Cara Upload Website ke Hosting via Cpanel

25 Aug 2020 11:22 323 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Bingung cara upload website anda ke hosting? Yuk cek caranya disini.

Website merupakan salah satu cara untuk berbagi informasi, melakukan komunikasi dengan cepat, karena sejatinya website selalu online atau terkoneksi dengan internet selama 24jam, artinya jika kamu ingin mengetahui sebuah informasi di website kamu hanya perlu terhubung dan mencari informasi yang kamu cari.

Para developer biasanya membuat website secara offline terlebih dahulu dengan menggunakan localhost. Singkatnya localhost digunakan sebagai tempat uji coba website yang dibuat oleh developer. Untuk membuatnya dapat di akses orang banyak (online), maka perlu melakukan hosting. Dengan begitu website kamu bisa terus diakses oleh lain.

 

Nah kali ini kita akan membahas cara upload website ke hosting via Cpanel. Secara garis besar cara hosting web terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

  1. Mempersiapkan folder/file website yang ingin di upload. Jika di localhost contohnya menggunakann XAMPP maka buka folder htdocs, cari folder website kalian lalu kompres kedalam bentuk Zip.
  2. Melakukan ekspor database yang digunakan oleh web tersebut di localhost/phpmyadmin pada komputer anda. Karena nantinya hasil ekspor tersebut akan di import di hosting.
  3. Melakukan configurasi database di hosting (dibahas).
  4. Melakukan upload file website (dibahas).
  5. Sinkronisasi database dengan website (dibahas).

 

Konfigurasi database di hosting

Sebelum anda mengupload file website ke hosting, lakukan dulu konfigurasi database dihosting, seperti menentukan jenis database yang digunakan seperti MySQL, SQL Lite, Postgre SQL dll. Sesuaikan dengan yang anda buat di localhost, misalnya menggunakan MySQL. Setelah menentukan jenis database maka buat database dengan nama yang sama, lalu lakukan import database yang tadi sudah di ekspor dari localhost/phpmyadmin. Untuk melakukan import adalah sebagai berikut.

Login Cpanel Hosting

Login ke akun cpnel yang sudah kalian buat.

 

Memilih phpmyadmin

Setelah login akun kalian, masuk ke dashboard cpanel kalian dan cari phpmyadmin.

 

Memilih File SQL (File hasil ekspor)

Setelah memilih phpmyadmin anda akan di arahken ke halaman phpmyadmin. Klik database yang sudah anda buat tadi, lalu klik tab import, pada bagian import klik choose file dan pilih file sql hasil eskpor tadi lalu klik go dan tunggu proses selesai.

 

Upload File Website ke Hosting

Setelah selesai melakukan konfigurasi database di hosting, langkah selanjutnya adalah mengupload file website kalian ke hosting. Langkah-langkahnya adalah.

 

Memilih File Manager

Kembali ke halaman cpanel lalu cari file manager dan klik untuk masuk.

 

Upload File ke Website

Setelah masuk ke halaman file manager, klik pada public_html. Biasanya terdapat beberapa folder, namun anda tidak perlu bingung karena jika sudah masuk ke folder public_html cari tab upload. Kemudian cari file website kalian yang berbentuk zip, klik select dan tunggu proses upload selesai.

 

Melakukan Pengekstrakan File Zip

Setelah upload selesai klik kanan pada file zip tersebut lalu pilih ekstrak dan tunggu sampai selesai.

 

Melakukan Sinkronisasi database

Setelah proses ekstrak selesai, langkah berikut nya adalah melakukan sinkronisasi database dengan website. Caranya adalah dengan mengedit pengaturan database pada folder website anda. Biasanya terletak pada file koneksi.php, connect.php, database.php atau .env. Setelah menemukan file tersebut, anda harus mengubah beberapa bagian didalam file tersebut seperti nama_database, username, dan password yang harus disamakan dengan nama_database, username, password yang anda buat pada hosting.

 

Setelah semuanya langkah selesai, maka website anda sudah siap. Cara hosting pun sudah selesai dan silahkan diakses sesuai urlnya.

 

About The Author

Muhammad Iqbal 18
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel