Tips Menjaga Laptop Supaya Lebih Awet

15 Sep 2020 10:09 124 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ingin laptop anda menjadi lebih awet? Sudahkah melakukan hal-hal berikut?

Laptop, sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap kalangan di era sekarang. Karena laptop bisa membantu anda mempermudah pekerjaan menjadi lebih cepat. Sehingga banyak orang mulai gemar menggunakan laptop.

Namun laptop yang sering dipakai tentunya akan sedikit menurunkan perfromanya sedikit demi sedikit atau bahkan membuat komponennya rusak.

Oleh karena itu, pada kali ini kita akan membahas tips atau cara merawat laptop agar lebih awet dan terjaga. Apa saja caranya? Tentunya sebagai berikut.

  1. Merawat Keyboard Laptop

 Biasanya dalam keyboard, kerusakan itu disebabkan karena laptop itu jarang dipakai atau disimpan secara cuma-cuma selama berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan sampai tahunan. Ketika laptop kembali dibuka atau digunakan, keyboard nya sebagian ada yang tidak berfungsi misalkan selalu otomatis tertekan.

Nah cara mengatisipasinya bisa dilakukan dengan rutin membuka dan menggunakan laptop meskipun hanya untuk memutar musik saja. Tujuannya agar keyboard merasakan hawa panas karena penyebab keyboard sering tertekan sendiri itu karena bagian dalam keyboard nya lembab.

 

Merawat Baterai Laptop

Baterai laptop harganya memang lumayan mahal terutama yang original, maka disarankan baterai laptop untuk sangat dijaga.

Cara merawatnya yaitu usahakan melakukan pengisian daya laptop saat sisa daya sekitar 10% - 15% jangan dibiarkan sampai 0 lalu charge sampai full.

 

Merawat Speaker Laptop

Speaker laptop sangat penting bagi yang suka musik atau suka mendengarkan musik lewat laptop. Speaker laptop pun perlu dijaga dengan cara misal ketika menyetel musik volume nya jangan sampai full karena bisa membuat speaker menjadi cepat rusak.

 

Menjaga Harddisk

Salah satu yang menyebabkan kerusakan pada harddisk adalah dari kualitas harddisk tersebut. Untuk menjaga agar harddisk tetap aman adalah hindari benturan yang bisa berakibat fatal, karena harddisk itu berbentuk kepingan dan mudah rusak ketika terjadi benturan.

Selain itu pasokan listrik juga sangat berpengaruh pada harddisk karena ketika laptop tiba-tiba mati maka kemungkinan harddisk bisa kena dampaknya. Maka dari ini jangan gunakan laptop sampai batrenya habis hingga mati sendiri.

 

Menjaga Fisik / Casing

Cara terbaik menjaga Fisik / Casing laptop adalah dengan dibersihkan, biasanya dibersihkan menggunakan kapas yang diberi sedikit kayu putih agar terlihat kinclong. Ketika membersihkan casing juga ada baiknya memperhatikan setiap baut di bagian casing, barang kali ada yang longgar maka segera kencangkan.

Selain dengan dibersihkan, ada tipe casing yang rentan dengan gesekan. Misal anda menaruh laptopnya di permukaan kasar lalu anda menggeser laptopnya dan terjadi gesekan yang mengakibatkan lecet. Nah hal itu harus dihindari misal dengan menggunakan alas sebagai pelindung.

 

Menjaga Motherboard

Motherboard juga sama harus dijaga, karena merupakan mesin utamanya. Dan juga motherboard itu tidak bisa di prediksi usianya jadi harus tetap hati-hati dan dijaga dengan baik.

Cara menjaga motherboard adalah bersihkan secara berkala. Nah dibagian ini anda bisa membongkar sendiri lalu membersihkannya atau menyuruh ke tukang service yang memang lebih berpengalaman jika anda tidak terlalu berpengalaman.

Selain dibersihkan, cara menjaga motherboard adalah dengan memberikan supply daya yang cukup. Artinya kita perlu memberikan tenaga sesuai yang dibutuhkan oleh motherboard itu. Misalnya menggunakan charger ori atau bawaan laptop. Jangan sekali-kali gunakan charger yang kw karena kestabilan daya yang di pasok ke motherboard itu cenderung kurang bagus dan itu bisa membuat motherboard menjadi cepat rusak.

 

Nah itu dia beberapa cara menjaga laptop anda agar menjadi lebih awet secara performa dan fisik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

About The Author

Muhammad Iqbal 18
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel