Manfaat Sarapan Pagi Bagi si Kecil

15 Jul 2021 08:00 1422 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Si Kecil

Ibu-ibu rumah tangga tentulah sudah mengetahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang disumbangkan dari sarapan pagi bagi seluruh anggota keluarga khususnya bagi anak-anak. Dari menjaga kebugaran tubuh hingga daya tahan tubuh seharian melakukan beragam aktivitas di dalam rumah maupun di luar rumah.

Namun, dengan alasan kesibukan yang menyebabkan munculnya kendala di waktu pagi hari menyebabkan seringkali anggota keluarga terutama anak-anak melakukan sarapan pagi seadanya saja atau bahkan tidak sarapan pagi sama sekali. Padahal, kurang menyantap sarapan bergizi di waktu pagi hari mempunyai banyak dampak buruk terutama bagi perkembangan tubuh anak-anak.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat sarapan pagi terutama untuk anak-anak alias si kecil yang wajib untuk dilakukan agar anda bisa selalu menyediakan asupan gizi untuk tumbuh kembang mereka menjadi sehat.

1/ Tubuh anak-anak membutuhkan asupan gizi setelah mereka berpuasa semalaman saat tidur selama 8 sampai dengan 10 jam. Ketika bangun dari tidur maka gula darah biasanya menjadi rendah dan manfaat sarapan di sini adalah memberikan asupan glukosa yang dibutuhkan guna meningkatkan gula darah.

2/ Asupan gizi yang didapat dari sarapan pagi merupakan salah satu bagian dari pemenuhan gizi harian si kecil yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak-anak. Kalau jarang bahkan tidak sarapan pagi maka bisa-bisa kebutuhan nilai gizi anak anda menjadi kurang terpenuhi nantinya.

3/ Ibu-ibu bisa saja mendapatkan bad mood kalau belum makan terutama pada waktu pagi hari. Begitu pula dengan anak-anak. Karenanya pastikan anak anda melakukan sarapan pagi agar mereka bisa memulai hari dengan mood yang bagus.

4/ Sarapan penting untuk mendukung proses belajar si kecil karena sarapan akan memberi kesempatan anak-anak untuk mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan guna mendukung konsentrasi, perkembangan kognitif dan daya ingatnya.

5/ Konsentrasi dan fokus daripada anak-anak anda menjadi meningkat dengan menyantap sarapan pagi. Jika si kecil lemas dan lapar, tentu mereka akan kesulitan untuk melakukan konsentrasi dan fokus saat belajar di kelas.

6/ Sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak sekolah di Bali menunjukkan hasil bahwa anak yang sarapan pagi mempunyai nilai akademis 4,5 kali lebih bagus dibandingkan dengan anak-anak yang tidak sarapan pagi.

7/ Sarapan pagi bisa mencegah anak anda beresiko kegemukan. Jika si kecil tidak terbiasa sarapan di waktu pagi hari, maka ketika siang hari tiba mereka akan menjadi sangat lapar dan bisa makan lebih banyak dari yang seharusnya dimakan atau mengemil secara berlebihan.

8/ Si kecil akan terhindar dari penyakit maag atau gangguan pencernaan lainnya karena perutnya sudah terisi sebelum mereka memulai aktivitas di waktu pagi hari.

9/ Sarapan pagi membantu anak-anak terbiasa untuk bangun pagi dan disiplin karena anak yang biasa sarapan pagi pastilah anak-anak yang sudah terbiasa bangun lebih pagi dan tidak terburu-buru.
10/ Manfaat sarapan pagi yang terakhir adalah membiasakan pola makan sehat sejak usia dini sehingga akan terbawa terus hingga mereka dewasa kelak.

Di samping kesepuluh manfaat sarapan pagi tersebut di atas, penelitian kesehatan yang diterbitkan oleh jurnal Frontier in Human Neuroscience menjelaskan bahwa anak-anak yang rutin menyantap sarapan pagi yang bergizi akan mendapatkan asupan zat besi, vitamin B dan  vitamin D yang lebih banyak sebesar 20 sampai dengan 60 persen dibandingkan dengan anak-anak yang tidak biasa sarapan pagi. Jadi pastikan si kecil selalu sarapan pagi yang bergizi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Sarapan Pagi Bagi Si Kecil’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel