang resolusinya sudah mencapai ukuran HD (1280 x 720p) dengan layar sentuh yang sudah mendukung hingga 5 sentuhan berurutan.

untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah, layar dengan spesifikasi seperti ini menurut saya sudah cukup baik, apalagi resolusinya sudah HD.

 

1. Prosessor & GPU

Menggunakan prosessor quad-core buatan MediaTek yaitu MT6580 dengan clock per-core mencapai 1.3GHz, smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power ini sepertinya tidak diperuntukkan bagi mereka yang suka bermain game di dalam smartphone, ataupun mereka yang suka multitasking berat.

Pendapat tersebut didukung dengan adanya fakta bahwa GPU yang disandingkan untuk menemani chipset MT6580 dalam bekerja adalah Mali 400 MP2 yang kalau digunakan untuk bermain game memang tidak memberikan performa yang baik.

Akan tetapi, untuk sebuah smartphone yang memang ditujukan untuk segmen smartphone kelas menengah ke bawah, smartphone ini dapat dikatakan sudah cukup canggih karena dibekali prosessor tersebut.

 

2. Penyimpanan Internal & RAM

Berbicara soal penyimpanan internal atau yang juga dikenal dengan memori internal, Alcatel Pixi 4 Plus Power terkesan biasa-biasa saja untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah.

Dengan memori internal 8GB, Anda mungkin tidak akan dapat memasang banyak aplikasi favorit Anda yang ukurannya sampai ratusan MB. Tapi jangan khawatir karena penyimpanan tersebut masih bisa diperluas lagi dengan kartu MicroSD dengan ukuran mencapai 32GB saja.

RAM yang tertanam pada smartphone ini juga terkesan biasa saja. Alcatel Pixi 4 Plus Power menggunakan RAM sebesar 1GB untuk mendukung berbagai aktivitas computing dari smartphone tersebut.

 

3. Kamera & Fitur

Acungan jempol bisa diberikan kepada Alcatel Pixi 4 Plus Power ketika kita beralih ke bagian kamera.

Kamera belakang Alcatel Pixi 4 Plus Power sudah menggunakan kamera 8MP yang sudah mendukung polaroid camera serta Video Stabilization serta memiliki lampu flash. Sedangkan untuk kamera depannya, kamera yang tertanam pada smartphone ini juga sudah lumayan, yakni 5MP dengan tambahan lampu flash juga.

Fitur pada Alcatel Pixi 4 Plus Power mungkin tidak sebanyak fitur pada smartphone yang “kekinian.” Tapi setidaknya, Alcatel Pixi 4 Plus Power ini memiliki fitur-fitur yang manfaatnya bisa langsung para penggunanya rasakan sepeti Arkamys Optimized Speakers, mode Power Saving, mode Fast Charging serta mode yang jarang ada pada sebuah smartphone yakni fitur untuk mengubah smartphone menjadi sebuah power bank.

 

4. Baterai dan Konektivitas

Keunggulan yang sekaligus menjadi nilai jual utama dari smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power adalah baterai. Dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh, Alcatel Pixi 4 Plus Power diklaim dapat bertahan hingga 2.7 hari tanpa charging, 22 jam mode browsing lewat Wi-Fi, 14 jam video streaming ataupun 5 hari mendengarkan musik saja.

Tapi seperti biasanya, kita sebagai calon pembeli harus selalu memiliki rasa curiga ketika sebuah perusahaan mengklaim bahwa barangnya adalah barang bagus. Artinya, bisa jadi klaim dari pihak Alcatel menyatakan bahwa smartphone ini dapat bertahan hingga 2.7 hari tanpa melakukan charging. Tapi pada kenyataannya bisa saja lebih rendah daripada yang diklaim.

Beralih ke konektivitas, Alcatel Pixi 4 Plus Power sepertinya agak sedikit memberikan kabar buruk. Dikatakan buruk karena koneksi yang didukung oleh smartphone ini hanyalah koneksi internet hingga 3G+ saja atau yang biasa disebut dengan HSPA+.

Perangkat konektivitas lain yang terpasang pada smartphone ini antara lain, bluetooth yang masih versi 4.0, GPS, Micro USB 2.0, serta dual SIM yang mampu stand by secara bersamaan.

 

5. Kesimpulan

Alcatel Pixi 4 Plus Power adalah smartphone terbaru dari Alcatel yang baru-baru ini diumumkan. Statusnya sendiri masih coming soon yang berarti belum ada harga ataupun tanggal penjualan yang dapat diketahui publik.

Terlepas dari kapan Alcatel Pixi 4 Plus Power ini mulai dijual, smartphone Alcatel Pixi 4 Plus Power adalah smartphone yang secara performa menurut saya pribadi cukup rendah untuk sebuah smartphone di tahun 2016.

Namun bagi Anda yang tidak peduli performa dan lebih peduli pada daya tahan baterai, smartphone ini sepertinya sangat cocok bagi Anda. Apalagi kabarnya menurut klaim pihak Alcatel, baterai smartphone ini dapat bertahan hingga 2.7 hari penggunaan normal. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel