Panduan Menciptakan Salad Sendiri dengan Mudah dan Cepat

26 Jul 2021 12:45 301 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Panduan menciptakan salad sendiri dengan mudah dan cepat.

Menurut pendapat dari The Dictionary of American Food anda Drink menjelaskan bahwa salad adalah sejenis makanan berupa sayur-sayuran hijau atau berwarna yang segar disiram dengan saos atau bumbu-bumbu lainnya yang bisa ditambah dengan buah-buahan segar lainnya. Salad adalah salah satu makanan dengan kandungan gizi yang cukup tinggi. Ini akan tergantung dengan bahan apa saja yang akan anda masukkan ke dalam salad yang dikonsumsi dimana salad bisa menjadi salah satu menu pilihan yang sangat bagus untuk makan malam ringan.

Namun banyak dijumpai salad yang disuguhkan di restoran-restoran besar dengan harga yang cukup mahal namun tidak sesuai dengan selera anda. Maka dari itu, sekali waktu anda bisa mencoba membuat salad sendiri di rumah. Selain lebih hemat, anda bisa memasukkan bahan-bahan pilihan disesuaikan dengan nutrisi yang sedang anda butuhkan.

Selain memahami pengertian dari salad, apakah anda mengetahui tentang apa khasiat dari salad ? Pengolahan salad sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai ragam olahan makanan kudapan, bahkan ada yang khusus menggunakan olahan salad untuk diet. Dalam hal ini salad pada awalnya diartikan sebagai sayuran segar / crispy leaf vegetable namun pada kenyataannya saat ini bahan untuk membuat salad sudah banyak memakai bahan-bahan makanan lain sehingga lahirlah salad yang beraneka jenis. 

Mengetahui Sejarah Singkat Dari Salad

Sejarah mencatat bahwa salad telah lama dikonsumsi oleh orang-orang Romawi dan Yunani Kuno. Kata salad berasal dari Bahasa Latin yaitu sal yang bermakna garam dimana pada saat itu salad merupakan sajian yang terfokus pada bumbu yang sangat penting untuk memberikan rasa bagi makanan yang sedang disajikan tersebut. Dalam Bahasa Perancis Kuno, kata sal kemudian diserap menjadi salade lalu diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris pada akhir abad ke-14 yang menjadi salad atau sallet.

Jenis-Jenis Salad

Pada umumnya dikenal beragam salad yang diambil dari dressing yang digunakan seperti orange salad, tomato salad, dan mixed salad. Salad dapat dihidangkan saat panas, dingin, masak, mentah atau kombinasi. Yang terpenting adalah penampilan salad pada saat dihidangkan dalam kondisi segar atau semenarik mungkin.

Secara lengkap, jenis-jenis salad bisa diklasifikasikan menjadi tiga bagian antara lain sebagai berikut :

1/ Simple salad adalah salah satu jenis salad yang bahan-bahannya menggunakan satu atau dua macam bahan makanan saja. Contohnya adalah potato anda beef salad, beat road salad atau cucumbe salad.

2/ Compound salad atau kompleks salad yaitu salah satu jenis salad yang dibuat dari tiga atau lebih macam bahan makanan. Contohnya adalah yolande salad atau rusian salad.

3/ American salad adalah salah satu jenis salad yang hampir sama dengan compound salad, yang membedakan hanya pada isian yang terbuat dari bahan buah-buahan segar. Contohnya adalah orange salad atau florida salad.

Panduan Membuat Salad Dilansir Oleh William Sonomo

1/ Sumber hijau

Ini adalah ibarat fondasi dari sajian bernama salad yang akan anda buat di rumah. Anda bisa memilih jenis sayuran hijau yang masih segar. Pilihlah sayuran yang crunchy untuk tekstur yang menyenangkan saat dimakan. Sayuran yang dapat dipilih antara lain romaine, arugula, selada, lettuce head, iceberg lettuce, dan kale.

2/ Biji-bijian dan kacang

Pasta gandum utuh dimasak, biji-bijian, ataupun kacang-kacangan akan membantu salad yang anda buat mempunyai kandungan serat tinggi. Pilihan biji-bijian seperti quinoa, chia seed, jagung, faro, nasi merah atau nasi cokelat. Sedangkan pilihan kacang-kacangan bisa jatuh pada kacang merah, edamame, kacang mete, caraota, atau kacang hitam, almond, kacang tanah, chickpea atau garbanzo, atau kacang arab.

3/ Sayuran dan buah-buahan segar

Lebih bagus yang dipilih adalah batang sayur segar agar salad memiliki tambahan tekstur yang renyah saat dikunyah. Buah-buahan yang segar dapat dipakai untuk memberikan ekstra rasa asam atau manis. Pilihan sayur yang tersedia di rumah bisa bawang bombay, tauge, wortel, kubis, atau mentimun. Sedangkan buah-buahan yang bagus untuk bahan salad ala rumahan adalah alpukat, apel, bit, tomat atau jeruk.

4/ Sumber protein

Jangan lupa untuk menambahkan sumber protein di dalam salad buatan anda. Pilihannya adalah bisa ikan salmon, dada ayam yang dipanggang, potongan tahu atau telur rebus.

5/ Sumber herba dan keju

Herba bisa memberikan rasa yang segar dan earthy di dalam salad ala rumahan anda. Di samping itu herba juga bernutrisi tinggi yang bisa dipilih seperti parsley, seledri, daun adas, thyme, kemangi, basil, kucai, tarragon, mint, dan lain sebagainya. Sedangkan ekstra lainnya adalah yang bisa memberikan rasa enak yaitu tambahan buah zaitun dan keju jenis blue, fetta atau parmesan.

6/ Tambahan yang seru dan mengasyikkan

Agar salad lebih menyenangkan dan lezat ketika disantap, cobalah tambahkan bahan-bahan yang crispy alias kriuk. Bisa anda mencoba memasukkan kripik tortilla, crouton, kripik pita, atau beef bacon garing.

7/ Dressing / saos

Disarankan untuk hindari memakai saos mayonnaise industri karena sifatnya kurang sehat. Selain itu bagi yang sedang mengkonsumsi salad karena sedang diet akan rugi karena mayo mempunyai kadar lemak tinggi dan padat kalori. Buat sendiri di rumah sangat mudah, bisa memakai balsamic vinegar saja atau vinagraitte sederhana seperti minyak zaitun dicampur dengan lemon atau sedikit cuka. Busa juga dengan minyak sayur dengan cuka atau beli dressing siap pakai di mall-mall. Biasanya memakai campuran yogurt seperti greek yogurt yang paling enak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat artikel dengan judul ‘Panduan Menciptakan Salad Sendiri Dengan Mudah Dan Cepat’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel